cara klaim bpjs tenaga kerja

Tata Cara Klaim BPJS Tenaga Kerja Agar Dana Segera Cair

Sekarang ini orang yang mengikuti asuransi memang cukup terbilang banyak. Untuk para pekerja yang ikut asuransi agaknya perlu cara klaim bpjs tenaga kerja sebagai tambahan wawasan. Jika ingin dengan segera melakukan pencairan terhadap saldo yang ada. Saat ini bisa dibilang lebih mudah karena tersedia dengan sistem online maupun offline.

Apabila peserta lebih tertarik untuk melakukan klaim melalui cara online dapat mengunjungi situs yang telah disediakan. Sementara untuk yang sistem offline bisa ditempuh lewat cara mengunjungi kantor atau bank yang diketahui tengah menjalankan kerja sama bersama pihak bpjs ketenagakerjaan. Berikut sejumlah cara yang dapat diikuti untuk melakukan klaim terhadap bpjs tenaga kerja:

1. Lengkapi Bagian Dokumen

Langkah pertama sebagai cara klaim bpjs tenaga kerja yaitu mengenai perlengkapan dokumen serta berbagai persyaratan yang harus disiapkan. Hal ini berlaku baik dalam sistem secara online lewat alamat website yang ada ataupun secara offline. Yakni selain menyediakan dokumen yang berbentuk scan atau file, bukti fisik dari dokumen tersebut juga cukup dibutuhkan.

Adapun berkas yang dimaksud meliputi kartu peserta dari keanggotaan program bpjs itu sendiri. Kemudian ada KTP, namun jika belum memiliki karena masih di masa proses bisa memakai surat keterangan yang berasal dari Dukcapil. Selanjutnya ada buku tabungan yang dimiliki, ada juga kartu keluarga serta beragam berkas perlengkapan lainnya.

2. Melalui Aplikasi Dan Website

Agar peserta bisa melakukan klaim bpjs tenaga kerja, pastikan bahwasanya peserta mempunyai sebuah nomor antrian. Dimana ini bisa diperoleh melalui proses online dari situs resmi yang disediakan. Langkah berikutnya yang bisa ditempuh setelah mengunjungi website untuk mendapat nomor tersebut adalah dengan melakukan login.

Akan tetapi jika peserta belum memiliki akun, solusinya dapat membuatnya terlebih dulu. Apabila sudah bisa masuk dan mengaksesnya, maka bisa dilanjutkan dengan memilih menu dengan nama cek saldo. Baru ikuti langkah berikutnya dengan mengisi berbagai macam kolom informasi yang telah ada.

3. Melakukan Kirim Data

Dengan batas waktu satu hari sebelum tanggal dilakukannya pengajuan sebagaimana yang tercatat di nomor antrian. Bagi peserta yang ingin melakukan klaim bpjs tenaga kerja diharuskan untuk mengirimkan beberapa macam persyaratan melalui email. Dengan melampirkan berbagai dokumen yang dipersyaratkan oleh pihak bpjs ketenagakerjaan. Dimana data yang akan masuk tersebut nantinya akan dilakukan verifikasi oleh petugas yang bersangkutan.

4. Menggunakan Sebuah Layanan ASIK

Dalam hal ini layanan yang dimaksudkan bisa melalui sebuah lapak bernama Asik. Untuk layanan ini, pertama peserta harus masuk dalam situs yang disediakan. Lalu pilih pengaturan baik tanggal sampai dengan cabang kantor. Kemudian masukkan beragam dokumen dalam bentuk scan. Tidak ketinggalan perihal formulir yang telah dilakukan pengisian sebelumnya. Baru kirim lewat email resmi milik kantor.

5 Mendatangi Bank Langsung

Sementara melalui bank bisa dilakukan dengan langkah memastikan bahwa bank tersebut telah memenuhi verifikasi. Dalam artian bank yang dimaksud tengah kerjasama bersama pihak bpjs. Setelah itu peserta bisa datang langsung ke bank dengan membawa beragam data yang dibutuhkan. Baru dilanjutkan dengan pengurusan administrasi perihal pencairan dari bpjs tenaga kerja melalui bagian customer service.

Demikian pembahasan mengenai cara klaim bpjs tenaga kerja yang perlu diketahui. Ulasan di atas bisa menjadi referensi bagi orang yang mempunyai keinginan untuk melakukan pencairan dana dalam bpjs ketenagakerjaan.

Adapun berkas yang dibutuhkan terbilang cukup beragam mulai dari KTP, lalu ada kartu keluarga serta lainnya. Untuk proses klaim yang bakal dilaksanakan melalui sistem online dari website serta lewat offline dengan datang secara langsung pada pihak terkait.