klaim asuransi motor hilang ditolak

Ketahui Penyebab Klaim Asuransi Motor Hilang Ditolak dan Cara Mengatasinya

Asuransi sebagai perlindungan kendaraan sangat berguna apabila terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan, salah satunya adalah kehilangan motor. Hanya saja pada beberapa kasus ada pengajuan klaim asuransi motor hilang ditolak. Tentunya hal ini bisa terjadi dikarenakan ada beberapa faktor yang biasanya disebabkan oleh miskomunikasi antara nasabah dengan pihak asuransi.

Penyebab Klaim Asuransi Motor Hilang Ditolak

Karena kasus klaim asuransi motor hilang ditolak ini sudah banyak, maka tidak heran jika akhirnya banyak yang mencari apa penyebab dari hal tersebut. Dengan mengetahui apa penyebabnya, maka tentunya nasabah bisa segera mengambil langkah yang tepat untuk mengajukan klaim ulang. Jadi klaim tetap bisa diajukan tanpa adanya penolakan.

1. Dokumen yang Diberikan Tidak Lengkap

Pertama adalah permasalahan dalam hal dokumen  saat pengajuan yang ternyata kurang ataupun tidak lengkap. Karena pastinya setiap asuransi mempunyai persyaratan yang berbeda untuk setiap dokumen yang harus dipenuhi misalnya seperti kartu identitas, polis asuransi, dsb. Jadi pastikan untuk melengkapi semua dokumen tersebut.

2. Terdapat Pelanggaran Lalu Lintas

Misalkan saja pengemudi kehilangan motornya dikarenakan adanya pelanggaran yang sebelumnya terbukti dilakukan. Pelanggaran ini tentunya berupa pelanggaran lalu lintas yang memang lazim dilakukan. Apabila terbukti melakukan pelanggaran tersebut, maka otomatis klaim asuransi akan langsung ditolak dan tidak bisa diakses oleh nasabah.

3. Fungsi Motor yang Berubah

Pada saat pendaftaran asuransi nantinya nasabah akan diminta untuk mengisi formulir, dan di dalamnya akan diberikan pertanyaan akan kegunaan motor tersebut. Nantinya apabila saat motor hilang dan diketahui fungsinya berbeda dengan jawaban yang diberikan di awal, maka klaim asuransi yang diajukan akan otomatis hilang dan dibatalkan.

4. Polis Asuransi Lapse

Bagi nasabah juga harus memperhatikan tentang pembayaran premi karena apabila terus menunggak bisa menyebabkan kondisi asuransi menjadi lapse. Artinya asuransi tersebut sudah kadaluarsa dan tidak bisa digunakan lagi. Tentunya kalau sudah seperti itu otomatis pengajuan klaim pada asuransi motor hilang akan langsung ditolak secara otomatis.

5. Menambahkan Aksesoris Tanpa Dilaporkan

Kalau ingin menambahkan aksesoris terhadap motor yang didaftarkan asuransi, maka pastikan untuk melaporkannya terlebih dahulu. Hal ini untuk menjamin kepastian apakah jika motor mengalami perubahan akan tetap dijamin oleh asuransi atau tidak. Jadi kalau terjadi hal yang tidak diinginkan, maka masih ada asuransi yang bisa melindungi.

6. Batas Waktu Klaim Sudah Terlewat

Tentunya berbeda perusahaan asuransinya berbeda juga batas waktu yang diberikan terkait dengan pengajuan klaim. Semuanya memiliki batas maksimal masing-masing, karena itu harus diperhatikan dengan baik. Jadi saat kendaraan hilang, segera laporkan ke pihak asuransi untuk bisa mengajukan klaim yang sesuai.

7. Kehilangan Terjadi Karena Disengaja

Mungkin ini terdengar konyol, namun ternyata hal ini memang bisa terjadi. Karena itu nantinya terlebih dahulu pihak asuransi akan melakukan pengecekan. Saat pengecekan tersebut apabila terbukti motor dihilangkan dengan sengaja, maka klaim asuransi akan secara otomatis dibatalkan dan tidak bisa diajukan kembali.

Cara Mengatasinya

Tentunya bagi nasabah merasa penasaran bagaimana caranya mengatasi hal tersebut apabila memang terjadi. Oleh karena itu di sini diberikan beberapa cara mengatasi apabila pengajuan klaim asuransi untuk motor yang hilang ditolak, diantaranya:

    • Perhatikan syarat yang diberikan oleh pihak asuransi dan penuhi semua syaratnya.
    • Hindari melakukan perbuatan yang bisa membuat klaim ditolak.
    • Pastikan untuk membawa dokumen dengan lengkap.
    • Langsung laporkan saat motor hilang supaya batas waktu tidak hangus.

Itulah tadi beberapa alasan yang mungkin menjadi penyebab mengapa klaim asuransi motor hilang ditolak. Karena sudah mengetahuinya, maka sebisa mungkin menghindari hal di atas dan pelajari juga bagaimana cara mengatasinya.