prospek kerja teknologi industri pertanian

8 Prospek Kerja Teknologi Industri Pertanian yang Wajib Diketahui

Ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi? Sebaiknya jangan lupa untuk melirik jurusan penting yang lulusannya selalu dibutuhkan, bernama Teknologi Industri Pertanian. Tidak lain karena prospek kerja Teknologi Industri pertanian terbilang sangat menjanjikan dan beraneka ragam. Laiknya, beberapa bidang profesi yang dapat dijalani oleh para lulusan di bawah ini:

1. Pegawai Pemerintahan

Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat penting dalam kelangsungan hidup bangsa Indonesia sehingga harus dikembangkan dari masa ke masa. Hal itu membuat pemerintah perlu akan sumber daya manusia unggulan yang menjadi ahli pertanian di pemerintahan. Karenanya, prospek pekerjaan di lingkungan pemerintahan sangat besar, bahkan hingga tahun-tahun yang akan datang.

2. Pebisnis Hasil Pertanian

Salah satu tren penting dalam dunia pendidikan saat ini adalah menyiapkan lulusannya untuk berwirausaha mandiri. Melihat hal ini, seorang lulusan Teknologi Industri pertanian memiliki peluang untuk mengembangkan bisnis pribadi yang mengolah komoditas pertanian. Tentunya, selain sebagai pencaharian, ini akan bermanfaat bagi terserapnya hasil pertanian dari petani di berbagai daerah sekitar.

3. Petani dan Pekebun Mandiri

Berikutnya, prospek kerja Teknologi Industri Pertanian yang paling penting ialah menjadi petani dan pekebun andal di masa depan. Pasalnya, secara teoritis tentu para lulusan ini memiliki kecakapan-kecakapan untuk menerapkan ilmu pertanian dan perkebunan yang dipelajarinya. Sehingga, diharapkan dari teknik pengolahan lahan, penanaman, hingga pengolahan hasil pertanian yang dilakukannya bisa menjadi rujukan.

4. Industri Pengolahan Pangan

Keempat, bekerja di industri yang bergerak di bidang pengolahan pangan juga mungkin dilakukan oleh lulusan jurusan ini. Ini karena, industri pengolahan pangan membutuhkan tenaga ahli yang paham betul seluk beluk ilmu pengolahannya. Khususnya pada hal teknis terkait standarisasi pemilihan bahan baku dari produk pertanian atau perkebunan yang akan digunakan.

5. Surveyor

Ketahanan pangan, merupakan hal penting yang menjadi pusat perhatian pemerintah selama ini. Untuk menjaga kestabilan hal tersebut, biasanya pemerintah perlu tenaga ahli untuk melakukan berbagai tindakan survey di lapangan seperti survey produksi atau penggunaan lahan. Sontak, membuat lulusan Teknik Industri Pertanian pantas diprioritaskan sebagai pengisi lowongan karena memiliki studi relevan.

6. Pendidik

Seorang lulusan sarjana Teknologi Industri Pertanian juga memiliki kesempatan kerja untuk menjadi tenaga pendidik di lingkungan sekolah. Biasanya, guru ini dibutuhkan pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan yang  sekolahnya memiliki jurusan Pertanian. Lain daripada itu, apabila seorang sarjana meneruskan studinya ke jenjang pascasarjana, kesempatan untuk menjadi dosen universitas pun kian terbuka.

7. Lembaga Penelitian Pertanian

Kehadiran peneliti amdal dalam bidang pertanian juga sangat diperlukan guna mengembangkan kualitas hasil maupun menangani masalah pertanian yang ada. Menariknya, hal ini tidak hanya diperlukan oleh lembaga-lembaga akademis milik pemerintah saja. Tapi juga sangat dibutuhkan oleh perusahaan swasta yang bergerak di bidang pertanian, sehingga peluang untuk memperoleh pencaharian terbuka lebar.

8. Konsultan Teknik Pertanian

Terakhir, namun tidak kalah menarik ialah peluang sebagai konsultan teknik pada perusahaan pertanian yang berskala besar. Bisa dikatakan, peluang ini akan selalu tersedia selama industri sektor pertanian masih dikembangkan. Utamanya, karena konsultan teknik di bidang seperti mesin pengolah hasil pertanian, rancang bangun pengembangan, dan lainnya memiliki peran vital bagi perusahaan.

Selain prospek kerja Teknologi Industri Pertanian yang disebutkan pada ulasan di atas, sebenarnya masih terbuka lebar untuk jenis lainnya. Baik yang berkaitan dengan instansi pemerintahan maupun peluang wirausaha yang dijalankan secara mandiri. Mengingat, pertanian adalah bidang utama penyokong kehidupan manusia yang tidak akan pernah ditinggalkan.