Ini Harga Saham Cleo dan Mengenal Risiko yang Akan Anda Temui (upperline.id)
Ini Harga Saham Cleo dan Mengenal Risiko yang Akan Anda Temui (upperline.id)

Ini Harga Saham Cleo dan Mengenal Risiko yang Akan Anda Temui

Harga saham Cleo perlu Anda ketahui dan pahami mulai dari sekarang apabila ingin melakukan investasi. Pasalnya, sebuah perusahaan yang memiliki produk mudah untuk dibeli dan banyak digunakan adalah perusahaan yang memiliki risiko kecil. Bahkan sangat aman terutama untuk disimpan dalam jangka panjang.

Produk yang selalu banyak digunakan oleh masyarakat umum adalah air minum untuk mereka konsumsi setiap hari. Sedangkan di pasar saham kita sering mendengar perusahaan CLEO atau PT Sariguna Primatirta Tbk. Ini merupakan salah satu perusahaan yang mampu memproduksi air minum.

Ketahui Harga Saham Cleo Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Karena memiliki brand image yang cukup bagus, maka Cleo sering dijadikan untuk disimpan dalam waktu jangka panjang. Hal ini karena merupakan salah satu saham defensif yang memiliki risiko minim.

Sebagai perusahaan air minum di Bursa Efek bahwa pesaing CLEO juga tidak begitu banyak. Misalnya saja seperti PT Mayora Indah yang memproduksi Le Minerale dan PT Indofood Sukses Makmur dengan produksi air Club.

Sebenarnya saham Cleo ini termasuk ke dalam pemain baru di Bursa Saham karena baru IPO sejak Mei 2017 silam. Sebelum Anda akan memutuskan untuk berinvestasi dengan saham Cleo, lebih baik ketahui dahulu kelebihan maupun kekurangannya berikut ini.

Rasio Utang Kecil

Kelebihan dalam harga saham Cleo ini memiliki rasio utang yang sangat kecil sehingga bisa Anda gunakan untuk melakukan investasi. Pada perusahaan yang memiliki risiko minim, selain hanya bisa kita lihat dari sektor bisnis, kita bisa melihat seperti struktur modalnya.

Pada struktur modal yang bisa dilihat caranya dengan menggunakan rasio utang pada ekuitas atau Debt to Equity Ratio. Perusahaan yang memiliki utang kecil, maka risiko keuangan dan risiko gagal bayarnya juga lebih kecil.

Bahkan pada CLEO sendiri juga memiliki rasio utang yang begitu kecil yakni berkisar hingga 45,92%. Dengan arti bahwa dalam pendanaannya, maka Cleo akan menggunakan ekuitas daripada utang.

Pertumbuhan Lebih Stabil

Selain harga saham Cleo dengan utang yang minim, juga memiliki Net Income yang setiap saat selalu saja tumbuh meskipun hanya beberapa tahun. Hal ini karena juga berpengaruh pada kondisi perekonomian juga.

Pasalnya, Cleo juga sering membukukan Net Income Growth Positif meskipun hanya pada tahun-tahun tertentu saja dan incomenya akan mengalami penurunan.

Tentunya hal ini sangat bagus karena mengingat Cleo termasuk IPO di Bursa masih baru. Karena ada banyak pula perusahaan yang mana setelah IPO di Bursa, dan menyebabkan kinerjanya semakin turun.

Belum Pernah Membagikan Dividen

Sejauh ini Cleo juga belum pernah membagikan dividennya kepada pemegang saham. Sehingga harga saham Cleo ini dirasa kurang cocok bagi Anda yang ingin melakukan investasi dengan tujuan ingin mendapat passive income.

Valuasi Lebih Tinggi

Untuk segi valuasinya, Cleo ini lebih mahal yaitu dengan PBV sebesar 5,83 kali dan PER mencapai 32,69 kali. Sehingga ini akan membuat Anda saat ingin berinvestasi untuk mencari valuasi murah, Cleo belum menjadi pilihan terbaik.

Tidak Terlalu Likuid

Pasalnya, kapitalisasi pasar saham Cleo ini relatif lebih kecil dan berkisar sekitar 5,47 triliun saja. Selain itu, akan membuat pergerakan harga sahamnya juga tidak terlalu atraktif.

Selain harga saham Cleo tidak terlalu atraktif, maka saat Anda menyimpan saham ini untuk jangka panjang-menengah, kurang cocok. Karena kemungkinan saham yang akan Anda miliki tidak akan mengalami return atau uptrend yang signifikan.