cara klaim jaminan pensiun online

Cara Klaim Jaminan Pensiun Online BPJS 100 Persen Berhasil

BPJS memiliki produk asuransi JHT atau lebih dikenal dengan Jaminan Hari Tua yang merupakan bagian dari program BPJS ketenagakerjaan.  Jaminan ini bisa disebut juga dengan jaminan pensiun. Sekarang ini ada kabar baik bagi pemegang JHT karena sudah bisa diklaim secara online. Hanya saja masih yang belum mengetahui bagaimana cara klaim jaminan pensiun online.

Jaminan Pensiun Bisa Dicairkan Online

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya kalau jaminan pensiun atau JHT ini sudah bisa dicairkan secara online. Hal itu tentunya membuat pemilik asuransi menjadi lebih mudah, dan bisa melakukan pencairan klaim dengan lebih cepat. Apalagi rata-rata dari pemilik asuransi ini sudah tidak berusia muda lagi. Jadi tentunya hal seperti ini bisa sangat membantu.

Meskipun begitu JHT ini juga bisa tetap dicairkan oleh pemiliknya apabila sudah tidak bekerja lagi di perusahaan. Hal ini berbeda dengan JKK atau JKM yang hanya bisa diklaim saat pemiliknya mengalami kecelakaan kerja, ataupun meninggal. Jadi JHT ini sebenarnya memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan dua jenis asuransi tadi.

Pencairan secara online ini bisa dilakukan tentunya dengan melengkapi syarat yang sudah ditetapkan. Selain itu juga tentunya mengikuti semua tahapan yang sudah ditetapkan oleh pihak BPJS. Tenang saja semua tahapan ini tentunya berlangsung lebih mudah, dibanding dilakukan secara langsung. Jadi akan sangat memudahkan dari pemilik asuransi.

Cara Klaim Jaminan Pensiun Online

Karena tadi sudah disebutkan bahwa jaminan pensiun ini bisa dicairkan secara online, maka sekarang saatnya mengetahui bagaimana langkahnya. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa cara klaim jaminan pensiun online ini lebih mudah dibandingkan langsung. Bagi yang penasaran berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan, diantaranya:

  • Mengunduh aplikasi BPJSTKU, dan buka aplikasinya atau bisa juga mengunjungi web resmi BPJS
  • Mendaftarkan akun pengguna, dan masuk ke dalam situsnya. Lalu di menu utama pilih menu klaim saldo JHT
  • Masukkan dan isi semua informasi yang ada pada setiap tempat yang tersedia, dan diantaranya seperti jenis klaim, nomor kartu BPJS dan setelah semuanya benar klik kirim.
  • Nantinya pemilik asuransi akan mendapatkan email, isinya memberitahukan tentang lokasi dimana JHT bisa dicairkan. Selain itu juga di sana ada tanggal, dan juga hari jadi jangan sampai terlewat.
  • Pemilik wajib datang ke kantor BPJS yang sudah ditentukan sesuai dengan hari dan tanggal yang tertera. Pastikan untuk membawa seluruh dokumen asli dan fotokopi yang menjadi persyaratan. Nantinya akan ada pengecekan dari petugas, kalau sudah lengkap maka pemilik klaim asuransi akan diberitahukan kapan uangnya sudah cair dan bisa diambil.

Perlu diperhatikan untuk proses pencairan ini memang dibutuhkan waktu untuk mempersiapkan dananya. Jadi pemilik asuransi harus kembali lagi nantinya untuk mendapatkan uang asuransi yang sudah dicairkan tadi.

Manfaat yang Diterima oleh Pemilik Jaminan Pensiun

Tentunya pemilik jaminan pensiun ini memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, dan bisa langsung dirasakan. Pemilik asuransi nantinya akan mendapatkan uang tunai yang merupakan hasil dari tabungan. Tabungan ini merupakan kumpulan dari iuran yang setiap bulannya dibayarkan oleh perusahaan dan kemudian ditambahkan lagi dengan hasil pengembangan.

Jadi saat karyawan sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut, maka bisa langsung mengajukan klaim. Baik itu secara online seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya maupun secara offline. Tentunya besaran saldo ini beragam, sesuai dengan besaran iuran yang diberikan.

Karena mempunyai banyak manfaat itulah, pemilik klaim wajib mengajukan klaimnya. Karena sekarang sudah mengetahui bagaimana cara klaim jaminan pensiun online, maka sekarang akan jauh lebih mudah dan juga cepat.