prospek kerja teknik informatika dan gaji

Prospek Kerja Teknik Informatika dan Gaji yang Sangat Lumayan

Teknik informatika merupakan salah satu jurusan yang banyak digemari oleh siswa SMA lulusan IPA. Hal ini dikarenakan prospek kerja teknik informatika dan gaji yang akan dimiliki nanti sangatlah lumayan. Apalagi dunia sekarang ini sudah serba kemajuan teknologi, jadi tentu saja lulusan teknik informatika sangat dibutuhkan kehadirannya.

1. Blogger

Dimulai dari yang paling mudah namun juga tidak kalah menguntungkan yakni menjadi blogger. Memang membuat blog itu bukanlah hal yang sulit, namun untuk memastikan blognya ini bisa berkembang butuh kemampuan dan kesabaran ekstra. Profesi ini seringkali tidak dilirik, padahal gaji atau penghasilan yang bisa didapatkan oleh blogger bisa mencapai ratusan juta per tahunnya.

2. Web Desainer

Selain menjadi blogger, bisa juga mengembangkan sayap dengan membuat website dan mengembangkannya. Bisa dibilang ini merupakan profesi incaran banyak lulusan dari jurusan teknik informatika. Penghasilan yang didapatkan tidak main-main bisa mencapai Rp 300juta per tahun kalau di Indonesia.

3. Desainer Grafis

Seperti yang dikatakan sebelumnya kalau prospek kerja teknik informatika dan gaji yang bisa didapatkan itu sangat lumayan. Seperti profesi satu ini bagi mahasiswanya yang menyukai dunia gambar. Karena penghasilan yang didapatkan bisa mencapai Rp 100juta. Belum lagi sekarang ini kehadiran seorang desainer grafis sangatlah dibutuhkan.

4. SEO Specialist

Fungsi dari SEO adalah agar web yang dimiliki seseorang bisa tampil di mesin pencari pada halaman utamanya. Sebenarnya untuk mengembangkan SEO ini bukanlah hal yang sulit, namun bukan juga hal yang mudah. Karena itu seorang SEO specialist dibutuhkan untuk memastikan SEO nya berjalan dengan baik. Tentunya penghasilan yang didapatkan sangat lumayan.

5. Dosen IT

Kalau ingin terjun dalam dunia pendidikan, namun masih seputar dunia teknologi informatika maka menjadi dosen merupakan pilihan terbaik. Hanya saja untuk bisa menjalani profesi ini tentunya seseorang harus melanjutkan kuliahnya kembali ke strata 2. Tapi tetap saja, profesi ini sangat layak untuk dicoba.

6. Pengusaha

Selanjutnya adalah menjadi pengusaha. Tentunya di era digital ini usaha yang berlandaskan teknologi akan sangat dicari. Jadi kalau menjadi pengusaha yang sudah mengerti teknologi informatika tentunya akan semakin berkembang dengan lebih cepat dan lebih mudah.

7. Konsultan IT

Apabila yang sebelumnya menjadi konsultan SEO atau SEO specialist, maka kali ini menjadi konsultan IT. Perlu diketahui kalau konsultan seperti ini sangat dibutuhkan di dunia usaha. Banyak perusahaan besar yang membutuhkan konsultan IT dan tentunya tidak ragu untuk menggajinya dengan nominal fantastis.

8. Network Engineer

Pembangunan infrastruktur atau fasilitas jaringan di era digital seperti sekarang ini tentunya sangat digiatkan. Karena itu dibutuhkan network engineer yang tugasnya adalah merancang, merencanakan, dan juga melakukan pengelolaan. Tentunya hal ini tidak bisa dilakukan oleh orang sembarangan, jadi tidak heran kalau penghasilan yang didapatkan sangatlah lumayan.

9. Software Engineer

Peluang terbesar dari lulusan teknik informatika adalah menjadi software engineer, atau mungkin lebih dikenal dengan pengembang perangkat lunak komputer. Tentunya untuk bisa menjalani profesi ini harus mampu menguasai banyak hal. Jadi tidak heran jika kemudian penghasilan dari profesi ini sangatlah lumayan nominalnya.

10. Software Tester

Terakhir adalah mengetes perangkat lunak yang dimiliki oleh sebuah pengembang. Pengujian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat apakah software bisa berjalan dengan baik atau tidak. Apakah sudah sesuai atau harus diperbaiki. Tujuannya supaya software ini bisa menjadi sempurna, dan banyak penggemarnya.

Itulah tadi beberapa prospek kerja teknik informatika dan gaji yang dimilikinya sangat lumayan. Hebatnya lagi beberapa pekerjaan di atas dapat dilakukan di rumah, namun tetap dengan penghasilan yang lumayan. Jadi sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja.