prospek kerja jurusan akuntansi

Intip Beragam Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Paling Diminati

Pembaca seorang lulusan jurusan akuntansi? Bingung ingin kerja apa? Jangan bingung karena prospek kerja jurusan akuntansi sangat beragam. Tidak hanya untuk lulusan dari universitas, disini juga akan dijelaskan beberapa prospek kerja untuk SMK akuntansi. Bisa bekerja di bidang ini merupakan dambaan setiap orang karena memiliki karir yang cerah.

Tidak hanya di bidang akuntansi, lulusan ini juga dapat bekerja di ranah ekonomi. Banyak perusahaan ekonomi mencari lulusan akuntansi karena dikenal sangat teliti dan disiplin. Lalu apa saja prospek kerja yang paling diminati dan menjadi dambaan setiap orang? Intip di bawah ini yuk!

1. Akuntan

Sudah jelas jika lulusan jurusan ini utamanya akan bekerja menjadi seorang akuntan. Untuk seorang yang baru masuk profesi ini, gajinya bisa mencapai 5 hingga 10 juta. Bagaimana jika sudah senior dan berpengalaman? Tentunya lebih besar dari gaji akuntan baru. Nah, akuntan sendiri ada banyak jenisnya yaitu privat, pendidik, dan publik.

Tugas dari 3 jenis akuntan tersebut semuanya berbeda. Pertama adalah publik yang berarti menawarkan jasanya untuk publik atau semua orang. Agar bisa menawarkan jasanya, seorang akuntan publik harus mendapat lisensi dari Kemenkeu. Rata-rata gaji profesi ini sekitar 5-10 juta setiap bulannya.

Selanjutnya adalah privat yang fokus bekerja di satu perusahaan saja. Gaji dari akuntan privat hampir sama dengan publik. Lalu terakhir adalah pendidik atau nama lainnya adalah guru dan dosen. Minimal menjadi pendidik harus lulus dengan gelar master.

2. Auditor Internal

Memiliki tanggung jawab akan laporan keuangan dalam perusahaan menjadi tugas pokok seorang auditor internal. Tanggung jawab tersebut meliputi kebenaran dan keaslian data dari laporan tersebut. Bekerja pada profesi ini harus memiliki tingkat ketelitian tinggi serta kejujuran juga menjadi salah satunya.

Dengan gaji cukup tinggi yaitu 10 juta, banyak lulusan akuntansi berbondong-bondong melamar pekerjaan tersebut. Perlu diingat bahwa prospek kerja jurusan akuntansi satu ini hanya dapat dilamar oleh lulusan minimal D3.

3. Konsultan Pajak

Pekerjaaan ketiga di atas tergolong job dalam bidang jasa. Gambaran dari pekerjaan ini yaitu akan membimbing seorang klien yang sedang memiliki kepentingan dalam hal perpajakan. Baik itu pembayaran, perhitungan, bahkan membantu dalam merencanakan pajak. Bagaimana? Kedengarannya asyik bukan?

Poin penting untuk bekerja di profesi ini yaitu paham betul mengenai dunia perpajakan. Pada jurusan akuntansi sendiri juga belajar mengenai hal ini lho. Tidak salah jika lulusannya banyak dicari menjadi konsultan pajak. Urusan gaji tidak perlu ditanya! Rata-rata dari konsultan pajak mendapat 4.8 juta rupiah per bulan.

4. Analis Keuangan

Selanjutnya untuk prospek kerja jurusan akuntansi paling diminati yaitu menjadi analis keuangan. Seperti namanya, pekerjaan ini bertanggung jawab dalam menganalisis segala sesuatu yang berhubungan dengan trend ekonomi yang sedang berjalan. Gaji dari analis keuangan minimal 7 jutaan lho! Terdapat pula jenjang karir dengan gaji 20 juta per bulan. Menggiurkan!

5. Pegawai Bank

Menjadi seorang pegawai bank untuk bagian teller bisa menjadi pilihan yang baik terutama bagi lulusan SMK jurusan akuntansi. Tugas dari seorang teller juga simple dan tidak terlalu berat.  Terutama bagi fresh graduate, ini akan menjadi pengalaman bagus dalam memasuki dunia kerja. Gajinya juga sangat fantastis yaitu mencapai 3 juta rupiah.

6. Manajer Akuntansi

Pekerjaan yang terakhir ini memiliki gaji rata-rata 7 juta. Tak hanya memimpin divisi akuntansi, seorang manajer juga memiliki pekerjaan untuk menyiapkan kebutuhan keuangan dan pajak. Suatu perusahaan sangat membutuhkan profesi ini dan utamanya dicari dari lulusan sarjana akuntansi.

Memang benar jika prospek kerja jurusan akuntansi sangat luas dan beragam. Selain daftar di atas, masih banyak job lain yang tersedia bagi para lulusan akuntansi. Gaji dari setiap pekerjaan tersebut juga tidak main-main bukan?