Waktu dan Tata Cara Pembagian Dividen Saham Perusahaan (bigbrothersinvestment.com)
Waktu dan Tata Cara Pembagian Dividen Saham Perusahaan (bigbrothersinvestment.com)

Waktu dan Tata Cara Pembagian Dividen Saham Perusahaan

Pembagian dividen saham tergantung pada pembagian saham dalam sebuah perusahaan kepada investor saham, berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Jumlah laba sendiri dibagikan berdasarkan laporan kinerja keuangan perusahaan.

Pada akhir periode akuntansi, sebuah perusahaan idealnya mengeluarkan laporan kinerja  keuangan baik dalam bentuk laporan 3 bulan, semester atau 6 bulan hingga laporan tahunan.

Prosedur Pembagian Dividen Saham

Laporan keuangan yang dilaporkan merupakan penilaian performa finansial dalam sebuah perusahaan, salah satunya adalah deviden. Untuk anda yang bermain saham, tentu sangat penting untuk anda dapat memahami prosedur pembagian saham untuk seluruh investor.

Waktu Pembagian Dividen Saham

Waktu ideal untuk pembagian dividen adalah setiap akhir periode keuangan atau satu tahun sekali. Akan tetapi, banyak juga perusahaan yang melakukan pembagian dividen dua kali dalam satu tahun atau 6 bulan sekali yang biasa disebut dengan dividen interim.

Laporan keuangan perusahaan tahunan juga tercatat di Bursa Efek Indonesia atau BEI yang pada umumnya dikeluarkan pada bulan Januari hingga Maret. Jika anda seorang investor atau baru akan belajar menjadi investor, maka anda harus memperhatikan beberapa tanggal penting untuk pembagian dividen.

Pertama adalah Cum date, yaitu tanggal terakhir untuk semua investor yang akan membeli saham tertentu. Dan ingin mencatatkan diri sebagai pemegang saham atau hak untuk dapat dividen dari emiten tersebut.

Kedua adalah Ex date, yaitu tanggal sesudah cum date dimana jika investor membeli saham pada tanggal tersebut, maka tidak memperoleh dividen emiten tersebut.

Recording date, merupakan tanggal pencatatan bagi semua pemilik saham yang memiliki hak untuk mendapatkan dividen.

Dan terakhir adalah Payment date atau tanggal pembayaran dividen.

Persyaratan Pembagian Dividen

Sebelum melakukan pembagian dividen saham, perusahaan harus memenuhi beberapa syarat agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan semua pihak. Salah satunya adalah jumlah saldo laba ditahan dapat mencukupi, sudah disetujui pada saat RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham serta harga teoritis saham harus sesuai dengan peraturan yang ada.

Tata Cara Pembagian Dividen

Ada beberapa cara yang harus diperhatikan perusahaan sebelum melakukan pembagian dividen saham. Pertama adalah semua aspek yang terkait dengan pembagian dividen sudah diputuskan dan disepakati oleh RUPS. Sehingga perusahaan dapat langsung membagikan dividen pada para pemegang saham sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Kedua, dividen hanya dapat dibagikan untuk nama yang tercatat sebagai pemegang saham untuk masing-masing perusahaan yang dimiliki. Jadi ketika anda akan menerima dividen, pastikan nama anda sudah tercatat terlebih dahulu.

Ketiga, anda harus menghadiri pembagian dividen saham sesuai jadwal yang ditetapkan oleh PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia, jika perusahaan menitipkan pembagian dividen secara kolektif melalui KSEI.

Namun jika emiten melakukan dengan cara perseorangan atau eksklusif, makan KSEI akan mentransfer uang sejumlah yang emiten titipkan. Kemudian emiten membaginya secara mandiri kepada pemegang saham.

Pajak Dividen

Dividen yang dibayarkan secara tunai akan dikenakan pajak ketika dibayarkan sesuai dengan peraturan pajak yang berlaku. Untuk pengenaan pajak dilakukan dengan cara memotong jumlah nominal dividen tunai yang diterima oleh para investor.

Pengenaan Pajak Dividen

Pajak untuk pemilik saham atas pembagian dividen saham berbeda nilainya ketika pemegang saham sudah memiliki NPWP mau yang belum dan juga yang berada di luar negeri. Pada aturan pajak yang berlaku, dividen saham bagi pemilik NPWP senilai 30%.

Dengan anda memahami pembagian dividen saham perusahaan, maka anda dapat lebih lincah untuk mengincar saham yang memiliki potensi mendatangkan keuntungan yang banyak.

Pembagian dividen saham