Praktis, Begini Cara Klaim Asuransi Sun Life

Praktis, Begini Cara Klaim Asuransi Sun Life

Perusahaan asuransi Sun Life memberikan penawaran layanan asuransi yang terpercaya. Saat dibutuhkan, klaim asuransi ini tergolong mudah dan praktis. Selama mengikuti prosedur yang tepat maka klaim dapat dilakukan tanpa berbelit-belit. Berikut adalah tahapan cara klaim asuransi Sun Life yang dapat diikuti saat dibutuhkan:

1. Pastikan Status Polis Aktif

Selalu ingat bahwa klaim asuransi hanya bisa dilakukan apabila status polis aktif. Jika statusnya tidak aktif maka sistem tidak akan bisa menyetujui proses klaim. Jadi lebih dahulu periksa apakah masa berlaku polis masih berjalan atau sudah kedaluwarsa. Orang yang menggunakan layanan asuransi memang seharusnya mengingat masa berlaku polis yang ia miliki.

Apabila status polis sudah non-aktif maka klaim tidak bisa dilakukan. Jika memang masih membutuhkan, maka laporkan terlebih dahulu kepada pihak asuransi. Ikuti prosedur yang diberikan oleh pihak asuransi. Jika status polis non-aktif, mungkin proses klaim akan berjalan lebih lama.

2. Pastikan Premi sudah Dibayar

Selain memastikan status polis masih aktif, peserta juga harus memastikan bahwa premi dibayarkan secara rutin. Pembayaran premi yang terhambat akan berpengaruh pada kelancaran klaim. Klaim asuransi hanya bisa disetujui apabila preminya dibayarkan secara rutin sesuai dengan persetujuan dalam polis.

Inilah pentingnya pembayaran premi secara rutin. Jika terjadi tunggakan premi maka peserta perlu melakukan pelunasan terlebih dahulu. Padahal bisa saja biayanya justru akan semakin besar dan memberatkan. Jadi, sebelum memilih layanan asuransi cek dulu nilai preminya. Pastikan memang mampu membayar secara rutin agar asuransi bisa diklaim saat dibutuhkan.

3. Lakukan Pengisian Formulir

Apabila klaim asuransi sudah dipastikan dapat dilakukan maka langsung saja minta formulir kepada pihak asuransi. Cara klaim asuransi Sun Life berikutnya adalah mengisi formulir pengajuan dengan data yang lengkap dan benar. Perhatikan instruksi pengisian formulir agar tidak perlu melakukan pengulangan. Jika perlu lakukan pengisian dengan bantuan dari pihak asuransi.

Pengisian formulir dilakukan untuk memberikan informasi klaim kepada pihak asuransi. Biasanya formulir juga akan disertai surat permohonan pengajuan klaim. Pastikan semua data yang dimasukkan ke dalam formulir sudah tepat. Periksa ulang jika pengisian data sudah selesai dilakukan.

4. Lengkapi Dokumen Pendukung

Peserta pasti akan diminta untuk mengumpulkan dokumen pendukung untuk mengajukan klaim asuransi. Dokumen pendukung yang dibutuhkan sangat bervariasi dan tergantung jenis asuransi yang akan diklaim. Beberapa contoh dokumen yang umum dibutuhkan adalah fotokopi identitas atau KTP, fotokopi buku tabungan, hasil rekam medis, hasil cek laboratorium, dan lain sebagainya.

Kelengkapan dokumen ini sangat penting untuk diperiksa jika klaim ingin berlangsung cepat. Pihak asuransi akan segera melakukan pemrosesan jika dokumen yang dibutuhkan telah dilengkapi. Mintalah bantuan dari pihak asuransi apabila merasa kesulitan untuk melengkapi kebutuhan dokumen ini.

5. Lakukan Klaim Lewat Aplikasi

Di tengah perkembangan teknologi saat ini, Sun Life juga memberi penawaran yang memudahkan para kliennya. Sun Life  menyediakan aplikasi yang bisa dipakai para peserta untuk mengajukan klaim. Klaim lewat aplikasi tentu akan dirasa lebih praktis dan mudah terutama bagi peserta yang tidak punya banyak waktu melakukan pengurusan langsung.

Itulah tadi beberapa petunjuk cara klaim asuransi Sun Life yang bisa dilakukan. Melakukan klaim asuransi sebenarnya tidak rumit selama mengikuti panduan yang telah diberikan pihak asuransi. Mintalah petunjuk lengkap dan bimbingan dari penyedia layanan agar proses klaim berjalan lancar.