cara ganti pin atm bca lewat m banking

Cara Ganti PIN ATM BCA Lewat m Banking Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri dari HP

Layanan bank di Indonesia memang banyak dan salah satu layanan bagi masyarakatnya adalah bank BCA. Guna mempermudah mengakses layanan bank BCA maka diciptakan m-Banking. M-banking juga dapat digunakan untuk melakukan pergantian PIN ATM dengan mudah. Untuk pembahasan kali ini yakni cara ganti PIN ATM BCA lewat m Banking melalui HP.

Langkah Mengganti PIN ATM BCA Melalui m-Banking

Beberapa langkah sebagai upaya cara ganti PIN ATM BCA lewat m Banking memang terbilang mudah dilakukan menggunakan hp saja. Tentu saja yang dibutuhkan adalah jaringan Internet lancar agar proses berjalan normal. Untuk lebih jelasnya, maka langsung saja simak tutorial singkatnya di bawah ini:

  • Buka dulu aplikasi M-Banking BCA.
  • Setelah masuk halaman lalu tekan tulisan m-BCA.
  • Selanjutnya tulislah kode akses masuk akun.
  • Tunggu hingga proses selesai masuk.
  • Kemudian pilih menu m-Admin.
  • Tekan lagi tulisan Ganti PIN.
  • Tulislah beberapa kode PIN baru.
  • Pastikan PIN tidak ada orang lain mengetahui.
  • Catat PIN baru dan tunggu proses berhasil.

Alasan PIN ATM BCA Perlu Diganti

Melakukan penggantian PIN pada kartu ATM BCA memang sangat dianjurkan oleh pihak bank setidaknya setiap 3 bulan sekali. Memang pergantian PIN semacam ini akan membuat para nasabah mengingat kembali PIN baru. Beberapa alasan memang diberikan kepada nasabah untuk melakukan pergantian PIN. Lantas apa saja alasan mengganti PIN? Simak ulasan berikut:

1. Adanya Program Kartu Chip

Para pengelola bank di seluruh Indonesia mewajibkan seluruh nasabah untuk mengganti ATM versi lama ke model baru dengan chip. Tentu saja teknologi chip ini sangatlah terbaru guna memberikan keamanan dan kenyamanan para nasabah. Setidaknya pada ATM chip terdapat 6 digit PIN yang harus dimasukkan setelah mengganti kartu ATM lama.

Para nasabah akan disarankan untuk melakukan pergantian kode PIN pada kartu ATM model baru. Hal ini selain merupakan peraturan juga sebagai sarana memberikan keamanan agar kode PIN tidak ada orang lain mengetahuinya. Dengan begitu saat melakukan transaksi akan jauh lebih nyaman dan aman karena PIN telah dirubah.

2. Mencegah Terjadinya Tindak Kejahatan

Alasan selanjutnya kenapa diberlakukan pergantian PIN secara rutin adalah guna mencegah terjadinya tindakan kejahatan orang lain. Memang ketika melakukan transaksi di sebuah tempat umum tidak menuntut kemungkinan ada seseorang pengintai. Dari sinilah dapat diambil proses pencegahan melalui penggantian PIN secara berkala.

Melakukan pergantian PIN juga saat ini tidak perlu lagi pergi menemui petugas dan teller bank. Hal ini akan memakan waktu lama karena banyaknya nasabah sehingga harus mengantri. Cukup lakukan penggantian PIN menggunakan hp melalui aplikasi M-Banking. Namun harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di m-banking.

3. Lupa PIN

Kesalahan paling umum terjadi pada nasabah adalah lupa dalam mengingat PIN pada kartu ATM. Biasanya lupa PIN kartu dapat disebabkan karena jarang melakukan transaksi atau mungkin beberapa faktor lainnya. Tentu saja ketika salah memasukkan PIN berulang kali akan mengakibatkan kartu ATM mengalami pemblokiran.

Namun ketika menghadapi hal semacam ini janganlah khawatir karena lupa PIN bisa diatasi melalui pergantian PIN. Untuk bisa mengganti PIN, maka harus menemui teller bank terdekat dengan membawa beberapa persyaratan. Jangan lupa juga untuk menyiapkan PIN baru dan catat di sebuah buku rahasia dan simpan di tempat aman.

Demikian tutorial singkat cara ganti PIN ATM BCA lewat m Banking mudah, cepat dan menggunakan hp saja. Namun apabila kurang jelas dan paham, maka bisa meminta bantuan kepada petugas bank agar diberikan penjelasan.