Produk yang Boleh Diperjual Belikan Pada Pasar Modal Syariah (Panduan Pemula - Saham Syariah Indonesia)
Produk yang Boleh Diperjual Belikan Pada Pasar Modal Syariah (Panduan Pemula - Saham Syariah Indonesia)

Produk yang Boleh Diperjual Belikan Pada Pasar Modal Syariah

Pasar modal syariah merupakan salah satu wadah untuk anda yang ingin melakukan transaksi jual beli surat berharga yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah Islam. Pasar modal ini sendiri masih menjadi bagian dari industri Pasar Modal Indonesia.

Kegiatannya pun sama seperti dengan pasar modal pada umumnya. Hanya saja, pasar modal ini punya karakter tersendiri. Seperti produk dan mekanisme transaksi yang harus dilakukan serta tidak boleh bertentangan pada prinsip syariah.

Mengenal Pasar Modal Syariah

Dalam penjelasan OJK, pasar modal ini merupakan sebuah kegiatan pasar modal yang tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal. Termasuk ke dalam jenis pasar modal yang bersifat universal seperti halnya pasar modal umumnya. Siapapun boleh bertransaksi melalui pasar modal ini tanpa memandang agama, latar belakang, suku dan ras tertentu.

Produk Pasar Modal Syariah

Produk yang dijual belikan di sini disebut dengan efek syariah. Ini merupakan bentuk saham yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah di Pasar Modal. Ada beberapa produk yang dijual di pasar ini.

Saham Syariah

Semua saham syariah yang ada di pasar modal ini dimasukan ke dalam Daftar Efek Syariah atau DES. Baik berupa saham yang sudah tercatat di BEI maupun yang belum tetap masuk ke dalam DES yang diterbitkan OJK.

Ada beberapa kriteria untuk seleksi saham syariah yang dilakukan oleh OJK. Seperti emiten tidak diperbolehkan melakukan kegiatan usaha perjudian maupun permainan yang masuk dalam golongan judi.

Perdagangan yang tidak diperbolehkan menurut syariah, semisal perdagangan yang tidak disertai dengan penyerahan barang maupun jasa. Setelah itu perdagangan yang menggunakan penawaran atau permintaan palsu.

Jasa keuangan ribawi yang berbasis bunga, perusahaan dengan pembiayaan berbasis bunga serta jual beli dengan mengandung resiko ketidakpastian atau judi juga dilarang.

Selain itu juga mendistribusikan, menyediakan dan memperdagangkan barang atau jasa yang haram juga sangat dilarang. Serta barang atau jasa yang dapat merusak moral atau memiliki sifat mudarat juga tidak diperbolehkan.

Sukuk

Sukuk merupakan efek syariah yang berbentuk sertifikat atau bukti kepemilikan yang nilainya sama dan mewakili bagian yang tidak terbagi atas aset sebagai dasarnya atau underlying asset.

Underlying asset adalah aset yang dijadikan sebagai dasar penerbitan sukuk. Pada umumnya, aset tersebut berbentuk tanah, bangunan ataupun proyek pembangunan. Aset seperti jasa yang tidak berwujud juga dapat dijadikan sebagai underlying asset.

Penjelasan sederhananya, ketika anda melakukan investasi suku, maka anda harus menyerahkan sejumlah uang pada pihak yang memberikan penawaran. Sebagai gantinya, anda akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bukti bahwa anda sudah memiliki aset tersebut.

Reksa Dana Syariah

Dalam definisi OJK, reksa dana syariah diibaratkan sebagai sebuah wadah investasi kolektif yang dikelola oleh Manajer Investasi. Pengelolaannya dilakukan dengan cara memasukan investasi dana kelola ke efek syariah yang berupa saham syariah, suku maupun instrumen syariah lainnya yang ada di dalam maupun luar negeri.

Efek Beragun Aset Syariah

Biasa disingkat dengan EBA Syariah, yaitu efek beragun dengan portofolio yang terdiri atas aset keuangan berwujud piutang pembiayaan. Ini semua tentunya tidak bertentangan pada prinsip syariah yang terdapat dalam pasar modal syariah.

Dana Investasi Real Estate Syariah

Biasa disingkat dengan DIRE Syariah, yaitu wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari berbagai pemodal untuk diinvestasikan pada aset real estate. Berbentuk kontrak investasi kolektif yang wajib memenuhi prinsip pasar modal syariah.

Jika anda tertarik dengan investasi pasar syariah, maka anda harus mempelajari dan memahami terlebih dahulu jenis-jenis produk yang ditawarkan di pasar ini. Dengan memiliki banyak informasi mengenai produk tersebut, maka anda akan lebih paham mengenai kelebihan serta kekurangan dari investasi yang anda lakukan.