Beli Saham Online yang Mudah Dengan Untung Besar (moneycrashers.com)
Beli Saham Online yang Mudah Dengan Untung Besar (moneycrashers.com)

Beli Saham Online yang Mudah dengan Untung Besar

Saat ini kegiatan transaksi saham semakin mudah dijalankan, salah satunya adalah kegiatan online. Semakin banyaknya kegiatan transaksi online, saham pun juga bisa diikutsertakan di dalamnya. Bahkan beli saham online saat ini sangat mudah untuk dijadikan topik utama di pasar modal. Banyak investor yang menggunakan cara intim untuk mendapatkan keuntungan yang mudah.

Untuk membeli saham secara online, Anda tentunya harus melakukan dengan pemahaman tentang keuntungan dan risiko investasi saham. Sehingga tidak akan sembarangan melakukan investasi saham maupun trading.

Salah satu cara mudah untuk mengetahui beli saham secara online adalah dengan melalui internet. Namun tentunya perlu lebih teliti lagi, karena bisa saja jasa yang Anda gunakan malah broker saham yang tidak terdaftar di OJK alias ilegal.

Berikut Cara Beli Saham Online Mudah

Untuk Anda yang ingin memulai berinvestasi saham online, bisa menerapkan cara-cara berikut. Sehingga bisa menjadi pemandu untuk berinvestasi dengan lebih baik.

Registrasi Rekening Saham atau Rekening Efek

Sebelum Anda membeli saham sebaiknya Anda perlu membaharui untuk memiliki rekening saham atau rekening efek. Pembelian saham tersebut hanya bisa dilakukan melalui perusahaan sekuritas Indonesia saja.

Anda perlu waspada jika yang mengarahkan untuk membeli saham melalui platform yang asing. Untuk membuka rekening saham atau rekening efek bisa dilakukan secara online lewat berbagai aplikasi dan website, atau Anda juga bisa melakukanya secara offline melalui kantor-kantor sekuritas.

Daftarkan Rekening

Anda bisa langsung mendaftarkan rekening saham pada perusahaan sekuritas. Namun, cara sayang yang lebih simpel yakni dengan mendaftar secara online. Apalagi ada banyak perusahan efek yang memfasilitasi pendaftaran online, bisa lewat aplikasi ataupun website.

Install Aplikasi Online Trading

Ada banyak perusahaan efek yang menyediakan berbagai aplikasi online trading untuk memudahkan para investor untuk melakukan transaksi saham. Pastikan Anda terdaftar pada perusahaan sekuritas yang memiliki fasilitas ini.

Aplikasinya juga sudah banyak tersedia di Play Store. Anda cukup instal aplikasi tersebut dan login, maka sudah siap untuk membeli saham.

Setor dan Deposit

Selain mendapatkan konfirmasi mengenai perusahaan sekuritas, bahwa akun dan RDN milik Anda telah aktif, maka langkah selanjutnya adalah menyetorkan dana atau deposit awal.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan dana dari tabungan dan setorkan ke nomor RDN. Penyetoran dana nantinya bisa di transfer lewat ATM, mobile banking, atau melalui internet banking. Setelah transaksi selesai, Anda bisa cek dana yang masuk pada aplikasi online trading yang sudah diinstal tadi.

Lalkuan Transaksi Saham

Setelah mengetahui cara menggunakan aplikasi untuk beli saham online, tentunya Anda juga perlu mengetahui cara jual beli saham dengan baik dan benar.

Minimal penjualan saham tersebut adalah 1 lot. Sedangkan pembelian untuk 1 lot saham, sama dengan pembelian 100 lembar saham. Jual saham juga sama, sehingga saham akan dijual dalam besaran 1 lot. Setiap kegiatan transaksinya akan dikenai fee transaksi.

Mengubah Order Saham Online

Setelah melakukan transaksi online, Anda bisa mengubah harga beli atau harga jual. Dalam aplikasi saham juga sudah tersedia fitur ini jika ingin melakukan kegiatan transaksi saham. Jika posisi yang Anda inginkan tidak ada, maka bisa mencari posisi apa yang tersedia di pasar saat itu.

Setelah itu, bisa melakukan settlement transaksi, analisis fundamental dan lakukan stock screener. Dengan begitu Anda sudah mengetahui cara jual beli saham online dengan mudah.