prospek kerja desain grafis

Ini Ragam Peluang atau Prospek Kerja Desain Grafis

Jurusan desain grafis jadi salah satu pilihan studi yang punya banyak peminat. Tak heran memang karena jurusan ini memiliki bidang ilmu yang seru. Prospek kerja desain grafis juga sangat luas dan menjanjikan. Berikut adalah beberapa peluang atau pilihan bidang kerja yang bisa digeluti oleh lulusan desain grafis:

1. Freelancer

Bekal keterampilan dan ilmu desain grafis semasa kuliah bisa jadi modal untuk bekerja sebagai freelancer. Saat ini jenis profesi freelancer mulai banyak digemari karena menguntungkan sekaligus punya jam kerja fleksibel. Penawaran jasa desain grafis secara freelance saat ini juga banyak dibutuhkan.

Jika ingin bekerja freelance di bidang desain grafis, memang ada tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Pertama, harus pintar-pintar cari peluang dan menemukan klien. Kedua, harus benar-benar menjaga kualitas hasil desain yang dihasilkan. Ketiga, harus bisa mengatur waktu dengan baik agar semua klien merasa puas dengan hasil yang diberikan.

2. Ilustrator

Pilihan profesi berikutnya yang bisa digeluti oleh lulusan desain grafis adalah ilustrator. Prospek profesi ilustrator di masa depan sangat menjanjikan. Apalagi saat ini banyak sekali karya-karya kreatif bermunculan dan membutuhkan jasa ilustrator. Lulusan desain grafis bisa bergabung dengan perusahaan dan menempati posisi sebagai ilustrator.

Selain membuat gambar-gambar yang menarik, illustrator juga harus terus memperbarui ilmu yang dimiliki. Perkembangan teknologi harus selalu diikuti agar kerja ilustrator menjadi semakin mudah. Semakin rajin upgrade keterampilan maka kerja ilustrator akan semakin diminati dan dibutuhkan.

3. Komikus

Prospek kerja desain grafis berikutnya adalah komikus. Meskipun terdengar biasa-biasa saja dan seringkali diremehkan, tapi profesi komikus nyatanya cukup menjanjikan saat ini maupun di masa depan. Apalagi jika komik yang dihasilkan memiliki peminat tinggi dan kualitas yang bagus. Lulusan desain grafis pasti akan bisa dengan mudah menghasilkan gambar-gambar komik yang bagus dan menarik.

4. Bekerja di Advertising Agency

Lulusan jurusan desain grafis juga biasanya akan membidik advertising agency sebagai tempat kerjanya. Biasanya orang-orang yang punya bekal pendidikan desain grafis akan menempati posisi divisi kreatif. Pembuatan konten visual untuk keperluan iklan produk sangat membutuhkan keahlian dari orang yang memiliki kemampuan desain grafis.

Ada banyak sekali advertising agency yang bisa ditemukan saat ini. Jika berhasil masuk ke agensi yang bergengsi maka gaji yang bisa diterima juga pasti akan sangat besar. Bekerja di agensi seperti ini akan memberikan peluang besar dan membuka pengalaman untuk meningkatkan keterampilan.

5. Desainer Produk

Sebagai lulusan desain grafis, peluang menjadi desainer produk juga terbuka lebar. Persaingan saat ini sangatlah ketat dan menuntut perusahaan punya desain produk menarik demi meningkatkan penjualan. Jasa desainer tentu akan sangat dibutuhkan untuk menghasilkan desain produk yang bagus. Kemampuan ini dimiliki oleh orang-orang yang berkuliah di jurusan desain grafis.

6. Desainer Grafis Game

Aplikasi game membutuhkan desainer grafis yang mumpuni untuk menghasilkan kualitas visual yang bagus. Keseruan bermain game akan meningkat jika tampilan visualnya juga enak dipandang mata. Dibutuhkan jasa desainer grafis yang bisa menghasilkan visual grafis menarik dan terkesan nyata. Bidang profesi ini akan sangat cocok untuk lulusan desain grafis yang punya ketertarikan dengan game.

Itulah peluang atau prospek kerja desain grafis. Kuliah di jurusan ini adalah pilihan terbaik bagi  pelajar yang punya passion di bidang desain dan ingin mengembangkan kreativitasnya. Prospek kerjanya juga sangat menjanjikan apalagi di dunia yang teknologinya semakin berkembang seperti sekarang.