Cara Jual Beli Saham Mudah Sederhana dan Lengkap (sensiblestocks.com)
Cara Jual Beli Saham Mudah Sederhana dan Lengkap (sensiblestocks.com)

Cara Jual Beli Saham Mudah Sederhana dan Lengkap

Anda tertarik dengan bisnis tanam atau jual beli saham? Sebenarnya ada banyak cara untuk transaksi yang cukup mudah untuk dipahami. Karena pada dasarnya, ada sejumlah metode yang bisa Anda pilih. Sama halnya dengan emas, investasi saham sama menguntungkan sehingga ada banyak orang yang meminatinya.

Dengan melakukan investasi saham, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan, jika tahu cara yang benarnya. Nah, Anda yang tertarik melakukan investasi saham, namun belum terlalu paham mengenai investasi yang benar, berikut cara mudah melakukannya.

Berikut Cara Jual Beli Saham yang Mudah

Sebelum melakukan transaksi, maka ada beberapa hal yang wajib anda ketahui terlebih dahulu. Hal ini penting untuk anda terhindar dari kerugian.

Pertama, Anda harus membuat rekening saham sebelumnya.  Proses ini bisa dilakukan baik secara offline maupun online. Jika ingin membuatnya, Anda dapat datang ke kantor cabang perusahaan sekuritas, yang telah dipilih sebelumnya serta telah terdaftar pada OJK atau otoritas jasa keuangan.

Anda bisa menyamakan identitas diri secara lengkap dan mengikuti semua tahapan yang sudah disediakan. Cara mudahnya, Anda bisa membuat rekening secara online. Lalu, bisa mengaksesnya melalui  situs resmi perusahan sekuritas dan mengikuti semua tahapan.

Setoran Dana ke Rekening Saham

Bila sudah mendaftar rekening, maka Anda sudah bisa menjadi investor dalam daftar trending saham.

Sebelum melakukan transaksi saham, Anda perlu menyetorkan sejumlah dana ke rekening nasabah. Jumlah yang disetorkan juga tergantung dengan setiap perusahaan sekuritas karena menerapkan kebijakan berbeda-beda tentunya. Setelah Anda menyetorkan dana, maka sudah bisa melakukan trading saham.

Pilih Saham

Jual beli saham tentunya perlu untuk diteliti, sehingga penting untuk Anda melakukan pemilihan. Tujuan di berlalukannya pemilihan saham, adalah untuk memberikan Anda keuntungan besar.

Sebelum membeli saham, sebaiknya juga mengetahui tentang kondisi dari perusahaan yang ingin Anda beli. Analisis dahulu mengenai kondisi perusahaan dan fundamentalnya. Selain itu, juga perlu menentukan timing dengan melihat grafik harga saham. Sehingga bisa mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan tanam saham atau beli saham.

Waktu Beli Saham

Jika Anda sudah melakukan analisis fundamental,  tahap selanjutnya merupakan proses beli saham. Untuk proses jual beli saham atau order saham dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu membeli saham melalui broker atau membeli saham secara online.

Membeli saham melalui broker, dengan memberi perintah kepada pialang saham dengan cara berkomunikasi secara langsung. Dengan cara membeli saham secara online adalah dengan memasukan langsung order pembelian saham secara online menggunakan trading sistem atau aplikasi untuk jual beli sejumlah saham yang sudah di kembangkan.

Sebelum Anda melakukan transaksi saham ada baiknya pula untuk memastikan tujuan dari kegiatan investasi tersebut. Seperti apakah kegiatan tersebut bisa berangsur lama atau pendek. Jika sudah benar-benar mantap, maka proses pembelian saham bisa dilakukan baik secara praktis dan sederhana dengan melalui aplikasi saja.

Disana, Anda juga akan terkena nominal harga saham per lembarnya. Anda hanya perlu memilih buy dan input tentang berapa lot yang ingin Anda beli. Biasanya umum pembelian 100 lembar saham atau 1 lot.

Sedangkan untuk cara jual beli saham, jika investasi Anda sudah banyak maka bisa menjualnya. Sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan darinya. Selain melakukan kegiatan jual beli, juga bisa mencari tahu cara trading saham yang lebih mudah.