syarat masuk jurusan perhotelan

Syarat Masuk Jurusan Perhotelan dan Lama Pendidikannya

Perhotelan bisa dikatakan sebagai salah satu jurusan favorit yang sekarang mulai banyak peminatnya di Indonesia. Peminatnya ini hadir dari berbagai kalangan tidak hanya dari lulusan pariwisata SMK aja. Jadi tidak heran jika kemudian banyak yang mencari tahu apa saja syarat masuk jurusan perhotelan. Tujuannya agar kemungkinan untuk diterima menjadi lebih besar.

Syarat Masuk Jurusan Perhotelan

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau sekarang ini sedang banyak yang mencari syarat masuk jurusan perhotelan. Sebenarnya syarat untuk masuk jurusan ini hampir sama dengan beberapa jurusan lainnya, yakni ada syarat nilai, syarat kriteria fisik, dsb. Untuk mengetahui apa saja syaratnya, di sini akan dibagi secara tiga garis besar.

1. Syarat Fisik

Pertama adalah syarat fisik, dan biasanya syarat ini berbeda-beda tergantung dengan pihak penyelenggara pendidikan. Namun jika dipukul rata, maka untuk tinggi badan wanita minimalnya adalah 155cm dan untuk tinggi badan laki-laki minimalnya adalah 160cm. Untuk berat badannya sendiri memiliki berat badan yang proporsional sesuai kalkulator BMI.

Lalu pada bagian tubuh tidak terdapat tato, ataupun bekas tindikan. Pada bekas tindikan ini kalau untuk perempuan, maka diperbolehkan. Hanya saja bagian yang diperbolehkan hanya bagian telinga saja, dan sisanya tidak. Selanjutnya adalah umur yang mendaftar ini rata-rata dimulai dari 17 tahun – 25 tahun (tergantung penyelenggara).

2. Kesehatan

Sehat secara jasmani maupun rohani menjadi hal yang wajib untuk bisa masuk ke dalam jurusan ini. Tidak mempunyai penyakit dalam yang berbahaya juga menjadi syarat lainnya. Selain itu bebas narkoba, tidak memiliki riwayat penyakit HIV, hepatitis, liver, dsb. Lalu memiliki kesehatan mata yang baik yakni tidak buta warna total.

Untuk pemakaian kacamata pada peserta yang ingin mendaftar, sampai saat ini masih menjadi pertimbangan. Karena memang pada beberapa kampus ada yang mengijinkan, namun sebagian ada yang tidak. Jadi ini disesuaikan dengan pihak yang menyelenggarakan pendidikan.

3. Nilai

Untuk nilai sendiri biasanya tidak ada batas nilai secara spesifik. Namun mungkin untuk pelajaran bahasa asing saat di sekolah seperti Bahasa Inggris rata-rata paling minimalnya adalah 7,5. Lalu rata-rata untuk nilai mata pelajaran dasar seperti Bahasa Indonesia, dan matematika minimal rata-ratanya adalah 7,0.

Hal ini nantinya akan dibuktikan dengan membawa raport, dan juga ijazah sebagai bukti sudah lulus. Bagi yang memiliki sertifikat kejuaraan dalam bidang apapun, biasanya bisa dimasukkan sebagai nilai tambahan. Hanya saja perhatikan jenjang kejuaraan yang dimiliki, dan sesuaikan dengan syarat dari pihak penyelenggara.

4. Kelengkapan Dokumen

Terakhir syarat yang harus dilengkapi adalah kelengkapan dokumen yang dimiliki. Dokumen pertama yang harus dilengkapi adalah fotokopi kartu identitas (KTP), dan juga KK (kartu keluarga). Lalu selanjutnya ada juga dokumen seperti raport, serta ijazah pendidikan terakhir (Ijazah SMA), dan juga SKL (surat keterangan lulus).

Untuk dokumen pelengkap lainnya mungkin dibutuhkan, dan akan ditanyakan oleh pihak kampus. Namun biasanya itu sesuai dengan kebijakan masing-masing. Jadi dokumen utama yang benar-benar dibutuhkan biasanya adalah beberapa dokumen di atas yang sudah disebutkan sebelumnya.

Berapa Lama Pendidikan Perhotelan di Indonesia

Pendidikan perhotelan di Indonesia ini sangat beragam waktu pendidikannya. Namun untuk kampus, biasanya 3 sampai 5 tahun. Tergantung mengambil diploma atau strata 1. Tapi ada juga pendidikan yang dilakukan setelah seseorang mendapat sarjana bukan perhotelan lalu mengambil pendidikan perhotelan. Biasanya untuk kasus ini memakan waktu selama 1 tahun saja.

Jadi bagi yang ingin mengambil jurusan perhotelan untuk kuliah nanti harus menyiapkan semua syaratnya dari sekarang. Jangan abaikan juga kesehatan fisik karena itu merupakan hal yang paling penting.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://kangbor my id/2553/syarat-masuk-jurusan-perhotelan-dan-lama-pendidikannya html