prospek kerja psikologi islam

Inilah Sejumlah Prospek Kerja Psikologi Islam yang Menjanjikan!

Memilih jurusan Psikologi Islami saat menempuh jenjang pendidikan di perguruan tinggi kini semakin mendapat perhatian oleh calon mahasiswa. Pasalnya, ada banyak prospek kerja Psikologi Islami yang menjanjikan kemudahan di masa depan bagi lulusan yang tekun dan terampil. Yakni pada berbagai bidang profesi relevan dengan studi keilmuan yang telah ditempuh, laiknya:

1. Tenaga Konselor

Perusahaan besar biasanya menyediakan tenaga konselor yang mempunyai tugas memfasilitasi setiap karyawan dalam hal konseling. Seperti diketahui, setiap dunia kerja memiliki tekanan dan tuntutan yang berat sehingga tidak jarang membuat karyawan memerlukan layanan ini untuk memecahkan masalahnya. Berdasarkan hal tersebutlah, maka tercipta prospek kerja Psikologi Islami menjanjikan sebagai konselor perusahaan.

2. Psikolog

Seorang lulusan jurusan Psikologi Islam juga mempunyai peluang untuk menjalani profesi linier dengan studinya, yakni seorang psikolog. Tentunya, ini akan menjanjikan sebuah gambaran masa depan yang cerah. Apalagi jika melihat fakta di lapangan, ada banyak sekali pihak baik rumah sakit swasta maupun milik pemerintah yang memerlukan kehadiran seorang ahli psikologi.

3. Terapis Anak

Indonesia sebagai negara besar memiliki permasalahan yang kompleks, salah satunya adalah penyediaan fasilitas pendidikan layak bagi anak berkebutuhan khusus. Mahasiswa yang telah lulus dari studi Psikologi Islami dapat mengambil peran penting pada misi mulia ini. Yaitu untuk menjamin kebutuhan anak berkebutuhan khusus agar pertumbuhkembanganya berjalan selancar mungkin.

4. HRD di Perusahaan

Lulusan Psikologi Islam juga dikenal cakap dalam hal mengidentifikasi karakter orang lain berdasarkan ilmu yang telah dipelajarinya. Kecakapan dalam bidang ini diperlukan oleh banyak perusahaan besar untuk menyeleksi ribuan calon karyawan yang melamar setiap tahunnya. Karena itulah, biasanya lulusan Psikologi Islam ini lebih diprioritaskan untuk diterima kerja sebagai posisi HRD.

5. Pendidik di Sekolah

Orang yang telah menyelesaikan studinya dalam bidang Psikologi Islami juga mungkin untuk terjun ke dunia pendidikan di sekolah. Utamanya dalam memberikan materi pembelajaran pada program-program studi penting laiknya:

  • Pendidikan Agama Islam atau yang lebih spesifik seperti Akidah Akhlak, Quran Hadist, Bahasa Arab, dan sebagainya;
  • Bimbingan dan Konseling; serta
  • Program studi lain yang relevan dengan keahlian lulusan laiknya muatan lokal Budi Pekerti.

6. Motivator

Profesi sebagai motivator belakangan menjadi salah satu trend yang kian diperhitungkan keberadaanya oleh banyak orang. Setiap lulusan Psikologi Islam yang memiliki skill komunikasi yang baik bisa mengambil bagian dalam peluang ini. Yakni dengan mengadakan berbagai macam acara seminar motivasi langsung, maupun melalui media cetak laiknya penulisan dan penerbitan buku-buku motivasi.

7. Staff Research and Development

Selanjutnya, lulusan Psikologi Islami juga mempunyai peluang untuk menempati divisi Research and Development yang ada pada perusahaan. Secara sederhana, dapat dipahami bahwa divisi ini merupakan bagian penting  yang berperan dalam penelitian internal demi kemajuan sebuah perusahaan. Utamanya dalam menganalisis komponen vital berupa produk, tanggapan konsumen, maupun masalah teknis ketenagakerjaan.

8. Peneliti

Terakhir, sebagai wujud pengembangan diri dan penerapan ilmu yang telah dimiliki, seorang lulusan juga bisa berperan sebagai peneliti. Bidang profesi ini tidak hanya menguntungkan dari segi pendapatan namun juga berguna dalam kehidupan. Terlebih jika dilihat dari sudut penyelesaian berbagai masalah urgent yang berkaitan dengan bidang Psikologi dan juga Islam.

Tentunya, selain delapan jenis prospek kerja Psikologi Islami yang diuraikan pada ulasan di atas, masih ada prospek lainnya. Utamanya berkaitan dengan bidang-bidang yang relevan dengan hal-hal berbau psikologis. Baik yang berada di ranah swasta maupun yang bernaung di bawah instansi milik pemerintahan.