pertukaran pelajar ke korea

5 Universitas yang Mengadakan Program Pertukaran Pelajar ke Korea Selatan

Korea Selatan menjadi salah satu negara yang banyak dijadikan tujuan studi oleh pelajar asal Indonesia. Selain berkuliah, ada satu lagi pilihan yang bisa diambil jika ingin merasakan keseruan belajar di negeri ginseng. Pilihannya adalah ikut program pertukaran pelajar ke Korea Selatan. Berikut adalah 5 pilihan universitas yang menyediakan program pertukaran pelajar tersebut:

1. Korea University

Meskipun tercatat sebagai universitas swasta, namun Korea University juga jadi salah satu kampus terbaik di Korea. Nama Korea University masuk ke dalam jajaran universitas dengan reputasi terbaik. Tak heran jika banyak sekali pelajar di Korea Selatan maupun dari negara lain yang berminat untuk meneruskan pendidikan di universitas ini.

Korea University menawarkan program pertukaran pelajar setiap tahunnya. Ikut program pertukaran pelajar di universitas ini akan membuat pelajar dari berbagai negara merasakan betapa ketatnya persaingan di sana. Semua mahasiswa berusaha keras untuk menjadi yang terbaik di universitas. Atmosfer ini akan dirasakan pula oleh peserta pertukaran pelajar yang lain.

2. Ewha Womans University

Berikutnya ada Ewha Womans University yang juga tak kalah bergengsi di Korea Selatan. Dilihat dari namanya mungkin banyak yang mengira bahwa universitas ini khusus menerima mahasiswa perempuan. Itu dulu, sekarang universitas ini juga terbuka bagi laki-laki. Setiap tahunnya Ewha Womans University membuka peluang bagi pelajar internasional untuk mengikuti program pertukaran.

Program exchange yang diselenggarakan oleh universitas ini akan berlangsung selama  satu hingga dua semester. Biasanya program kuliah untuk pelajar pertukaran akan digelar dengan bahasa Inggris. Namun, ada juga peserta pertukaran pelajar yang mengambil kelas bahasa Korea sehingga bisa mengikuti perkuliahan dengan bahasa lokal sana.

3. Seoul National University

Nama universitas yang satu ini jelas tak asing lagi di kalangan pelajar internasional. Universitas ini sangat bergengsi dan sebagian besar pelajar di Korea Selatan akan membuat target untuk masuk kesana setelah lulus. Seoul National University membuka program pertukaran pelajar ke Korea Selatan setiap tahun. Program ini dilakukan khusus untuk mahasiswa dari universitas yang telah menjalin kerja sama.

Contoh universitas di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan Seoul National University adalah Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia. Mahasiswa dari universitas ini biasanya akan mengambil program pertukaran setelah masuk kuliah semester dua dan empat. Program exchange akan berlangsung dengan bahasa Inggris dan ada juga kelas bahasa Korea.

4. Hanyang University

Satu lagi universitas yang juga menjadi andalan bagi pelajar di Korea yaitu Hanyang University. Universitas ini populer dengan jurusan tekniknya. Bidang teknik di universitas ini bahkan disebut memiliki kualitas yang terbaik. Menariknya lagi universitas ini membuka peluang besar program pertukaran pelajar di setiap tahunnya.

Setiap tahun, Hanyang University menerima total 6000 pelajar pertukaran dari perguruan tinggi di berbagai negara. Indonesia menjadi salah satu negara yang punya kesempatan untuk mengirimkan mahasiswa pertukaran ke Hanyang University. Perkuliahan di program pertukaran juga dilakukan dengan berbagai bahasa termasuk bahasa Inggris.

5. Sungkyunkwan University

Lokasi universitas berikutnya yang mengadakan program pertukaran adalah Sungkyunkwan University. Universitas ini juga sama kerennya dengan universitas lainnya yang sudah disebutkan di sini. Terbuka peluang pertukaran pelajar setiap tahunnya dengan berbagai jenis jurusan. Perkuliahan untuk program exchange akan diselenggarakan dengan bahasa Inggris sehingga memudahkan para pelajar internasional.

Itulah tadi 5 pilihan universitas yang mengadakan program pertukaran pelajar ke Korea Selatan. Jika tertarik, kunjungi langsung website universitas dan penuhi semua persyaratannya. Ikut program exchange akan membuka pengalaman dan memberi banyak tambahan pengetahuan.