jenis kredit bank btn

Kenali 5 Jenis Kredit Bank BTN yang Cocok Untuk Milenial

Kredit adalah istilah yang dikenal sebagai bentuk peminjaman uang dari Bank. Kini, mengajukan kredit memang semakin mudah seperti yang kredit yang ditawarkan BTN. Ada berbagai jenis kredit Bank BTN yang cocok untuk milenial mulai dari kredit yang diajukan untuk membeli rumah hingga kredit untuk berusaha.

Meskipun milenial dikenal sebagai generasi yang lahir di era modernisasi, tetapi justru generasi inilah yang paling sadar akan pentingnya mengelola finansial dengan baik. Untuk lebih jelasnya, kenali 5 jenis kredit yang disediakan BTN berikut ini:

1. Kredit Ringan

Untuk bisa mengajukan kredit ringan, BTN mensyaratkan nasabahnya minimal berusia 21 tahun. Kredit ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin memiliki rumah dengan bayaran yang dicicil, tetapi tidak dikenakan agunan.

Adapun, syarat lainnya untuk bisa mendapatkan kredit ini yaitu memiliki penghasilan tetap, merupakan karyawan tetap selama 1 tahun bagi PNS dan 2 tahun bagi pegawai swasta. Kemudian, pemohon juga wajib memiliki NPWP pribadi.

2. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)

Jenis kredit Bank BTN satu ini sudah sangat populer di kalangan milenial. Wajar saja, saat ini banyak generasi muda menginginkan rumah meskipun belum lama bekerja. Pada dasarnya, tujuan dari KPR mirip seperti kredit ringan yaitu untuk membantu masyarakat mendapatkan rumah dengan penghasilannya sendiri. Hanya saja, untuk mengajukan KPR persyaratanya lebih mudah dan sangat cocok bagi yang baru merintis karir.

Pegawai swasta yang baru bekerja selama 1 tahun dan pebisnis yang baru merintis usaha dipersilakan untuk mengajukan KPR. Mengenai usia, pemohon wajib berusia setidaknya 21 tahun dan tidak lebih dari 65 tahun. Menariknya KPR juga ditujukan untuk pembelian rumah bekas pakai, rumah baru dari developer hingga take over dari cicilan bank lain.

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Bagi generasi milenial yang ingin coba merintis usaha, tak ada salahnya untuk mengajukan jenis kredit yang satu ini. Seperti diketahui, untuk memulai bisnis diperlukan modal berupa uang. Nah, bagi yang belum memiliki tabungan yang cukup tetapi ingin segera memulai bisnis bisa langsung mengajukan Kredit Usaha Rakyat.

BTN siap memberikan modal bagi pelaku UMKM dengan bidang usaha yang produktif. Namun, bagi pebisnis yang sedang mendapatkan manfaat dari kredit usaha bank lain tidak diperkenankan mengajukan KUR BTN. Sementara pebisnis yang sedang menjalani KPR dan kredit kendaraan tetap dipersilakan untuk mengajukan KUR.

4. Kredit Swadana

Hingga saat ini Swadana masih menjadi layanan pinjaman dari BTN yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Nasabah BTN bisa memohon kredit yang diajukan dengan jaminan tabungan dan deposito. Bagi nasabah yang memerlukan pinjaman mendesak bisa mengandalkan swadana karena proses pencairannya yang cepat. Baik wiraswasta, pelaku usaha, dan karyawan bisa mengajukan swadana selagi berusia tidak kurang dari 21 tahun.

5. Kredit Agunan Rumah (KAR)

Berbeda dengan KPR yang ditujukan untuk membeli rumah, KAR justru diperuntukan bagi pemohon yang ingin mendapatkan pinjaman dana dengan menggadaikan rumah. Pada umumnya, pemohon yang menginginkan kredit ini membutuhkan pinjaman dana besar seperti untuk biaya pendidikan dan kesehatan. Pemohon wajib memiliki penghasilan tetap dan berusia di bawah 65 tahun.

Itulah 5 jenis kredit Bank BTN yang cocok untuk milenial. Bagi milenial, mengajukan kredit ke Bank tidak lagi dipandang sebagai gengsi. Kredit justru diperlukan untuk membantu memperoleh berbagai hal yang dibutuhkan dengan lebih mudah dan ringan karena sistem pembayaran yang dicicil setiap bulannya.