kelebihan jurusan akuntansi smk

Ini 6 Kelebihan Jurusan Akuntansi SMK Belum Banyak yang Tahu!

Masih dilanda dilema akan lanjut jurusan apa di SMK? Masuk saja di jurusan akuntansi. Banyak kelebihan jurusan akuntansi SMK dengan peluang masa depan yang terjamin. Ketika lulus nantinya juga tidak perlu khawatir menganggur karena banyak tersedia lapangan pekerjaan. Terutama bagi pembaca yang suka dengan angka-angka sangat cocok masuk jurusan ini.

Fokus pembelajaran di jurusan ini yaitu tentang bagaimana mengelola keuangan dengan baik dan benar.  Selain itu, banyak hal lain yang akan dipelajari dalam jurusan akuntansi. Salah satunya adalah bisnis dan perpajakan. Yuk langsung saja masuk ke kelebihan masuk jurusan ini!

1. Banyak Prospek Kerja dengan Gaji Besar

Setiap tahun dijamin selalu tersedia lowongan kerja untuk lulusan SMK jurusan akuntansi. Walaupun teknologi semakin canggih, profesi akuntan tetap akan selalu dibutuhkan. Prospek kerja dari akuntansi juga banyak dan terdapat jenjang karir yang menggiurkan. Tak hanya itu, gaji seorang lulusan akuntansi rata-rata setiap bulannya mencapai 3 juta rupiah.

Apabila sudah jenjang karir, tentunya akan mendapat gaji lebih besar dari 3 juta. Kenapa gajinya bisa sangat besar? hal tersebut karena lulusannya memang berkualitas dan mumpuni di bidangnya. Perlu diketahui bahwa SMK lebih mengedepankan praktek dibanding teori sehingga skillnya memang sudah disiapkan untuk kerja.

2. Mudah jika Lanjut Kuliah

Lulusan SMK jurusan akuntansi apakah bisa lanjut ke jenjang yang lebih tinggi? Jawabannya adalah sangat bisa. Di Indonesia sendiri banyak universitas yang memiliki program studi akuntansi dengan akreditas baik. Mulai dari universitas negeri hingga swasta banyak yang menawarkan jurusan ini lho. Apalagi, akuntansi memiliki pandangan yang baik di mata masyarakat.

Orang tua pun akan bangga jika anaknya bisa masuk jurusan ini. Selain jurusan tersebut, siswa SMK Akuntansi juga bisa mendaftar jurusan lain. Salah satunya adalah ekonomi yang tak kalah populer. Bagi yang bosan dengan pelajaran akuntansi di SMK bisa mendaftar jurusan ekonomi untuk mempelajari hal-hal baru.

3. Luasnya Ranah Kerja

Tak hanya banyak prospek kerja dan gaji besar, kelebihan jurusan akuntansi SMK selanjutnya yaitu luasnya ranah kerja. Ingin kerja di pajak? Atau menjadi PNS dan businessman? Semuanya bisa didapat ketika pembaca merupakan lulusan SMK akuntansi. Sangat luas bukan? Tidak hanya swasta, namun negeri juga bisa menjadi ranah kerja dari lulusan akuntansi.

4. Memiliki Pengetahuan Lebih dalam Mengelola Keuangan

Sudah dipastikan bahwa lulusan akuntansi akan memiliki pengetahuan lebih dalam mengelola keuangan. Tidak hanya berguna di dunia kerja, pengetahuan ini juga bisa bermanfaat pada kehidupan sehari-hari. Keluar masuknya uang pun menjadi lebih jelas dan tertata. Dengan begitu, pastinya akan terhindar dari keborosan dan foya-foya.

5. Biaya Kuliah Murah

Karena banyak universitas yang menawarkan jurusan tersebut, biaya kuliahnya pun menjadi sangat terjangkau dan bersaing satu dengan lainnya. Walaupun terjangkau, kualitas pembelajaran tetap bagus dan berkualitas. Bagi yang ingin kuliah sambil kerja juga sangat dimungkinkan. Tertarik untuk melanjutkan kuliah setelah lulus?

6. Menjadi Lebih Teliti dan Disiplin

Menjadi pribadi yang lebih cermat dan disiplin menjadi kelebihan jurusan akuntansi SMK yang  terakhir. Karena dalam mengelola sebuah laporan keuangan diperlukan ketelitian tinggi, lulusannya  pun menjadi terbiasa untuk bekerja teliti. Ini menjadi sisi positif yang bisa didapat ketika sekolah di jurusan ini.

Karena selalu diajarkan untuk mengerjakan pekerjaan tepat waktu, lulusannya pun juga menjadi lebih disiplin. Karakter seperti inilah yang sering dicari dalam dunia kerja nantinya. Tak hanya memiliki pengetahuan, lulusan SMK akuntansi juga akan memiliki kepribadian yang baik.

Nah, itulah 6 kelebihan jurusan akuntansi SMK yang perlu diketahui sebelum masuk jurusan tersebut. Bagaimana? Kedengarannya sangat mengasyikkan bukan? Bagi yang berminat dan ingin belajar mengenai keuangan bisa langsung mendaftar jurusan ini.