perbedaan kartu atm btn visa dan gpn

Perbedaan Kartu ATM BTN VISA dan GPN yang Perlu Diketahui

Bank Tabungan Negara atau lebih dikenal BTN sama seperti bank lainnya yang memiliki kartu debit dan kredit. Kedua kartu tersebut memiliki logo yang berbeda yaitu VISA dan juga mastercard. Namun saat ini Indonesia menerbitkan GPN yang bisa dijadikan alat transaksi. Meski GPN telah banyak yang menggunakan, tapi masih banyak yang belum mengetahui perbedaan kartu ATM BTN VISA dan GPN.

Bagi yang sering bertransaksi menggunakan kartu ATM pun meski sudah tidak asing dengan logo-logo tersebut, nyatanya masih banyak yang belum mengetahui perbedaannya. Setiap logo yang ada pada kartu ATM tentunya memiliki beberapa perbedaan. Berikut perbedaan yang terdapat pada kartu ATM dengan logo VISA dan GPN:

1. Pengelolaan Data Nasabah

Perbedaan pertama yang cukup jelas terlihat adalah pengelolaan data nasabah. VISA ialah produk yang dikeluarkan oleh VISA Inc yang pusatnya ada di California, Amerika Serikat tepatnya di Foster City. Sementara GPN berasal dari Indonesia yaitu Artajasa, Jalin, Alto dan juga Rintis.

Perbedaan dari kedua perusahaan yang berbeda membuat pengelolaan data nasabahnya juga berbeda. Kartu ATM berlogo VISA data nasabahnya di kelola di luar negeri sedangkan GPN di kelola di dalam negeri.

2. Perbedaan Merchant Discount Rate (MDR)

Letak perbedaan kartu ATM VISA BTN dan GPN yang cukup jelas terlihat yaitu perbedan Merchant Discount Rate atau MDR-nya. Pada kartu ATM VISA biasanya MDR 2%-3% di setiap transaksi yang dilakukan melalui mesin EDC. Kalau GPN MDR nya hanya 1% setiap melakukan transaksi di mesin EDC.

Penurunan MDR ini dikarenakan semua transaksi yang dilakukan melalui GPN di proses di dalam negeri sehingga menekan biaya menjadi lebih murah. Sementara VISA transaksi yang dilakukan di proses dari luar negeri itulah mengapa MDR antara VISA BTN dan GPN berbeda. Penurunan MDR yang cukup signifikan ini tentu telah dirasakan oleh nasabah yang menggunakan ATM berlogo GPN.

3. Biaya Administrasi

Jika MDR mengalami penurunan maka biaya administrasi di setiap transaksi pun mengalami penurunan. Biaya administrasi untuk melakukan transaksi beda bank biasanya kartu ATM dengan logo VISA per transaksi dikenakan biaya sekitar Rp6.500. Sementara kartu ATM dengan logo GPN lebih murah per transaksinya yaitu Rp 2.500 – Rp4.000. Penekanan biaya administrasi ini tentu menjadi perbedaan yang signifikan antara kartu ATM berlogo VISA dan GPN.

4. Biaya Tarik Tunai

Perbedaan kartu ATM BTN VISA dan GPN yang selanjutnya yaitu biaya tarik tunai di beda bank. Atm yang memiliki logo VISA biasanya jika melakukan tarik tunai melalui mesin ATM kepunyaan bank yang beda dikenakan biaya sekitar Rp6.500-Rp7.500 di setiap melakukan penarikan tunai. Kalau ATM dengan logo GPN biaya tarik tunainya lebih murah yaitu sekitar Rp3.500-Rp4.000 di setiap melakukan penarikan tunai melalui mesin ATM lain.

5. Jangkauan Area Pemakaian

Perbedaan yang terlihat jelas yaitu dari jangkauan area pemakaian kartu ATM. Nasabah yang memegang kartu ATM dengan logo VISA bisa melakukan transaksi di luar negeri. Hal ini dikarenakan area jangkauan VISA mencakup global alias bisa digunakan diluar negeri. Sementara GPN hanya bisa digunakan di Indonesia, jadi jangkauan areanya hanya bisa di dalam negeri (domestik) tidak bisa digunakan di luar negeri.

Itulah perbedaan kartu ATM BTN VISA dan GPN yang cukup terlihat signifikan. Setiap kartu ATM dengan logo yang berbeda pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tidak hanya itu, meski memiliki beberapa perbedaan tapi keduanya tentu memiliki persamaan.

Jadi, kalau ingin menggunakan kartu ATM pastikan disesuaikan dengan kebutuhan saja. Jika sering bepergian ke luar negeri kartu ATM dengan logo VISA bisa dijadikan pilihan agar lebih memudahkan dalam melakukan transaksi.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://kangbor my id/2432/perbedaan-kartu-atm-btn-visa-dan-gpn-yang-perlu-diketahui htmlhttps://www kangbor my id/2432/perbedaan-kartu-atm-btn-visa-dan-gpn-yang-perlu-diketahui htmlsaldo d atm btn gon dan visa sama aj gakApa itu Kartu Debit BTN VISA?https://www kangbor my id/2432/perbedaan-kartu-atm-btn-visa-dan-gpn-yang-perlu-diketahui html#:~:text=Bank Tabungan Negara atau lebih yang bisa dijadikan alat transaksihttps://www kangbor my id/2432/perbedaan-kartu-atm-btn-visa-dan-gpn-yang-perlu-diketahui html#:~:text=Kedua kartu tersebut memiliki logo ATM BTN VISA dan GPNKartu ATM BTN Visakartu GPN BTN bisa tarik uangManfaat dan kegunaan kartu visa btn syariah