syarat masuk jurusan k3

Ini 5 Syarat Masuk Jurusan K3 di Universitas

Dari sekian banyak pilihan jurusan yang bisa diambil di tingkat universitas, K3 jadi salah satu pilihan. Jurusan Keselamatan Kesehatan dan Kerja mempelajari tentang berbagai jenis bahaya yang mungkin muncul di lingkungan kerja serta usaha pencegahannya. Pelajar tentu saja harus memenuhi syarat masuk jurusan K3 jika ingin berkuliah di sini. Berikut ialah x syarat yang dibutuhkan jika ingin kuliah di jurusan K3:

1. Punya Minat yang Sesuai

Syarat pertama yang perlu dipenuhi jika ingin kuliah di jurusan K3 adalah harus punya minat di bidang studi ini. Saat memilih jurusan kuliah, penting sekali untuk mempertimbangkan minat yang dimiliki. Akan jauh lebih baik jika bisa berkuliah di jurusan ilmu sesuai minat. Jadi terlebih dulu identifikasi minat belajar seperti apa yang ingin dijalani.

Jika ingin masuk ke jurusan K3 maka harus punya ketertarikan di bidang ini. Jurusan ini akan mempelajari beragam jenis risiko di lingkungan kerja juga cara meminimalkan risiko tersebut. Supaya lebih yakin apakah berminat dengan jurusan ini maka coba cari tahu dulu apa saja yang dipelajari juga mata kuliah apa saja yang akan ditemui. Dari sini baru bisa diketahui apakah memang ada ketertarikan atau tidak untuk masuk jurusan K3.

2. Punya Karakter yang Cocok

Syarat berikutnya adalah pelajar harus punya karakter yang cocok dengan jurusan ini. Setiap jenis jurusan bisa dipilih oleh mahasiswa berdasarkan jenis karakternya. Jurusan K3 ini paling cocok dimasuki oleh pelajar dengan karakter teliti, kritis, senang melakukan analisis, juga senang melakukan riset.  Jika karakter yang dimiliki cocok dengan jurusannya maka akan jauh lebih mudah untuk berkuliah dan lulus cepat.

3. Lulus dan Lolos Seleksi

Syarat masuk jurusan K3 berikutnya adalah harus lulus dari SMA terlebih dahulu. Jika ingin melanjutkan sekolah ke tingkat universitas memang ijazah SMA menjadi syarat mutlak. Sangat disarankan untuk mulai mempertimbangkan pilihan jurusan sejak dini sehingga punya persiapan nilai akademis yang bagus. Saat ini bukan hanya status lulus yang dibutuhkan tapi juga nilai akademis yang didapatkan.

Selain lulus SMA, calon mahasiswa jurusan K3 juga harus lolos seleksi. Pelajar harus mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh universitas pilihannya. Ada banyak sekali pilihan jalur masuk yang bisa diikuti, mulai dari SBMPTN, SNMPTN, hingga jalur mandiri. Pilih jalur masuk yang tersedia dan membuka peluang untuk kuliah di jurusan K3.

4. Melengkapi Dokumen Administrasi

Jika sudah dinyatakan lolos seleksi dan diterima, maka langkah berikutnya adalah melengkapi dokumen yang jadi syarat administrasi. Jenis dokumen yang harus dikumpulkan ini bisa bervariasi tergantung kebijakan universitas. Jadi langsung saja kunjungi website universitas atau jurusan. Bisa juga dengan bertanya langsung apa saja dokumen yang dibutuhkan.

5. Membayar Biaya Kuliah

Syarat penting untuk bisa kuliah di jurusan K3 adalah membayar biaya kuliah. Sebelum berkuliah tentu calon mahasiswa harus membayar biaya yang dibutuhkan. Biaya kuliah ini juga bervariasi besarnya tergantung pihak universitas. Biaya kuliah juga biasanya akan ditentukan oleh besar penghasilan orang tua. Lakukan pengisian data terlebih dahulu untuk mendapatkan informasi total biaya kuliah yang dibutuhkan.

Itulah tadi 5 syarat masuk jurusan K3. Jurusan ini menjadi salah satu bidang ilmu yang menjanjikan. Di masa depan nanti, lulusan dari jurusan K3 akan selalu dibutuhkan demi kesejahteraan tenaga kerja.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

https://kangbor my id/2562/ini-5-syarat-masuk-jurusan-k3-di-universitas htmlhttps://www kangbor my id/2562/ini-5-syarat-masuk-jurusan-k3-di-universitas html