jurusan di itb dan akreditasinya

Intip 5 Jurusan di ITB dan Akreditasinya yang Paling Banyak Diminati_

Melanjutkan studi di sekolah bergengsi seperti ITB bisa jadi merupakan harapan sebagian besar pelajar. Prospek kerja dapat menjadi salah satu alasan memutuskan pilihan jurusan kuliah. Selain itu, calon mahasiswa juga dapat meninjau jurusan di ITB dan akreditasinya yang paling banyak peminat sebagai rekomendasi. Seperti 5 jurusan berikut yang patut dipertimbangkan:

1. Fakultas Seni Rupa dan Desain

Meski kuota yang tersedia pada tahun 2021 hanya 102 mahasiswa, akan tetapi jumlah pendaftar pada tahun 2020 mencapai 1.618 orang. Bila memilih jurusan di fakultas ini, mahasiswa akan banyak mempelajari ekspresi diri melalui berbagai karya seni. Selain itu, fakultas juga terbuka bagi mahasiswa yang ingin belajar lebih jauh mengenai desain.

Terdapat beberapa jurusan untuk program S1 yang dapat dipilih ketika mendaftar kuliah. Bila tertarik pada seni, pendaftar dapat memilih S1 Seni Rupa ataupun S1 Kriya. Sedangkan untuk bidang desain, jurusan yang tersedia S1 Desain Komunikasi Visual, S1 Desain Interior, dan S1 Desain Produk. Masing-masing jurusan telah terakreditasi A.

2. STEI

Bisa dikatakan STEI menjadi pilihan terfavorit bagi pendaftar kuliah. Kuota yang tersedia sebanyak 190 mahasiswa, tetapi jumlah pendaftar justru melampaui batas hingga mencapai 2.752 orang. Semua jurusan di ITB dan akreditasinya pada STEI memperoleh predikat A, diantaranya S1 Teknik Informatika, S1 Teknik Telekomunikasi, S1 Teknik Biomedis, S1 Teknik Elektro, dan seterusnya.

3. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan

Pada fakultas ini, mahasiswa akan memperdalam pengetahuan mengenai tambang dan minyak. Sehingga mata kuliah seperti Kalkulus, Fisika, dan Pengantar Teknologi harus dikuasai secara maksimal. Fakultas ini memiliki kuota yang cukup terbatas, hanya 77 mahasiswa saja. Akan tetapi, tercatat sekitar 418 orang mendaftar pada tahun 2020 lalu.

Pilihan jurusan yang tersedia pada fakultas ini antara lain S1 Teknik Metalurgi, S1 Teknik Geofisika, S1 Teknik Pertambangan, dan S1 Teknik Perminyakan. Masing-masing jurusan telah memperoleh akreditasi A. Bila memutuskan untuk memilih jurusan tersebut, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan analisis yang baik, berpikir rasional, dan mampu bekerja bersama tim.

4. FMIPA

Pelajar yang tertarik untuk mempelajari ilmu murni dapat memilih FMIPA ketika mendaftar. ITB menyediakan 142 kuota mahasiswa pada fakultas ini, sedangkan jumlah pendaftar pada tahun 2020 mencapai 1.237 orang. Semua jurusan yang terdapat pada FMIPA telah memperoleh akreditasi A, antara lain S1 Fisika, S1 Matematika, S1 Kimia, dan S1 Astronomi.

5. Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara

Pelajar perlu melakukan persiapan yang ekstra agar dapat lolos seleksi pada fakultas ini. Sebab kuota yang tersedia hanya 93 mahasiswa, sedangkan pendaftar pada tahun 2020 tercatat hingga mencapai 1.423 orang. Sehingga kemungkinan lolos seleksi dan diterima pada jurusan yang dipilih akan sangat besar bila pelajar melakukan persiapan secara maksimal.

Adapun jurusan yang paling banyak diminati pada fakultas ini terdiri dari beberapa program S1. Seperti jurusan Teknik Dirgantara, Teknik Mesin, dan Teknik Material yang masing-masing telah terakreditasi A. Ini menunjukkan bahwa semua jurusan di FTMD memperoleh peringkat terbaik pada institusi pendidikan. Sehingga wajar bila peminatnya pada SBMPTN tahun lalu sangat banyak.

Itulah daftar 5 jurusan di ITB dan akreditasinya yang paling banyak diminati oleh pendaftar. Pelajar dapat mempertimbangkan jurusan dari berbagai aspek agar dapat memilih program studi sesuai dengan kemampuan. Persiapkan diri sedini mungkin, sehingga dapat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi dan diterima pada jurusan ITB yang telah dicita-citakan.