prospek kerja manajemen sumber daya manusia

Inilah Prospek Kerja Manajemen Sumber Daya Manusia! Sangat Menjanjikan

Barangkali, salah satu jurusan yang kian populer di institusi pendidikan dalam negeri ialah manajemen sumber daya manusia. Pasalnya jurusan ini memberikan kecakapan pada setiap mahasiswa untuk mempunyai skill yang relevan dengan kebutuhan mutakhir. Selain itu, juga karena prospek kerja manajemen sumber daya manusia yang tidak main-main, terutama pada berbagai bidang berikut ini:

1. Manajer

Pertama, seorang lulusan manajemen sumber daya manusia mudah dipercaya untuk menduduki posisi manajer khususnya bidang operasional pada perusahaan. Lantaran dinilai memiliki sejumlah kecakapan dalam pengaturan setiap komponen yang berkaitan dengan kelancaran kegiatan perusahaan tersebut. Kenyataan ini, memberikan gambaran nyata bahwa seorang lulusan jurusan ini mempunyai peluang masa depan yang menjanjikan.

2. Pendidik

Ini merupakan prospek kerja manajemen sumber daya manusia yang banyak dibutuhkan baik di sekolah maupun universitas. Bila menaruh keinginan dalam bidang ini, syarat utamanya tidak hanya memiliki ilmu di bidang manajemen SDM. Lebih dari itu, seorang harus cakap dalam skill komunikasi, utamanya untuk memperlancar kegiatan belajar mengajar yang nanti dilaksanakan.

3. Bidang Hubungan Ketenagakerjaan

Jenis profesi ini sangat diperlukan pada sebuah perusahaan besar yang mempunyai banyak tenaga kerja. Khususnya dalam hal-hal berkenaan dengan tanggung jawab pokoknya sebagai penghubung antara perusahaan dan para pekerja. Seperti berbagai negosiasi berkenaan dengan standar operasional pekerjaan, kritik dan saran atau keluhan, hingga berbagai urusan terkait penentuan gaji dan tunjangan.

4. HRD Personalia

Selanjutnya, peluang keempat yang tidak jarang memprioritaskan lulusan manajemen sumber daya manusia ialah HRD Personalia. Pada lingkup kerja perusahaan, profesi ini memiliki peran sentral dalam melakukan sejumlah seleksi pada calon karyawan. Sehingga, karena pentingnya peran seorang HRD, maka peluang pekerjaan masih terbuka lebar baik sekarang maupun masa yang akan datang.

5. Konsultan Imigrasi

Peluang kelima ini masih jarang dibicarakan oleh masyarakat di Indonesia, namun peran dan prospeknya besar. Terutama, berkaitan dengan tugasnya dalam melayani sejumlah konsultasi bagi warga negara yang berurusan dengan keimigrasian seperti menikah atau pindah negara. Selain itu, konsultan imigrasi juga berperan penting dalam menyelesaikan masalah yang menjerat klien terkait keimigrasian.

6. Asesor

Tugas seorang yang memiliki profesi asesor ialah melakukan kunjungan, pengamatan, dan penilaian pada sejumlah komponen di perusahaan. Ini sangat diperlukan guna meninjau dan memberi penilaian langsung atas realita sebenarnya yang terjadi di lapangan. Karenanya, bidang profesi ini bersifat urgent dan membuka peluang besar untuk lulusan manajemen SDM hingga masa mendatang.

7. Tenaga Administrasi

Seorang tenaga administrasi sangat diperlukan kehadirannya pada struktural sebuah perusahaan. Khususnya dalam bidang pengelolaan aset perusahaan pokok seperti peralatan, aneka perlengkapan, keuangan, maupun hal lain terkait tenaga kerja. Berdasarkan hal tersebut, maka menunjukan sebuah peluang bahwa selama ada perusahaan yang berkembang maka di sana tenaga administrasi ahli pasti diperlukan.

8. Trainer

Setelah seseorang berhasil diterima untuk bekerja pada sebuah perusahaan biasanya ada masa pengenalan dan penyesuaian yang dikenal training atau pelatihan. Kegiatan pokok dalam penyiapan pekerja agar menjalankan tugasnya secara optimal ini memerlukan tangan seorang lulusan manajemen sumber daya manusia. Utamanya dalam pengarahan dan pengenalan potensi pekerja secara tepat guna.

Terakhir, selain delapan prospek kerja manajemen sumber daya manusia yang disebutkan pada ulasan di atas tentu masih banyak peluang yang lain. Semisal dengan mendaftar seleksi untuk diterima menjadi pegawai negeri dalam bidang terkait. Maupun jenis usaha lain berkenaan dengan ilmu manajemen sdm yang dikuasai lulusan.