Ketahui Prospek Kerja Pendidikan Akuntansi dan Informasi Lainnya

Program studi dan prospek kerja Pendidikan Akuntansi yang cukup baik seringkali membuat banyak orang mempertimbangkan untuk mempelajarinya di perguruan tinggi. Pasalnya, ilmu dan informasi yang akan didapatkan bisa berguna di masyarakat, serta berkaitan dengan semua transaksi yang ada di sebuah perusahaan.

Dengan begitu, maka peminatnya pun semakin menumpuk dan menimbulkan persaingan cukup ketat antar calon mahasiswa. Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai program studi satu ini dan prospek kerjanya, maka simak ulasannya di bawah ini.

Mengenal Apa itu Pendidikan Akuntansi

Pendidikan Akuntansi merupakan program studi yang memungkinkan mahasiswa untuk mempelajari segala ilmu mengenai proses mencatat, merangkum hingga menyajikan informasi finansial yang ada. Tujuannya yaitu agar mudah dimengerti oleh pihak internal maupun eksternal. Bahkan, mahasiswa dibekali pula dengan berbagai pengetahuan tentang bisnis, ekonomi dan teknologi informasi sebagai pelengkap.

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari ilmu yang telah terintegrasi dengan kurikulum berdasarkan visi misi fakultas maupun Universitas. Sehingga nantinya lulusan pun akan memiliki kualitas dan soft skill yang mumpuni, serta berpeluang mengembangkan karirnya dengan baik.

Prospek Kerja Pendidikan Akuntansi

Setelah mengetahui apa itu Prodi Akuntansi dan apa yang dipelajarinya, berikutnya adalah mengenai apa saja prospek kerja yang bisa dilakukan. Berikut inilah beberapa pekerjaan maupun profesi untuk lulusan prodi satu ini, yaitu sebagai berikut:

1. Dosen/ Guru Akuntansi

Prospek kerja pendidikan Akuntansi yang pertama adalah menjadi seorang pengajar maupun dosen. Pada umumnya, lulusan prodi satu ini harus mendapatkan gelar magister terlebih dahulu sebelum menjadi dosen atau mengajar di sekolah-sekolah negeri sebagai seorang guru. Salah satunya adalah dengan bekerja sebagai guru di sekolah menengah kejuruan yang menyediakan mata pelajaran akuntansi.

2. Kantor Akuntan Publik

Tidak menjadi guru maupun dosen akuntansi saja, namun lulusan prodi ini bisa pula bekerja di kantor akuntan publik. Biasanya, posisi yang dibutuhkan adalah sebagai Analis Sistem, Akuntan Publik, dan lain sebagainya. Apalagi jika telah memiliki wawasan maupun pengalaman yang cukup banyak, maka bisa mendapatkan posisi pekerjaan yang lebih baik di kantor.

3. Akuntan Perusahaan Swasta

Pada setiap perusahaan pasti membutuhkan seorang akuntan untuk mengelola dan mengurus keuangan yang ada. Sehingga lulusan prodi pendidikan akuntansi juga berpeluang cukup bagus untuk mengisi posisi satu ini. Bahkan kabar baiknya, peluang yang dimilikinya sangat luas dan menggiurkan loh.

4. Pegawai Negeri Sipil

Dalam setiap pembukaan lowongan CPNS, tentunya prodi satu ini memiliki ketersediaan kuota yang cukup besar. Hal ini dikarenakan tiap instansi pemerintah membutuhkannya untuk menangani keuangan dan hal yang berkaitan. Beberapa instansi yang membutuhkannya yaitu seperti Kementerian Keuangan dan juga Dirjen Perpajakan.

5. Auditor

Disamping itu, lulusan pendidikan akuntansi juga bisa menjadi seorang auditor yang tentunya dibutuhkan di berbagai perusahaan. Seorang auditor bertugas untuk melakukan pengawasan terhadap keuangan dan memastikannya agar akurat sesuai data. Bahkan bisa dibilang posisi satu cukup penting dan berperan banyak dalam kestabilan keuangan sebuah perusahaan.

6. Wirausaha

Apabila tidak ingin bekerja secara terikat, maka prospek kerja pendidikan akuntansi berikutnya adalah dengan menjadi seorang wirausaha. Beberapa diantaranya adalah menjadi seorang akuntan untuk bidang usaha yang dibuka secara mandiri, yaitu seperti restoran, toko dan lain sebagainya. Dengan begitu, keuangan bisnis yang dijalankan pun bisa tertata rapi sesuai yang diinginkan.

Nah demikian informasi singkat mengenai prospek kerja pendidikan Akuntansi dan hal lainnya yang perlu diketahui. Tentunya pastikan mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memilih program studi satu ini agar tidak menyesal nantinya. Namun dengan banyaknya kesempatan kerja yang bisa didapatkan, maka tidak ada salahnya untuk memilih dan mendapatkan berbagai keuntungan mempelajarinya.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://www kangbor my id/2535/ketahui-prospek-kerja-pendidikan-akuntansi-dan-informasi-lainnya html