cara melihat bukti transfer bank bri

Cara Melihat Bukti Transfer Bank BRI dan Cara Mencetaknya

Demi memberikan kemudahan bagi pengguna, kini untuk mengetahui bukti transfer BRI tidak lagi harus meminta kepada kantor cabang karena bisa dilakukan dengan mudah. Meskipun demikian, tidak semua orang mengetahui cara melihat bukti transfer bank BRI. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan karena nasabah tidak perlu meluangkan waktu cukup lama hanya untuk melihat bukti tersebut.

Cara Melihat Bukti Transfer

Bagi yang sudah lama menabung dan memiliki rekening BRI, pasti sudah sering berkirim uang ke rekening lain melalui transfer. Seperti diketahui, transfer adalah bentuk layanan Bank yang digunakan untuk berkirim uang melalui ATM atau secara digital ke sesama BRI dan Bank lain. Selain itu, nasabah juga bisa menerima transfer dari rekening dan Bank lain. Berikut ini adalah cara melihat bukti transfer Bank BRI:

1. Melihat Lewat Internet

Bagi generasi muda pada umumnya lebih menyukai cara melihat bukti transfer Bank BRI yang satu ini karena hanya memerlukan smartphone dan internet saja. Dengan kata lain, melihat bukti transfer lewat internet membutuhkan kuota serta jaringan internet yang memadai. Jadi, pastikan ponsel yang digunakan untuk mengecek mutasi memiliki kuota internet yang masih aktif.

Adapun, untuk mendapatkan buktinya yaitu dapat dilakukan dengan mengunjungi situs web https://ib.bri.co.id. Kemudian, log in menggunakan akun yang sudah terdaftar. Selanjutnya klik menu rekening dan pilih mutasi rekening. Setelah itu, klik tampilkan dan daftar mutasi rekening pun akan muncul di layar ponsel.

2. Melihat Lewat Fitur Mobile

Cara ini hampir mirip dengan SMS banking karena informasi terkait mutasi akan dikirimkan melalui SMS dari 3300. Namun, layanan menggunakan SMS sudah mulai ditinggalkan sebagian besar nasabah karena dianggap kurang praktis.

Hanya saja, jika dibandingkan dengan mengetahui bukti lewat SMS nasabah perlu mengunduh dan menginstal terlebih dahulu aplikasi mobile banking milik BRI. Setelah masuk ke aplikasi, pilih menu INFO lalu pilih INFO MUTASI. Kemudian, masukan PIN dan klik OK. Tunggu beberapa saat hingga BRI mengirimkan balasan yang berisi info mutasi.

Cara Cetak Bukti Transfer

Jika melakukan transfer melalui ATM nasabah akan menerima bukti berupa selembar kertas yang bertuliskan nominal dan rekening tujuan dari transfer tersebut. Namun, sayangnya bukti ini masih sering disepelekan sebagian besar orang sehingga ketika dibutuhkan harus mencetaknya kembali. Lalu, bagaimana cara mencetaknya? Simak penjelasan dari poin-poin berikut ini:

1. Cetak Lewat Aplikasi

Sebelum melakukan cara ini pastikan bahwa rekening yang dimiliki telah didaftar dan mendapatkan akun aplikasi BRI. Jika sudah, bukalah aplikasi lalu klik mutasi dan masukan tanggal dari transfer yang akan dicetak. Setelah itu, screenshot dan print menggunakan printer.

2. Cetak Lewat Layanan SMS

Pertama-tama, kirimkan pesan INFO MUTASI lalu dilanjutkan dengan spasi dan masukan PIN SMS banking. Kemudian, kirim SMS tersebut ke nomor 3300. Tunggu beberapa saat hingga BRI mengirimkan balasan yang berisi info mutasi. Setelah itu, screenshot dan print menggunakan printer.

3. Cetak Lewat EDC

EDC adalah mesin yang biasanya digunakan oleh merchant mitra BRI dalam melakukan transaksi. Nah, bagi yang melakukan transfer untuk keperluan belanja di toko mitra tersebut juga bisa mendapatkan buktinya. Mintalah kasir atau staf yang bertugas di toko tersebut untuk memberikan bukti dari hasil pembayaran yang dilakukan melalui transfer.

Demikianlah uraian mengenai cara melihat bukti transfer Bank BRI dan cara mencetaknya. Setelah mendapatkan buktinya, pastikan untuk tetap menyimpannya dengan baik supaya tidak perlu mencetak untuk ke sekian kalinya.