jurusan politeknik negeri padang

Inilah 7 Jurusan Politeknik Negeri Padang yang Paling Populer

Berbagai pilihan sekolah teknik yang ada seringkali membuat pelajar bimbang ketika memutuskan untuk melanjutkan studi. Pada jenjang Diploma, salah satu perguruan tinggi dalam negeri yang direkomendasikan yaitu Politeknik Negeri Padang. Pelajar dapat menentukan jurusan Politeknik Negeri Padang berdasarkan yang paling banyak diminati, seperti penjelasan berikut sebagai referensi sebelum mendaftar kuliah:

1. Teknik Sipil

Pada jurusan ini pelajar akan dibimbing agar dapat menguasai ilmu tentang pembangunan. Tidak hanya terbatas pada gedung, akan tetapi meliputi infrastruktur yang lain. Pengetahuan tentang bahan material juga perlu diperdalam, sehingga nantinya dapat memilih unsur bangunan yang berkualitas dan layak untuk digunakan dalam membangun.

Di samping itu, seorang yang ahli di bidang ini akan terbiasa dalam merencanakan pembangunan hingga pelaksanaannya. Bila memilih jurusan Teknik Sipil, pelajar akan memperoleh fasilitas labor material, labor, mekanika tanah, labor hidrolika, labor komputer. Pembelajaran secara praktikum dapat dilakukan di bengkel baja, bengkel plumbing, bengkel kayu, beton, dan lainnya.

2. Teknik Elektro

Segala jenis komponen listrik yang berguna dalam industri akan dipelajari lebih jauh ketika pelajar mendaftar pada jurusan Teknik Elektro. Jurusan ini tersedia untuk program D3 dengan akreditasi B. Pembelajaran akan lebih sering dilakukan secara praktek dengan memanfaatkan fasilitas labor elektronika daya, labor rancangan listrik, lab komputer, dan bengkel.

3. Teknik Mesin

Jurusan ini tersedia untuk program D3 dan memiliki akreditasi B. Teknik mesin dikhususkan bagi pelajar yang ingin memahami ilmu tentang permesinan diimbangi berbagai kemajuan teknologi saat ini. Adapun berbagai fasilitas disiapkan guna membantu kelancaran proses belajar, meliputi labor komputer, bengkel las, labor produksi, bengkel bubut, bengkel sheet Metal, dan fasilitas pendukung lainnya.

4. Akuntansi

Salah satu jurusan Politeknik Negeri Padang ini memang sangat populer dan banyak diminati. Sebab, bila melihat dari prospek kerjanya yang begitu luas dapat menjadi motivasi bagi pelajar untuk memilih studi Akuntansi. Seorang lulusan Akuntansi dapat berkarir di bidang keuangan dengan melamar pekerjaan baik di perusahaan maupun perbankan.

Di samping itu, lulusan Akuntansi juga memiliki peluang cukup besar bila ingin membangun usaha secara mandiri. Selain belajar secara tatap muka di kelas, pelajar juga akan melaksanakan beberapa praktikum yang dilakukan di laboratorium. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya labor praktek Akuntansi, labor anggaran, labor anggaran Bank Mini, dan seterusnya.

5. Teknik Telekomunikasi

Di zaman modern, komunikasi saat ini dapat berlangsung dengan cepat memanfaatkan jaringan. Pemahaman lebih dalam mengenai telekomunikasi dapat dipelajari pada jurusan ini. Seorang lulusan Teknik Telekomunikasi diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan perangkat komunikasi, termasuk pemeliharaan dan penanganan bila terjadi kerusakan.

6. Bahasa Inggris

Bukan hanya di bidang Teknik saja, tetapi kampus ini juga menyediakan jurusan Bahasa Inggris yang dapat dipilih. Mengingat keterampilan berbahasa sangatlah diperlukan dalam hidup bermasyarakat, terutama bahasa Internasional. Pada jurusan ini, pelajar akan banyak belajar secara tertulis maupun lisan. Untuk mendukung kegiatan belajar, tersedia fasilitas laboratorium bahasa yang dapat digunakan.

7. Administrasi Bisnis

Jurusan ini berfokus untuk membentuk lulusan yang ahli dalam bisnis perkantoran melalui program Diploma. Terutama untuk mencetak generasi penerus yang kompeten di bidang industri dan mampu bersaing di era modern. Sehingga lulusan Administrasi Bisnis dapat memulai karir dengan bergabung pada perusahaan atau industri tertentu.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai pilihan untuk jurusan Politeknik Negeri Padang sebagai bahan referensi. Di samping 7 macam jurusan tersebut, ada pula jurusan lain untuk program Diploma yang tersedia. Diantaranya Teknik Komputer, Teknik Alat Berat, Teknik Manufaktur, dan jurusan lain yang tercantum pada halaman resmi Politeknik Negeri Padang.