sekolah tinggi pariwisata trisakti

Daftar 7 Program Studi Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Sebagai Referensi Kuliah

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menjadi peluang untuk mengembangkan potensi diri dalam berkarir di industri pariwisata. Didirikan sejak tahun 1969, STP Trisakti banyak mencetak lulusan yang kompeten. Berbagai jurusan program Diploma maupun Sarjana tersedia di perguruan tinggi swasta ini. Berikut 7 program studi sebagai referensi saat mendaftar kuliah di STP Trisakti:

1. S1 Pariwisata

Program studi ini telah memperoleh akreditasi A dan dapat ditempuh selama 7 semester. Fokus utamanya adalah mencetak lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan di bidang pariwisata. Adapun ketika memilih jurusan studi ini, mahasiswa dituntut agar memiliki keterampilan dalam memecahkan permasalahan, memiliki penalaran logis, serta profesionalitas dalam bekerja.

2. Pengelolaan Perhotelan

Program studi ini hadir untuk jenjang Diploma dengan masa studi 7 semester. Pengelolaan Perhotelan telah terakreditasi A, sehingga patut menjadi rekomendasi ketika mendaftar kuliah bidang pariwisata. Dengan mengikuti program studi ini, diharapkan lulusan dapat bersaing secara global khususnya pada industri perhotelan.

3. Usaha Perjalanan Wisata

Program Diploma lain yang dapat dipilih yaitu Usaha Perjalanan Wisata yang telah terakreditasi A. Program ini dapat ditempuh dengan masa studi 7 semester. Materi diberikan baik secara teori maupun praktek dengan total beban kumulatif 147 SKS. Mahasiswa akan dibina agar dapat memberikan pelayanan yang profesional bagi perjalanan wisata baik dalam negeri maupun luar negeri.

4. S3 Program Doktor Pariwisata

STP Trisakti membuka peluang bagi mahasiswa untuk melanjutkan studi S3 di bidang pariwisata. Program ini memiliki masa studi 6 semester dengan beban mata kuliah 42 SKS. Studi dapat diperpanjang bila mahasiswa belum mampu menyelesaikan mata kuliah sesuai tempo yang ditetapkan. Program Doktor didukung staf pengajar yang profesional di bidang pariwisata.

5. Magister Pariwisata

Untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti juga menawarkan program S2 Pariwisata. Jurusan memperoleh akreditasi B dan dapat ditempuh mahasiswa selama 4 semester. Mahasiswa yang terdaftar dapat memilih diantara dua peminatan yang paling dikuasai, yaitu Sustainable Tourism dan Gastronomy.

Selama menempuh pendidikan Magister, pembelajaran akan dilaksanakan dengan metode tatap muka dan daring. Sehingga akan memudahkan bagi mahasiswa yang sekaligus bekerja pada institusi tertentu. Adapun kurikulum yang berlaku pada STP Trisakti telah menyesuaikan dengan perkembangan IPTEK, sehingga relevan dengan tuntutan zaman.

6. Program Internasional

Ini merupakan program khusus yang akan ditemukan di STP Trisakti, Program Internasional telah terakreditasi A. Mahasiswa dapat menempuh pendidikan selama 8 semester dengan rincian 5 semester untuk kuliah tatap muka dan 3 semester lainnya untuk praktek di industri pariwisata. Program ini dijalankan berkolaborasi dengan sekolah perhotelan di berbagai negara.

7. Kelas Lanjut Jenjang

Menempuh pendidikan tidak terbatas untuk siapa pun, bahkan studi juga dapat dilakukan meski terikat pekerjaan. Baik seseorang yang telah memiliki usaha mandiri atau pun bergabung pada industri tertentu. Untuk itu, STP Trisakti menyediakan kelas lanjut jenjang yang jadwal kuliahnya bersifat fleksibel. Sehingga tidak akan memberatkan bagi mahasiswa yang telah bekerja.

Untuk program kelas lanjut jenjang, mahasiswa dapat memilih tingkatan program studi yang diinginkan. Mulai dari program Diploma hingga Sarjana untuk bidang pariwisata. Sehingga masa studi yang akan ditempuh juga beragam, umumnya berkisar antara 2 sampai 4 semester. Program kelas lanjut jenjang telah memperoleh akreditasi dengan predikat A.

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai program studi pada Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sebagai referensi ketika mendaftar kuliah. Bila tertarik pada jurusan yang ditawarkan, pelajar dapat meninjau keterangan lebih lanjut pada website resmi STP Trisakti. Informasi yang akan diperoleh meliputi deskripsi program studi, masa kuliah, dosen, hingga jadwal perkuliahan yang akan diselenggarakan.