prospek kerja manajemen bisnis syariah

Inilah 6 Prospek Kerja Manajemen Bisnis Syariah_

Memilih jurusan studi berkaitan langsung dengan proses penentuan karir seseorang ke depan. Bila ingin bergerak di bidang bisnis dengan berpedoman pada syariat Islam, maka jurusan Manajemen Bisnis Syariah menjadi salah satu rekomendasi. Pelajar juga dapat meninjau prospek kerja Manajemen Bisnis Syariah agar dapat mempertimbangkan rencana studi dengan matang, sebagaimana penjelasan berikut:

1. Staf Keuangan

Bidang keuangan menjadi fokus penting pada suatu lembaga atau perusahaan, sehingga tidak semua orang dapat memahaminya. Berbekal pengetahuan selama menempuh studi, lulusan ini juga dapat melamar pekerjaan sebagai staf keuangan. Perannya yang besar membuat penghasilan staf keuangan juga terbilang tinggi, untuk awal karir setidaknya akan memperoleh gaji sekitar Rp3 juta.

Seorang yang berprofesi sebagai staf keuangan harus memiliki sikap teliti, sebab pekerjaan yang dilakukan berhubungan langsung dengan hitungan. Pengambilan keputusan juga perlu dilakukan secara logis berdasarkan data keuangan yang ada. Hal terpenting, staf keuangan harus memiliki sikap jujur dalam hal melaporkan keadaan keuangan di sebuah perusahaan.

2. Karyawan Bank

Pekerjaan ini juga paling banyak diminati, sebab gaji yang ditawarkan juga cukup tinggi. Besar pendapatan yang ditetapkan memang beragam, setidaknya karyawan bank dapat memperoleh pendapatan Rp5 juta hingga lebih. Cobalah untuk bergabung pada perbankan yang menerapkan sistem syariah, sehingga dengan bekal pendidikan yang dimiliki membuat peluang diterima kerja semakin tinggi.

3. Tenaga Pendidik

Meski tidak berkecimpung di dunia bisnis secara langsung, tenaga pendidik menjadi salah satu prospek kerja Manajemen Bisnis Syariah yang menjanjikan. Tentunya dibutuhkan kemampuan public speaking yang baik agar dapat menjadi pengajar di sebuah lembaga pendidikan. Di samping itu, pekerjaan ini mengharuskan seseorang untuk menempuh pendidikan Magister terlebih dahulu.

Bila berusaha dengan giat, lulusan Manajemen Bisnis Syariah dapat menjadi dosen di kampus yang menyediakan jurusan serupa. Setidaknya, pekerjaan ini akan menghasilkan pendapatan sekitar Rp4 juta per bulan. Kesempatan untuk membuka bisnis lainnya di samping pekerjaan utama juga terbuka lebar, tentunya bila seseorang mau berusaha dengan sungguh-sungguh.

4. Manajer Bisnis

Menjadi seorang manajer bisnis mungkin merupakan harapan bagi sebagian besar lulusan jurusan Manajemen. Terutama karena penghasilan yang menjanjikan, hingga mencapai Rp10 juta. Untuk memperoleh pekerjaan ini, lulusan Manajemen Bisnis Syariah dapat melamar pekerjaan pada perbankan maupun perusahaan yang membutuhkan.

Dalam perannya, manajer bisnis memiliki wewenang menentukan strategi terbaik untuk dijalankan pada perusahaan. Di samping itu, pekerjaan ini juga mempunyai kewajiban mengelola segala aktivitas yang dilakukan perusahaan tiap hari. Manajer bisnis dapat menjalankan semua tugas tersebut dengan menerapkan sikap disiplin dan detail dalam mengambil kebijakan.

5. Bergabung Pada Lembaga Islam

Ada berbagai bentuk lembaga Islam yang ada di Indonesia, misalnya seperti lembaga yang mengurus zakat. Lulusan Manajemen Bisnis Syariah juga dapat mengamalkan ilmu yang diperoleh untuk bergerak di bidang ini. Seorang pengurus zakat dapat memperoleh gaji sekitar Rp2 juta atau lebih, tentunya pekerjaan juga harus didasari dengan sikap disiplin dalam mengemban amanah.

6. Staf Admin

Kelancaran sebuah perusahaan juga bergantung dari staf admin yang ada, sehingga pekerjaan ini memerlukan orang yang benar-benar kompeten. Bila melamar kerja pada perusahaan, gaji yang akan diterima sekitar Rp3 juta per bulan. Teliti dan ulet harus ditanamkan ketika menjalankan tugas sebagai staf admin, terutama demi mengorganisir kegiatan perusahan.

Demikianlah penjelasan dari 6 prospek kerja Manajemen Bisnis Syariah yang paling memungkinkan. Di samping bergabung dengan lembaga tertentu, lulusan pada jurusan ini juga memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan bisnis secara mandiri. Berbekal ilmu syariah yang telah diperoleh, bisnis dapat berkembang dan memperoleh keuntungan berdasarkan bidang yang dijalankan.