syarat buka rekening maybank

Berikut Ini Syarat Buka Rekening Maybank yang Perlu Disiapkan

Ada yang ingin sekali membuka rekening di bank Maybank? Bank Maybank ini sekarang juga sudah cukup digemari. Sebenarnya, Maybank bukan nama bank baru. Dulu, bank ini sempat menamakan diri sebagai BII. Sebagai informasi saja, syarat buka rekening Maybank itu sangat sederhana.

Setiap orang setidaknya pasti bisa memenuhi persyaratan tersebut. Ditambah lagi, Maybank cukup punya reputasi baik di mata nasabah. Beragam transaksi bisa dilakukan tidak hanya menabung saja. Transfer sesama bank atau ke bank lain, hingga pembayaran e-commerce pun bisa dilakukan. Supaya tidak berlama-lama syarat untuk bisa buka rekening Maybank adalah:

1. Kartu Identitas

Harus menyiapkan kartu identitas diri adalah salah satu syarat buka rekening Maybank yang harus dipenuhi pertama kali. Sepertinya ketika ingin buka rekening bank mana pun, syarat ini tidak boleh sampai terlupakan. Umumnya, kartu identitas yang dipakai adalah e-KTP yang sekarang ini lebih banyak digunakan.

Namun, bagi yang sampai saat ini masih belum punya e-KTP entah itu karena kendala suatu hal tidak perlu panik. Calon nasabah bisa menggunakan kartu identitas lainnya. Bisa misalnya SIM atau Surat Izin Mengemudi. Pastikan saja baik e-KTP atau SIM tersebut masih berlaku dan asli dikeluarkan di Indonesia.

2. Paspor dan KITAS/KITAP Untuk Warga Negara Asing

Apakah hanya warga negara Indonesia saja yang boleh mendaftar menjadi nasabah Maybank? Tentu saja tidak begitu. Bagi yang merasa masih menjadi bagian dari WNA pun tetap bisa coba buka rekening bank tersebut. Untuk mengganti kartu identitas diri bisa pakai dokumen lain.

Pilihan dokumen lain sebagai pengganti identitas diri ada banyak macamnya. Para WNA bisa memilih antara paspor atau KITAS/KITAP miliknya. Sama dengan WNI, pastikan saja jika dokumen-dokumen tersebut masih berlaku. Jangan gunakan yang sudah mati, karena membuat proses pembukaan rekening jadi terhambat.

3. Menyiapkan Setoran Awal

Tidak hanya dokumen identitas diri saja yang perlu disiapkan. Calon nasabah juga perlu menyiapkan sejumlah dana untuk setoran awal. Sama dengan syarat ketika pengajuan buka rekening bank lain sebetulnya. Tiap-tiap nasabah akan dikenakan setoran minimal awal. Jumlahnya berbeda-beda setiap bank.

Khusus untuk Maybank ini, jika ingin buka rekening, calon nasabah diwajibkan menyiapkan uang minimal Rp200.000,-. Tenang, jika ini terlalu memberatkan, masih ada pilihan lain. Pilih saja Maybank TabunganKu yang mengenakan setoran awal lebih ringan yaitu Rp20.000,- saja. Meskipun lebih punya sedikit keunggulan dibandingkan jenis tabungan Maybank lainnya.

4. Menyiapkan Biaya Materai

Khusus bagi yang ingin daftar langsung ke kantor cabang Maybank, maka nanti akan dilayani oleh pihak CS bukan? Jadi begitu sampai kantor cabang, silakan langsung menuju ke CS yang sedang berjaga. Selanjutnya, akan diarahkan untuk mengisi formulir.

Pada akhir proses pengisian formulir pendaftaran, calon nasabah biasanya akan diberikan waktu untuk memberikan tanda tangan. Kebetulan, tanda tangan tersebut harus dilakukan di atas materai. Biaya materai itu akan dibebankan pada calon nasabah sendiri.

5. Mengisi Formulir Pembukaan Rekening

Baik mendaftar langsung di kantor cabang atau melalui online, calon nasabah tetap harus mengisi formulir. Ini juga merupakan syarat buka rekening Maybank yang perlu dilakukan. Dalam formulir tersebut perlu diisikan data-data pemohon.

Termasuk data diri, dan data penting lainnya. Calon nasabah harus benar-benar mengisi semua formulir tersebut dengan baik dan jujur. Dengan begitu, proses pembukaan rekening Maybank juga lebih mudah dan cepat.

Itu dia tadi apa saja syarat buka rekening Maybank yang perlu dipersiapkan dan dilakukan. Jika diperhatikan, syaratnya tidak seberapa sulit. Justru tergolong sama dengan ketika ingin membuka rekening bank-bank lainnya.