cara daftar beasiswa unggulan kemendikbud

Cara Daftar Beasiswa Unggulan Kemendikbud Ini Penting Diketahui

Kuliah tanpa biaya bukan impian sejak adanya beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sehingga harus mengetahui cara daftar beasiswa unggulan kemendikbud. Hal tersebut penting diketahui terutama bagi mereka yang ingin kuliah dengan jalur beasiswa. Berikut cara-cara pendaftarannya:

1. Akses Website Kemdikbud yang Resmi

Adapun websitenya adalah https://buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id. Setiap peserta beasiswa harus mengaksesnya terlebih dahulu. Bila ingin menjadi peserta beasiswa unggulan Kemendikbud. Inilah langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara daftar beasiswa unggulan kemendikbud.

2. Buat Akun Pribadi

Setelah berhasil mengaksesnya, lanjutkan untuk membuat akun pribadi terlebih dahulu. Pada menu website tersebut klik registrasi, bila belum memiliki akun pribadi di website kemdikbud yang resmi. Memiliki akun tersebut sangat penting bagi peserta beasiswa, karena akan mudah mendapatkan pengumuman.

3. Daftarkan Email untuk Registrasi

Selanjutnya sebagai cara daftar beasiswa unggulan kemendikbud harus mengisi beberapa data pribadi. Seperti nomor KTP, email dan harus membuat password. Akan ditampilkan pada dialog box, beberapa kolom yang harus diisi dan ini sangat wajib untuk mengisi data pribadi.

4. Buka Email untuk Aktivasi

Apabila langkah untuk membuat akun selesai dilakukan, selanjutnya peserta akan mendapatkan email untuk aktivasi akun tersebut melalui email yang telah didaftarkan. Biasanya email tersebut berupa link untuk diaktivasi dengan cara klik link tersebut. Cara tersebut merupakan bagian dari keamanan akun pribadi.

5. Mulai Log in

Cara daftar beasiswa unggulan kemendikbud telah selesai, selanjutnya log in ke website resmi dengan mengisi email dan password di kolom log in. Dengan melakukan log in, semua pengumuman serta jadwal tes bisa diketahui, termasuk mendapatkan nomor registrasinya.

6. Pendaftar Akan Mendapat Nomor Registrasi

Lanjutan dari poin sebelumnya, nomor registrasi akan didapatkan oleh peserta bila melakukan log in ke website tersebut. Nomor tersebut berguna sebagai data saat mengikuti seleksi karena pengumuman kelulusan akan disertakan nama beserta nomor registrasinya berikut jumlah nilainya.

7. Dapatkan Pengumuman Kelulusan dari Email

Email yang telah didaftarkan pada website tersebut berfungsi sebagai perantara untuk mendapatkan pengumuman penting, seperti pengumuman seleksi pendaftaran tahap 1. Dengan demikian setiap peserta wajib memiliki email terlebih dahulu untuk registrasi akun pribadi pada website tersebut.

8. Mengikuti Seleksi Tahap Dua

Apabila telah lolos seleksi tahap I, selanjutnya harus mengikuti seleksi tahap II. Adapun jadwal seleksi tersebut akan diumumkan melalui akun pribadi dan email. Seleksi tahap II ini merupakan sesi wawancara  atau tatap muka langsung dengan pihak penyelenggara beasiswa untuk mengetahui kelayakan peserta mendapatkan beasiswa tersebut.

9. Dapatkan Pengumuman Kelulusan Seleksi Tahap 2 Melalui Email

Sama seperti seleksi tahap I, seleksi tahap II ini akan diumumkan melalui email yang didaftarkan pada saat melakukan registrasi. Maka dari itu, harus log in pada email yang sama dengan yang didaftarkan untuk mendapatkan pengumuman tersebut. Sangat disarankan bagi peserta membuat email dengan nama asli atau tidak alay.

Pastikan untuk melakukan tahapan tersebut secara berurutan karena untuk mendapatkan beasiswa tersebut hanya berlaku bagi orang-orang yang  teliti sebagai bagian dari seleksi administrasi. Pihak penyelenggara beasiswa akan membatalkan penerimaan beasiswa tersebut bila peserta tidak sungguh-sungguh untuk mendapatkannya, contohnya tidak mengisi data pribadi dengan benar,

Mengingat cukup banyak kelebihan yang akan didapatkan dari beasiswa tersebut, seperti biaya pendidikan, uang saku dan biaya untuk pembelian buku kuliah, sehingga bagi pelajar yang ingin kuliah dengan beasiswa diharuskan mengetahui cara daftar beasiswa unggulan Kemendikbud.