Cara Daftar Beasiswa Kaltim Tuntas

5 Cara Daftar Beasiswa Kaltim Tuntas Untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi

Biaya pendidikan umumnya menjadi kendala yang seringkali dialami bagi mahasiswa aktif selama melanjutkan perguruan tinggi. Akan tetapi, adanya beasiswa seperti Kaltim Tuntas sangat membantu meringankan pengeluaran untuk dana pendidikan. Bila tertarik, pelajar dapat memahami cara daftar beasiswa Kaltim Tuntas yang diselenggarakan tiap tahun.

Mahasiswa harus melengkapi beberapa persyaratan yang telah ditetapkan. Diantaranya memiliki IPK minimal 3 dan sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi atau program studi dengan akreditasi minimal B. Tentunya program ini hanya berlaku bagi mahasiswa asal Kaltim yang berkuliah di dalam negeri. Berikut tata cara pendaftaran yang dapat dilakukan oleh mahasiswa:

1. Kunjungi Situs Resmi Kaltim Tuntas

Cara daftar beasiswa Kaltim Tuntas sangatlah praktis, sebab pendaftaran dilakukan secara online. Termasuk dalam mengisi formulir dan melengkapi berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Mahasiswa dapat mengunjungi situs resmi Kaltim Tuntas, kemudian memilih menu Tuntas Mahasiswa yang terletak pada bagian bawah.

2. Membuat Akun Pendaftar

Situs akan mengarahkan pengguna untuk mengisi formulir guna membuat akun baru, ini bertujuan untuk mendapatkan pengumuman mengenai beasiswa. Isilah nama sesuai KTP, NIK, NIM, serta perguruan tinggi yang sedang ditempuh. Mahasiswa juga harus menuliskan besar UKT per semester pada kolom yang tersedia. Pastikan mengisi seluruh data dengan sebenar-benarnya.

Isilah nomor WhatsApp yang dapat dihubungi guna memperoleh informasi mengenai pendaftaran beasiswa. Buatlah password yang mudah untuk diingat. Lakukan konfirmasi password sesuai dengan kata sandi yang diisi sebelumnya. Selanjutnya isilah kode Captcha sesuai dengan gambar yang tertera. Akhiri dengan menyetujui seluruh persyaratan dan klik ‘Selanjutnya’ untuk melanjutkan tahap pendaftaran beasiswa.

3. Lengkapi Data Pendaftaran Beasiswa

Pada tahapan selanjutnya, mahasiswa akan diberikan formulir dengan pertanyaan yang lebih detail. Pertanyaan yang muncul seperti alamat, nama ibu, pekerjaan, e-mail, hingga rekening bank yang dimiliki. Perlu diperhatikan bila nama rekening harus sesuai dengan nama pendaftar. Sehingga mahasiswa tidak dapat menggunakan rekening bank milik orang lain. Setelah selesai, akhiri dengan klik kirim.

4. Upload Berkas yang Diperlukan Untuk Mendaftar Beasiswa

Pendaftar juga perlu mengunggah beberapa berkas sebagai persyaratan mendaftar beasiswa. Pastikan mengunggah berkas berupa scan asli dan dapat dibaca dengan jelas. Adapun data-data yang dibutuhkan seperti pas foto 4×6, surat keterangan tidak sedang menempuh beasiswa lain, surat keterangan bersedia mengikuti pendidikan hingga selesai, kartu keluarga, dan data-data lainnya.

Lampirkan surat-surat dalam format PDF dengan ukuran berkas yang diunggah tidak melebihi dari 1 MB. Gunakan format JPG atau PNG untuk berkas gambar dengan ukuran maksimal 800 Kb. Bila data terlalu besar, pendaftar bisa melakukan kompresi data agar dapat mengupload sesuai ketentuan. Selanjutnya pihak penyelenggara akan melakukan verifikasi pada data yang telah diunggah.

5. Login ke Akun Untuk Melihat Pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran Beasiswa

Pihak penyelenggara beasiswa Kaltim Tuntas akan menetapkan tanggal pengumuman penerima beasiswa. Bila telah masuk pada waktu yang ditentukan, silahkan login pada akun masing-masing untuk memastikan lolos atau tidaknya menjadi penerima beasiswa. Pastikan memasukkan nomor WhatsApp dan kata sandi yang sesuai pada saat pendaftaran.

Demikianlah penjelasan mengenai tata cara daftar beasiswa Kaltim Tuntas bagi mahasiswa yang aktif menempuh pendidikan. Besarnya beasiswa yang akan diperoleh tentu berbeda, tergantung dari biaya pendidikan yang diterapkan di perguruan tinggi. Tidak ada batasan kuota bagi pelamar, namun hanya mahasiswa yang lolos kualifikasi yang akan menerima beasiswa ini.