prospek kerja ilmu komputer

8 Prospek Kerja Ilmu Komputer Utama yang Wajib Diketahui

Bingung saat menentukan jurusan kuliah di masa mendatang? Ilmu Komputer bisa jadi salah satu pilihan yang menggiurkan! Tidak lain karena banyaknya prospek kerja ilmu komputer yang bisa dijadikan mata pencaharian. Penasaran dengan prospek kerja apa saja yang ada padanya? Sebaiknya ikuti berbagai ulasan menarik yang disajikan berikut ini dengan seksama!

1. Tenaga Pendidik

Peluang pertama seorang lulusan ilmu komputer ialah menjadi seorang tenaga pendidik baik guru sekolah maupun dosen universitas. Kesempatan ini besar, mengingat masih banyaknya sekolah dan universitas yang membutuhkan tenaga pendidik baru setiap tahunnya. Akan tetapi,  jika menghendaki pekerjaan ini, selain harus memahami ilmu komputernya, seseorang juga harus memiliki kecakapan komunikasi.

2. Kreator Konten

Kedua, sekarang ini industri kreatif khususnya di dunia maya semakin berkembang menciptakan lapangan pekerjaan baru setiap tahunnya. Salah satunya, memunculkan prospek kerja Ilmu komputer yang menarik, utamanya dalam bisnis konten kreator, seperti:

  • Editor video musik di platform besar laiknya Youtube;
  • Jasa pembuatan beraneka macam video untuk berbagai keperluan edukasi, hiburan, dan sebagainya;
  • Usaha di bidang penulisan konten yang dipakai untuk web; serta
  • Berbagai usaha lain di bidang jasa pembuatan konten yang memanfaatkan ilmu komputer.

3. Jasa Service

Sekarang, keberadaan  komputer kian menjamur di masyarakat dan memunculkan peluang jasa service yang besar. Khususnya, bagi setiap lulusan ilmu komputer yang memiliki jiwa wirausaha dalam dirinya. Lantaran, tidak semua orang yang memakai komputer paham cara perbaikan ketika terjadi masalah, sehingga lulusan bisa mengambil peran dalam memanfaatkan ilmu sekaligus berwirausaha darinya.

4. Freelance Programer

Selanjutnya, seorang sarjana ilmu komputer juga  memiliki peluang besar untuk membuka usaha freelance programer. Yakni sebuah kegiatan usaha dalam bidang perancangan program komputer, pembangunan website, dan sistem komputerisasi lainnya. Bahkan, tidak hanya setelah menyelesaikan pendidikan, pekerjaan ini pun seringkali dijadikan sampingan mahasiswa ketika masih di bangku kuliah, sehingga melatih kemandirian.

5. Teknisi

Pekerjaan teknisi sangat cocok bagi lulusan ilmu komputer yang berminat untuk bergabung di perusahaan. Seperti yang diketahui, bahwa industri di negara ini semakin berkembang baik yang skala kecil maupun berskala besar. Tentunya, industri ini pasti membutuhkan teknisi komputer dalam menjalankan usahanya sehingga dapat menjadi peluang lulusan dalam mencari mata pencaharian.

6. Developer Aneka Game

Kehidupan masyarakat modern sekarang ini semakin kompleks dan kian ditekan oleh berbagai macam tuntutan, baik pekerjaan atau lainnya. Membuat, masyarakat tersebut perlu untuk mendapat hiburan laiknya memainkan aneka permainan. Apabila dicermati lebih lanjut, kebutuhan ini bisa menjadi peluang bagi lulusan kreatif yang memiliki daya untuk memproduksi game untuk banyak keperluan.

7. Desainer Web

Web merupakan layanan informasi mutakhir yang hingga kini terus menerus diakses oleh banyak pengguna internet di seluruh dunia. Pastinya, animo besar tersebut memberi peluang  bagi setiap lulusan ilmu komputer untuk berkarya padanya. Baik sebagai pengembang website secara mandiri, maupun sebagai penyedia aneka layanan jasa seperti desainer web dan lain sebagainya.

8. Konsultan 

Bagi sebuah perusahaan besar, pasti memiliki IT konsultan yang berada di belakang layar agar usahanya berjalan lancar. Karenanya, peluang kerja sebagai seorang IT konsultan ini sangat besar di masa mendatang. Apalagi jika seorang lulusan mempunyai skill khusus dalam membangun relasi dengan mitra, maka profesi ini sangat mungkin untuk diharapkan.

Itulah tadi kedelapan usaha atau prospek kerja Ilmu Komputer yang sangat menjanjikan. Selain  disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi peluang menarik yang kian menggiurkan. Terlebih, mengingat kembali trend komputerisasi berbagai aspek kehidupan yang terus menerus dikembangkan.