asuransi pinjaman bank bri

Mengenal Asuransi Pinjaman Bank BRI dan Syarat Pengajuannya

Asuransi merupakan salah satu bentuk perlindungan yang sangat dibutuhkan untuk setiap lini kehidupan. Sekarang ini jangkauan asuransi sudah sangat luas dan salah satunya adalah asuransi pinjaman bank, dan BRI merupakan salah satu penyedianya. Tentunya dengan adanya jaminan asuransi pinjaman bank BRI ini akan membuat pelanggan menjadi lebih aman.

Mengenal Asuransi Pinjaman

Sebelum mengetahui apa itu asuransi pinjaman bank BRI ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu sebenarnya asuransi pinjaman. Jadi asuransi ini adalah jaminan kepada pemberi pinjaman (kreditur) kalau seandainya debitur atau peminjam memiliki resiko gagal bayar. Tentunya kreditur ini biasanya adalah lembaga keuangan yang mengeluarkan biaya atau bank.

Resiko peminjam ini adalah situasi ketika nasabah tidak mampu membayar cicilan hutangnya dikarenakan beberapa alasan. Alasan tersebut diantaranya adalah cacat total akibat penyakit atau kecelakaan, dan juga meninggal. Ada beberapa jenis pinjaman yang termasuk ke dalam asuransi ini seperti kredit kendaraan, Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Mengenal Asuransi Pinjaman Bank BRI

Setelah mengetahui tentang apa itu asuransi pinjaman, maka sekarang saatnya untuk mengenal lebih jauh asuransi pinjaman yang dimiliki oleh bank BRI. Jadi asuransi pinjaman ini akan memberikan kredit atau pinjaman kepada debitur tanpa batas pinjaman, dan juga tanpa jaminan. Nantinya pinjaman ini akan dicover oleh asuransi jiwa sampai dengan Rp 500juta.

Jadi nantinya saat debitur mengalami resiko gagal bayar dikarenakan beberapa hal yang disebutkan sebelumnya, maka akan ada asuransi jiwa yang mengcovernya. Contohnya ada seseorang yang meminjam Rp 20juta ke bank BRI, dan ada sisa Rp 12juta lagi yang harus dibayarkan namun nasabah telah terlebih dahulu meninggal. Dengan kondisi  tersebut sisanya akan dicover oleh asuransi.

Syarat Pengajuan

Tentunya banyak yang menjadi penasaran bagaimana caranya untuk bisa mengajukan pinjaman yang satu ini. Jadi pastinya ada beberapa syarat yang sudah ditetapkan oleh pihak bank untuk bisa mendapatkan pinjaman ini. Syarat ini diberikan untuk mencegah terjadinya penyelewengan dana yang dilakukan oleh debitur. Berikut ini adalah syarat yang dibutuhkan, diantaranya:

  • Membawa identitas diri seperti KTP, KK dan juga NPWP
  • Slip gaji, fotocopy buku tabungan BRI
  • SK pengangkatan pertama dan SK terakhir, asli
  • Surat rekomendasi dari atasan debitur
  • Bagi yang sudah menikah membawa pas foto suami/istri
  • Form permohonan untuk pengajuan pinjaman

Perlu diketahui bahwa pinjaman ini hanya bisa diberikan kepada seseorang yang memang sudah berpenghasilan, ataupun bergaji tetap. Dengan nantinya dibuktikan melalui slip gaji yang dimilikinya. Bagi yang ingin mengajukan pinjaman ini tentunya sangat mudah, hanya tinggal menghubungi CS BRI ataupun mendatangi langsung ke kantor BRI nya.

Resiko yang Tidak Dijamin Asuransi

Tentunya tidak semua resiko bisa dijamin oleh asuransi, karena ada beberapa juga resiko yang terjadi harus ditanggung sendiri. Hal ini biasanya terjadi karena kesalahan dari bank, ataupun debitur itu sendiri dan adanya kecelakaan yang dikategorikan khusus. Berikut ini adalah beberapa resiko yang tidak dijamin tersebut, diantaranya:

  1. Bencana alam
  2. Pihak bank melakukan kesalahan
  3. Terdapat resiko politik sehingga mengakibatkan usaha debitur menjadi gagal, dan menyebabkan debitur tidak bisa membayar hutang.
  4. Kecelakaan yang diakibatkan oleh nuklir seperti reaksi nuklir, radiasi, sentuhan radioaktif, ataupun hal lainnya yang berkaitan sehingga membuat usaha debitur menjadi gagal.

Ternyata asuransi pinjaman bank BRI ini sangat bermanfaat sekali terutama bagi yang memberikan pinjaman (kreditur). Jadi kreditur tidak perlu khawatir kalau ada kredit macet yang disebabkan oleh beberapa faktor. Karena semuanya sudah ada asuransi yang melindungi dan mengcover semua biaya tersebut.