prospek kerja jurusan sistem informasi

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi Penting Diketahui

Meskipun Kini mudah didapatkan jurusan tersebut, namun tidak banyak yang mengetahui prospeknya sehingga harus mengetahui prospek kerja jurusan Sistem Informasi. Dengan demikian, bisa memberikan informasi bagi calon siswa untuk menyusun masa depannya jika kuliah di jurusan tersebut. Berikut ini beberapa prospek karirnya:

1. Business Analyst

Bisnis berbasis teknologi semakin meningkat. Dengan demikian, seorang pakar bisnis dan analyst teknologi akan semakin dibutuhkan. Selain itu, profesi satu ini memiliki penghasilan besar. Maka dari itu, seorang business Analyst merupakan  prospek kerja jurusan Sistem Informasi yang menjanjikan.

2. Web Developer

Saat ini setiap perusahaan memiliki website sebagai profil company. Untuk pembuatan website tersebut membutuhkan seorang web developer agar web yang dihasilkan menarik. Seiring meningkatnya bisnis online, kebutuhan akan web developer tersebut terus bertambah dan profesi ini bisa didapatkan dengan kuliah di jurusan sistem informasi.

3. Project Manager

Seorang manajer merupakan pendorong timnya untuk bergerak. Begitu juga dengan seorang project manager ini akan memimpin sebuah proyek perangkat lunak yang akan dibangun untuk perusahaan. Dengan demikian, jaringan internet pada sebuah perusahaan akan lancar. Pemasangan jaringan internet tersebut membutuhkan tim pengembang, dan project manager akan menjadi pemimpinnya.

4. E Commerce System Developer

Profesi lainnya yang bisa didapatkan dengan kuliah di jurusan sistem informasi adalah E-commerce System Developer. Terutama bila perusahaan tersebut mengembangkan bisnisnya secara online, peranan seorang Ecommerce System Decelope ini sangat dibutuhkan sebagai fasilitator untuk menunjang bisnis online.

5. IT Manager

Seorang manajer merupakan posisi yang cukup strategis dalam sebuah perusahaan tersebut. Selain itu, memiliki penghasilan cukup besar. Posisi tersebut bisa diraih oleh seorang lulusan sistem informasi. Adapun tugasnya mengontrol dan mengawasi sistem informatika dalam sebuah perusahaan dan juga memiliki kewenangan untuk memutuskan suatu tindakan terkait sistem informatika pada perusahaan.

6. Database Administrator

prospek kerja jurusan Sistem Informasi Lainnya adalah menjadi database Administrator. Tugasnya adalah membuat data perusahaan lebih rapi dengan menggunakan teknologi informasi. Dengan demikian membuat dokumen perusahaan lebih terstruktur karena disimpan melalui sistem komputerisasi.

7. System Analyst

Profesi satu ini lebih fokus pada teknik sistem IT yang dapat menganalisa semua program dan spesifikasinya agar bisa menganalisa perangkat lunak yang lebih dibutuhkan. Dengan demikian, suatu sistem dalam perusahaan akan berjalan sempurna dan membentuk satu kesatuan. Sistem yang mendorong pergerakan suatu perusahaan.

8. IT Consultant

Apabila seorang klien merasa kebingungan untuk memilih perangkat lunak yang dibutuhkan dalam hal ini terkait pengembangan informatika dalam perusahaan tersebut. Dengan demikian, profesi ini akan memberikan saran-saran untuk pengembangan sistem informasi yang dibutuhkan . Profesi satu ini juga bisa bergerak dalam bidang pelayanan.

9. System Engineer

prospek kerja jurusan Sistem Informasi selanjutnya adalah System Engineer. Profesi satu ini bergerak dalam bidang penyusunan perangkat lunak dan juga sistem perangkat lunak itu sendiri yang disusun untuk membangun jaringan sistem pada sebuah perusahaan. Dengan demikian, profesi satu ini sebagai pencetus ide jaringan dalam sebuah perusahaan.

10. Programmer

Seorang programmer akan merancang program dan aplikasi yang dibutuhkan bagi sebuah perusahaan. Profesi satu ini erat dengan bahasa pemrograman serta sistem IT. Penggabungan keduanya bisa membuat menjadi seorang programmer yang profesional. Meskipun  menjadi seorang programmer banyak didapat dari teknik informatika namun lulusan sistem informasi ini lebih universal.

Saat ini teknologi sedang meningkat sehingga bila ingin memiliki masa depan yang cerah sebaiknya memilih kuliah pada bidang tersebut. Salah satunya kuliah di jurusan teknologi informasi, dikarenakan teknologi akan terus berkembang seiring perkembangan zaman, maka harus mengetahui prospek kerja jurusan sistem informasi.