sekolah tinggi teknologi kedirgantaraan

Mengenal Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Jogja

Bagi yang memiliki minat besar dengan dunia penerbangan, maka bisa mencoba sekolah tinggi teknologi kedirgantaraan. Sekolah ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi armada angkatan udara yang dulunya dianggap masih kurang. Sekarang ini sekolah tinggi kedirgantaraan dibuat dengan tujuan untuk tetap menghadirkan armada penerbangan yang baik, dan memiliki kemampuan mumpuni.

Program Studi yang Dimiliki

Tentunya untuk bisa menghadirkan lulusan terbaik dengan kemampuan mumpuni, sekolah tinggi teknologi kedirgantaraan memberikan banyak program studi. Semua program studi ini dibuat untuk menunjang armada udara yang pastinya dikuatkan dengan fasilitas mumpuni, dan tenaga pengajar yang profesional. Lalu program studi yang dimiliki oleh kampus ini juga sangat beragam dimulai dari S1 sampai D1.

1. S1 Teknik Dirgantara

Program studi ini bertujuan untuk mendidik sumber daya manusia agar menjadi lebih baik, dan berkualitas tinggi. Tentunya semua kurikulum yang dilakukan bergerak berdasarkan kegiatan perkembangan ilmu pengetahuan, dan kegiatan pembangunan serta pastinya sesuai dengan perkembangan teknologi. Untuk bisa mendapatkan hal tersebut tentunya jurusan ini dilengkapi dengan fasilitas terbaik dan pengajar mumpuni.

2. D4 Manajemen Transportasi Udara

Bagi yang memiliki kemampuan mengolah, mengatur  dan membuat rencana untuk bisnis maka bisa mencoba jurusan yang satu ini. Tentunya bisnis yang diatur dan direncanakan di sini adalah perusahaan penerbangan. Jurusan ini bisa menjadi pengelola bandar udara, bekerja di perusahaan jasa ground handling, dan perusahaan lainnya yang bergerak dibidang transportasi udara.

3. D3 Manajemen Transportasi

Tujuan dari prodi ini adalah membuat tenaga kerja terampil tingkat menengah yang akan bekerja di perusahaan industri layanan penerbangan. Untuk mencapai tujuan tersebut kurikulumnya disusun berdasarkan praktek di unit-unit perusahaan penerbangan. Jadi sudah sesuai dengan kerja lapangan, dan semuanya sudah sesuai dengan praktek. Bahkan PKL nya nanti bekerja sama langsung dengan penyedia layanan penerbangan.

4. D3 Aeronautika

Prodi ini dimiliki oleh STTKD dengan tujuan untuk menghasilkan ahli dalam bidang perawatan atau maintenance pesawat udara. Kurikulum yang disusun haruslah sesuai dengan kebutuhan pasar, dan juga peraturan keselamatan penerbangan sipil. Standar yang digunakan bukan lagi standar nasional, tapi sudah standar internasional. Total ada 3 konsentrasi yang dimiliki oleh prodi ini.

5. D1 Pramugari

Kalau ingin menjadi pramugari, maka bisa menempuh pendidikan yang satu ini. Karena lulusan dari prodi ini bisa menjadi pramugari, dan beberapa posisi lainnya. Tujuan dibuatnya prodi ini salah satunya adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi di bagian kepramukaan yang bermutu dan berkualitas tinggi. Tentunya bertujuan untuk menghasilkan tenaga praktisi yang profesional dan terhebat di bidangnya.

6. D1 Ground Handling

Apabila belum mengetahui apa itu ground handling, maka GH merupakan pramugari/pramugara darat. Tugasnya adalah untuk mempersiapkan kedatangan ataupun keberangkatan pesawat terbang di bandara. Fungsi dari tugas ini adalah untuk memastikan semua perjalanan menggunakan pesawat terbang dapat berlangsung dengan lancar, aman, dan tentunya nyaman. Baik itu bagi penumpang maupun bagi pesawat.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Tentunya untuk bisa memasuki sekolah tinggi teknologi kedirgantaraan ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Sebenarnya persyaratan ini berbeda-beda tergantung dengan prodi yang didaftar, namun ada beberapa persyaratan umum yang bisa dipenuhi. Beberapa persyaratan umum tersebut diantaranya:

  • tinggi badan minimal 155cm
  • badan peserta yang bebas dari tato maupun bekasnya. Tidak ditindik dan tidak ada bekasnya, kecuali untuk perempuan dan ketentuan agama juga adat.
  • merupakan lulusan dari SMA/SMK sederajat maupun program diploma
  • fotokopi ijazah, dan hasil un. Surat kesehatan dari RSUD
  • fotokopi akte kelahiran
  • pas foto hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Itulah tadi beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila ingin masuk ke sekolah tinggi teknologi kedirgantaraan ini. Karena itu sesudah mengetahui apa saja persyaratannya, maka pastikan untuk mulai mempersiapkannya dari sekarang.