universitas jurusan farmasi di jogja

Intip Daftar Universitas Jurusan Farmasi di Jogja Terbaik Jenjang S1

Kota Yogyakarta memang terkenal dengan sejumlah perguruan negeri dan swasta berpredikat baik. Universitas jurusan Farmasi di Jogja bahkan tidak sedikit menjadi favorit calon mahasiswa. Kampus tersebut tentunya didukung oleh beragam fasilitas penunjang serta biaya hidup yang termasuk terjangkau.

Perkuliahan di jurusan Farmasi memang berkutat dengan berbagai macam obat-obatan sesuai kelayakan dan kualitas terstandar. Mahasiswa akan belajar tentang obat secara mendalam untuk memastikan supaya tetap aman dikonsumsi atau digunakan. Selain itu, profesi dibidang ini juga cukup menjanjikan.

Tertarik mengambil program studi tersebut? Berikut ini pembahasan lengkap tentang prospek kerja dan universitas jurusan Farmasi di Jogja yang patut disimak calon mahasiswa:

Mengenal Jurusan Farmasi dan Prospek Kerjanya

Farmasi merupakan program studi memahami tentang kimia serta kesehatan. Mahasiswa akan diajarkan mengenai teknik meracik, menganalisis dan mengidentifikasi berbagai obat yang berkualitas. Prodi ini menjadi bisa menjadi alternatif bagi yang menginginkan prospek kerja di bidang kesehatan.

Selain belajar mata kuliah umum, mahasiswa juga diberikan peminatan seperti Farmasi bidang Industri, Sains dan Teknologi, Bahan Organik, hingga Klinik dan Komunitas. Tentunya, setiap kampus memiliki peminatan yang berbeda-beda.

Umumnya, lulusan Farmasi memiliki prospek kerja sebagai apoteker dengan syarat mengikuti program khusus profesi selama kurang lebih setahun. Program tersebut bisa dipilih sesuai minat misalnya apoteker untuk rumah sakit, bidang industri maupun produksi serta pengawasan mutu. Peluang karir profesi ini cukup luas, lulusan dapat berkarir langsung di perusahaan farmasi, BPOM, serta Departemen Kesehatan.

Rekomendasi Universitas Jurusan Farmasi di Jogja

Farmasi termasuk prodi mempunyai peminat tinggi dikalangan mahasiswa baru saat ini. Di Indonesia sendiri telah banyak perguruan tinggi negeri dan swasta terakreditasi bagus dari BAN, termasuk di daerah Yogyakarta. Inilah daftar rekomendasi universitas jurusan Farmasi di Jogja terpilih:

1. Universitas Gadjah Mada

Gadjah Mada menjadi universitas tertua serta di Indonesia berada di kota Jogja. Kampus tersebut memiliki banyak fakultas, pendidikan vokasi serta post-graduate. Badan akreditasi juga memberikan predikat A, baik pada institusi maupun program studinya.

UGM memiliki beragam pilihan prodi favorit seperti Akuntansi, Manajemen, Teknik, Pendidikan Dokter, sebagainya. Farmasi terbilang prodi cukup diminati serta mendapat peringkat A.

2. Universitas Ahmad Dahlan

UAD adalah kampus milik swasta berada di daerah Yogyakarta. Jurusan Farmasi di PTN tersebut cukup bagus serta memperoleh predikat A oleh pemerintah. Mahasiswa pun dapat melanjutkan mengambil pendidikan profesi apabila berencana bekerja sebagai apoteker profesional.

3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Terletak di Bantul, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan PT swasta terbaik berdiri sejak 1981. Universitas tersebut memiliki pendidikan post-graduate, Politeknik, dan sejumlah fakultas.

Universitas jurusan Farmasi di Jogja tersebut telah diberi akreditasi B dari lembaga BAN-PT. Prodi lainnya pun hampir semua terakreditasi baik. Universitas tersebut juga memiliki prodi populer mahasiswa yaitu Kedokteran.

4. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma ini terdiri dari sekitar tujuh fakultas serta S2 pascasarjana seperti FKIP, Sains dan Teknologi, Sastra, Teologi serta lainnya. Prodi paling dikenal  di kampus USD yaitu Akuntansi, Psikologi, serta Farmasi. Bahkan prodi Farmasi tersebut telah mendapat peringkat A oleh BAN Perguruan Tinggi.

5. Universitas Islam Indonesia

Berdiri sejak tahun 1945, UII mempunyai international program serta delapan faculty yakni Hukum, Ekonomi, Kedokteran, Agama Islam, dan sebagainya. Farmasi menjadi prodi cukup diminati serta mendapatkan predikat B. Meski begitu, universitas ini telah terakreditasi A pada sejumlah program studinya.

Itulah pembahasan mengenai universitas jurusan Farmasi di Jogja serta prospek kerjanya. Universitas pilihan ini menjadi rekomendasi bagi yang berencana kuliah di fakultas Farmasi. Program studi tersebut menjanjikan peluang karir di bidang kesehatan sebagai apoteker maupun di perusahaan kesehatan.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://kangbor my id/2532/intip-daftar-universitas-jurusan-farmasi-di-jogja-terbaik-jenjang-s1 htmlberapa sekolah kuliah jurusan farmasi didaerah yogyakarta yg negeri untuk s1