universitas nahdlatul ulama yogyakarta

Informasi Fakultas dan Jurusan di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Kuliah di perguruan tinggi yang memiliki basis agama Islam kini bisa menjadi pilihan yang kian diprioritaskan. Salah satunya bisa didapat di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta yang mempunyai fokus pengembangan instansi pendidikan dan Islam sekaligus. Karenanya, perguruan tinggi ini membuka berbagai macam fakultas dan jurusan yang sesuai dengan tuntutan zaman, seperti:

1. Dirasah Islamiah

Pilihan fakultas yang pertama di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta ini memiliki satu jurusan yakni Dirasah Islamiah. Apabila seorang calon mahasiswa memilih jurusan pendidikan ini, maka akan dihadapkan dengan studi mendalam terkait agama Islam. Mulai dari mengkaji sejarah, perkembangan, budaya, makna asli dan sebagainya yang menempatkan Islam pada objek utama pembelajaran.

2. Teknologi Informasi

Selanjutnya,  ada fakultas Informasi yang terdiri dari tiga jurusan yang dapat dipilih oleh setiap calon mahasiswa berdasarkan peminatannya. Ketiga jurusan tersebut memiliki fokus pembelajaran yang berbeda, terdiri dari teknik:

  • Informatika, yang menyiapkan para mahasiswa untuk menekuni bidang-bidang pekerjaan berkaitan dengan sistem komputerisasi di masa mendatang;
  • Jurusan teknik komputer yang lebih menekan mahasiswa untuk mempelajari hal-hal teknis berkaitan dengan mesin komputer seperti hardware dan sebagainya; dan
  • Elektro, yang sesuai bagi calon mahasiswa yang menaruh minat pada urusan-urusan terkait masalah kelistrikan yang banyak diperlukan pada berbagai bidang kehidupan.

3. Industri Halal

Pilihan fakultas ketiga menekankan peran Universitas NU Yogyakarta dalam menerapkan nilai-nilai Islami pada praktik kehidupan berbangsa dan bernegara. Khususnya berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan industri yang terjamin kehalalanya, terdiri dari tiga macam jurusan, antara lain:

  • Farmasi, yang sangat relevan bagi calon mahasiswa yang ingin berkarya pada bidang kefarmasian demi ketersediaan jaminan halal pada obat yang dipergunakan di masa depan;
  • Agribisnis, yang mendorong para mahasiswa untuk bergerak dalam kegiatan bisnis dengan fokus utama komoditas pertanian halal untuk mengikuti perkembangan peradaban; serta
  • Teknologi Hasil Pertanian, yang lebih memfokuskan pada peran serta mahasiswa dalam menyelesaikan berbagai permasalahan teknis di dunia pertanian, seperti alat, pengolahan hasil, dan semacamnya.

4. Fakultas Ekonomi

Keempat, Universitas NU Yogyakarta juga memberi wadah bagi para calon mahasiswa yang ingin berkembang di dunia ekonomi modern. Yaitu dengan membuka dua pilihan jurusan di fakultas ekonomi, yang terdiri dari:

  • Manajemen, yang memberi prospek masa depan bagi mahasiswa untuk bekerja di perusahaan besar dalam hal pengelolaan sumberdaya seperti menjadi manajer, HRD, dan sebagainya; dan
  • Akuntansi yang dikhususkan bagi para mahasiswa yang mempunyai bakat dalam hal-hal terkait pembukuan atau pelaporan keuangan pada kegiatan industri maupun perusahaan.

5. Pendidikan

Terakhir, namun juga tidak kalah menarik untuk dijadikan pilihan bagi para calon mahasiswa ialah Fakultas Pendidikan. Bila memiliki minat di fakultas ini, maka dapat memilih salah satu di antara dua pilihan jurusan, yakni:

  • Pendidikan Bahasa Inggris, yang ditujukan bagi calon mahasiswa yang berminat menjadi tenaga pendidik, penerjemah, tour guide, dan sebagainya yang berkaitan dengan skill bahasa Inggris; dan
  • Pendidikan Guru Sekolah Dasar, yang merupakan wadah bagi calon pendidik jenjang sekolah dasar guna menyiapkan generasi penerus bangsa di masa depan.

Nah, itulah tadi sejumlah informasi penting yang bisa dihadirkan mengenai pilihan fakultas dan jurusan yang ada di Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta. Bagaimana? Sudah punya incaran fakultas atau jurusan yang ingin dituju? Sebaiknya pikirkan semuanya matang-matang dan pertimbangkan potensi serta minat yang dimiliki agar lebih optimal dan berprospek di masa mendatang!