cara menggunakan saldo bonus linkaja

Simak Cara Menggunakan Saldo Bonus LinkAja untuk Berbagai Hal

Di era yang serba canggih seperti sekarang ini transaksi tidak hanya dilakukan secara konvensional dengan menggunakan lembaran uang fisik. Saat ini, transaksi juga dapat berlangsung secara digital dengan menggunakan dompet digital seperti LinkAja. Bagi yang menggunakan dompet digital besutan BUMN ini pastinya pernah memperoleh bonus, tetapi sayangnya tidak semuanya memahami tentang cara menggunakan saldo bonus LinkAja. Padahal bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis transaksi.

Apa Itu LinkAja?

LinkAja adalah suatu platform yang memungkinkan penggunanya menyimpan uang untuk digunakan bertransaksi secara online atau digital. Pada dasarnya, LinkAja mirip seperti bank karena selain bisa digunakan untuk bertransaksi bisa juga untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening bank. Hanya saja, cara mengisi saldonya dilakukan dengan top up.

Jika pada bank konvensional nasabah harus datang ke teller untuk menabung dengan setor tunai, mengisi saldo untuk LinkAja justru membutuhkan rekening bank untuk top up. Selain top up melalui rekening bank, pengisian saldo juga bisa melalui merchant yang telah bermitra dengan LinkAja.

Cara Menggunakan Saldo Bonus LinkAja

Saldo yang diperoleh dari bonus LinkAja bisa dipakai untuk berbagai kepentingan seperti membayar listrik, membeli pulsa, hingga berbelanja di marketplace. Untuk lebih jelasnya, ketahui cara untuk menggunakan bonus tersebut seperti berikut ini:

1. Instal Aplikasi LinkAja

Untuk bisa memanfaatkan bonus, maka langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa aplikasi LinkAja telah terinstal di smartphone. Aplikasi ini bisa didapatkan di Play Store dan App Store. Bagi yang sudah menginstalnya, pastikan juga LinkAja telah diupgrade ke versi baru sehingga aplikasi tidak mengalami kendala saat digunakan.

2. Pilih Jenis Transaksi yang Diinginkan

Setelah menginstal dan membuka aplikasi, cara menggunakan saldo bonus LinkAja berikutnya yaitu memilih jenis transaksi. Jika ingin digunakan untuk mengisi pulsa, maka pilihlah menu Pulsa pada aplikasi. Setelah itu, masukan jumlah pulsa yang akan diisi. Kemudian masukan nomor HP yang akan diisi pulsanya.

Di LinkAja, user diberi kesempatan agar bisa menyimpan nomor HP sehingga untuk pengisian pulsa berikutnya tidak perlu lagi memasukan nomor HP tersebut. Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna karena ketika akan mengisi pulsa hanya tinggal memilih nomor HP yang telah disimpan.

3. Konfirmasi Transaksi

Pada dasarnya, transaksi yang memanfaatkan bonus sama saja seperti transaksi pada umumnya. Saat melakukan transaksi, LinkAja akan meminta konfirmasi untuk memastikan dari mana sumber pembayarannya. Dalam hal ini karena yang akan digunakan adalah saldo bonus, maka pilihlah metode pembayaran menggunakan saldo yang diperoleh dari bonus.

4. Masukan PIN

Cara berikutnya adalah memasukan PIN. Sama halnya ketika melakukan transaksi di ATM, transaksi digital melalui LinkAja juga memerlukan PIN untuk memastikan bahwa transaksi tersebut dilakukan oleh pemilik akun. Oleh karena itu, untuk memverifikasi transaksi masukan PIN yang dibuat saat pendaftaran akun.

5. Tunggu Proses Transaksi Selesai

Setelah PIN berhasil dimasukan, tunggu aplikasi memproses transaksi tersebut hingga selesai. Tak perlu khawatir, proses ini hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Ini jelas berbeda dengan transaksi konvensional yang pada umumnya membutuhkan waktu hingga beberapa menit.

Demikianlah uraian mengenai cara menggunakan saldo bonus LinkAja. Selain memanfaatkan bonus untuk bertransaksi digital, pastikan juga untuk terus melakukan top up. Dengan semakin sering top up dan melakukan transaksi dengan LinkAja, maka akan semakin besar juga kesempatan mendapat bonus saldo.