jurusan yang banyak peluang kerjanya

Simak Jurusan yang Banyak Peluang Kerjanya Sebagai Referensi Kuliah Masa Depan

Sebelum masuk ke perguruan tinggi, memang ada baiknya seseorang melakukan sejumlah pertimbangan dalam memilih jurusan. Salah satunya adalah dengan mencermati berbagai alternatif jurusan yang banyak peluang kerjanya agar masa depan lebih terarah. Berdasarkan hal tersebut, maka secara spesial telah dirangkumkan berbagai informasi jurusan yang memiliki prospek menjanjikan, sebagai berikut:

1. Kedokteran

Tidak bisa dipungkiri, bahwa jurusan ini masih menjadi primadona incaran bagi banyak calon mahasiswa. Karena faktanya, meski banyak anggapan miring tentang biaya kuliah ekstra besar, kedokteran dinilai sebagai satu jurusan yang banyak peluang kerjanya. Mengingat, ketersediaan tenaga kesehatan belum merata di tanah air, menjadikan profesi ini akan selalu dibutuhkan kapanpun.

2. Ilmu Hukum 

Seorang lulusan ilmu hukum sekarang tidak lagi kesulitan untuk mencari lapangan kerja. Karena masih banyak perusahaan yang membutuhkan jasa seorang ahli hukum. Misalnya berkaitan dengan pengurusan izin perusahaan, penyiapan dokumen-dokumen berkaitan dengan hukum, hingga keperluan lainnya. Selain itu, lulusan hukum juga mungkin mendirikan jasa secara mandiri berkaitan dengan bidang studinya.

3. Teknik Mesin 

Ketiga, ada jurusan teknik mesin yang sangat cocok bagi seseorang yang menyukai dunia fisika terapan laiknya anak STM. Ternyata, lulusan teknik ini banyak memiliki peluang untuk berwirausaha maupun bekerja di perusahaan yang membutuhkan, laiknya:

  • Teknisi mesin di perusahaan besar baik di bidang industri transportasi atau pabrik;
  • Jasa service kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, truk, atau bus; serta
  • Usaha kreatif lain berhubungan dengan mesin seperti penciptaan alat-alat permesinan, robot, maupun lainnya.

4. Sastra Inggris

Meski tidak sepopuler yang lain di Indonesia, jurusan ini ternyata memberikan peluang kerja yang besar bagi setiap lulusannya. Terutama pada sejumlah bidang kerja yang perlu keterampilan bahasa asing di bawah ini:

  • Tenaga pengajar bahasa Inggris baik di sekolah maupun universitas;
  • Jasa penerjemahan baik dokumen, video, dan sebagainya sesuai kebutuhan klien;
  • Tour guide di daerah wisata yang bertugas memandu pelancong mancanegara; dan
  • Bermacam bidang pekerjaan lain seperti tutor english course, penyiar bahasa asing, dan sebagainya.

5. Ilmu Komunikasi

Berikutnya, ada jurusan ilmu komunikasi yang memberikan keterampilan bagi mahasiswanya dalam hal olah baik secara lisan maupun tulisan. Berkat keterampilan tersebut, seseorang akan dapat diterima bekerja di belantika industri kreatif. Laiknya menjadi pemandu acara, pengisi suara, penyiar radio,  anchor news, wartawan, dan pekerjaan lain yang membutuhkan skill komunikasi tinggi.

6. Teknik Elektro

Jika seseorang menaruh minat pada hal-hal yang berbau kelistrikan, maka jurusan teknik elektro adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, banyak peluang kerja yang bisa diraih oleh setiap mahasiswa setelah lulus nantinya. Seperti pekerjaan di wilayah pembangkit listrik, perusahaan besar, teknisi elektronik, jasa reparasi mandiri, konsultan, serta berbagai peluang dengan gaji besar lainnya

7. Teknik Informatika

Ketujuh ada jurusan teknik informatika yang menjanjikan prospek besar di masa mendatang. Khususnya, terkait bidang-bidang pekerjaan modern seperti:

  • Pengajar komputer di area sekolah dan universitas;
  • Teknisi untuk perusahaan maupun jasa mandiri;
  • Website dan game developer kreatif;
  • Jasa pembuatan konten industri dunia maya berupa artikel, video, atau musik; serta
  • Berbagai bidang jasa lain seperti instalasi program, service komputer, dan lainnya.

Nah, itulah tadi informasi penting mengenai ketujuh jurusan yang banyak peluang kerjanya. Bagaimana? Apakah sudah memikirkan untuk memilih salah satu di antaranya? Jika iya, maka segeralah lakukan persiapan sesuai dengan bidang masing-masing, agar saat seleksi masuk perguruan dibuka, semua berjalan tanpa kendala!