cara klaim jasa raharja

Inilah Jenis Santunan dan Cara Klaim Jasa Raharja Bagi Penumpang

Santunan dapat diartikan sebagai biaya yang diberikan kepada korban terkait kerugian yang terjadi akibat beberapa hal. Kerugian yang dimaksud misalnya kerugian terhadap penumpang kecelakaan, kematian, dan lainnya. Adapun pelayanan jasa yang sudah menyediakan santunan seperti itu yakni Jasa Raharja. Seseorang juga perlu mengetahui cara klaim Jasa Raharja.

Jenis Santunan Yang Disediakan Pihak Pelayanan Jasa

Sebagian jasa angkutan umum memang menyediakan berbagai jenis santunan untuk penumpang. Seperti pelayanan Jasa Raharja dan termasuk dalam lembaga yang menawarkan jasa di bidang angkutan. Lantas apa saja jenis santunan yang disediakan? Berikut ulasan lengkap mengenai jenis santunan dari jasa tersebut:

1. Kematian

Untuk penumpang dari jasa tersebut yang meninggal dunia akibat mengalami kecelakaan saat perjalanan akan disediakan santunan. Jumlah dana yang disediakan sebesar Rp50 juta. Dimana dana tersebut nantinya diterima oleh ahli waris dari keluarga korban. Memang jumlah dana yang disediakan tersebut cukup banyak.

2. Masa Perawatan

Apabila penumpang kecelakaan, tentu harus melakukan perawatan intensif dan disediakan sebuah santunan. Dimana santunan yang disediakan oleh pihak pelayanan jasa sebesar Rp20.000.000. Memang penumpang yang kecelakaan memiliki nasib berbeda, ada yang meninggal dunia di TKP dan ada juga yang perlu perawatan.

3. Penggantian Biaya Untuk Penguburan, Ambulance, dan P3K

Ada juga santunan yang berupa penggantian biaya. Dimana penggantian biaya untuk penguburan akan diberikan santunan sebesar Rp4.000.000. Selain itu, ada juga yang dinamakan penggantian biaya ambulance dengan santunan sebesar Rp500.000. Namun penggantian biaya untuk P3K, jumlah yang disediakan sebanyak Rp1.000.000.

Cara Klaim Dana Santunan Untuk Penumpang

Berbagai jenis santunan yang telah disediakan pihak pelayanan jasa memang cukup banyak. Namun agar bisa mendapat santunan tersebut tentu harus mengetahui bagaimana cara untuk klaim. Dimana cara klaim Jasa Raharja sangatlah mudah dan hanya membutuhkan syarat yang harus dilengkapi. Berikut ini beberapa cara dilakukan agar mendapat santunan dari pelayanan jasa:

1. Membawa Surat Keterangan Korban

Agar dapat mengklaim santunan, seseorang terlebih dahulu meminta dan membawa surat keterangan seperti kematian. Surat tersebut didapatkan dengan mendatangi langsung Polres maupun rumah sakit bersangkutan. Membawa kartu identitas dari korban pun perlu dilampirkan. Kartu identitas yang dimaksud seperti KTP.

2. Mendatangi Kantor Pelayanan Jasa

Apabila persyaratan tersebut sudah dilengkapi, maka langkah berikutnya adalah dengan mendatangi kantor pelayanan jasa.Tujuan mendatangi kantor tersebut adalah untuk mengisi beberapa formulir yang disediakan. Selain itu, dana korban meninggal diberikan kepada salah satu anggota keluarga untuk menerima santunan dari pihak pelayanan jasa.

3. Mengumpulkan Formulir

Langkah selanjutnya adalah dengan mengumpulkan formulir yang sudah diisi pihak keluarga korban. Di samping mengumpulkan formulir serta  tidak lupa melampirkan beberapa berkas pendukung. Berkas pendukung yang dimaksud seperti melampirkan kartu identitas dari korban atau penumpang seperti KK.

4. Menunjukkan Bukti Kondisi Korban

Pihak keluarga juga tidak lupa untuk menunjukkan bukti bagaimana kondisi korban saat ini. Bukti yang dimaksud seperti surat rujukan apabila penumpang tersebut dirawat. Selain itu, dapat pula memberikan bukti berupa foto diri untuk korban yang cacat di salah satu bagian tubuhnya. Begitu pula korban meninggal harus menunjukkan bukti berupa surat kematian.

Berbagai ulasan lengkap terkait santunan yang disediakan oleh pelayanan jasa dan cara klaim jasa Raharja memang harus diketahui. Karena agar dapat mencairkan dana tersebut tentu harus melengkapi beberapa persyaratan dari keluarga korban. Jumlah santunan yang disediakan pun berbeda berdasarkan jenis kondisi dari penumpang.