Istilah-Istilah Dalam Saham yang Perlu Diketahui (pinterest.com)
Istilah-Istilah Dalam Saham yang Perlu Diketahui (pinterest.com)

Istilah-Istilah dalam Saham yang Perlu Diketahui

Istilah dalam saham memang cukup banyak. Hal ini perlu Anda ketahui ketika sedang mempelajari tentang salah satu cara bisnis investasi ini. Saat mempelajarinya tentu Anda tahu banyak istilah yang masuk. Apalagi bagi investor pemula, tentu masih merasa bingung dengan beberapa istilah yang ada. Saham merupakan sebuah investasi yang diberikan pada sebuah perusahaan.

Untuk belajar mengelola saham, tentu bisa dilakukan mulai dari dasar. Salah satunya dengan mengenal istilah yang ada. Sebab, banyak jumlah istilah yang sering ditemukan dalam pasar modal. Apalagi untuk perdagangan saham. Anda bisa mengenall lebih jauh apa sebenarnya yang mendasari tentang investasi tersebut.

Istilah-Istilah dalam Saham yang Sering Muncul

Sebagai investor pemula banyak hal yang harus dipelajari. Bahkan untuk istilah yang biasa digunakan pun juga harus tahu. Meski jumlahnya cukup banyak anda bisa mengetahui secara umumnya terlebih dulu. Berikut ini ada beberapa istilah dalam saham yang bisa Anda tahu. Bahkan mengerti tujuan hingga arti dari setiap istilah itu sendiri.

Trading

Pada istilah pertama yang sering muncul dalam dunia investasi yaitu trading. Trading itu sendiri merupakan kegiatan membeli dan menjual saham dalam jangka waktu pendek. Untuk waktunya mulai dari hitungan menit atau sampai bulanan. Pada pelaku trading saham itu sendiri bisa disebut dengan trader. Dengan sebutan lain jika trading merupakan berdagang saham.

Investasi

Ada istilah yang mungkin sering muncul dan banyak diketahui yaitu investasi. Istilah yang satu ini memiliki makna kegiatan membeli dan menyimpan saham dalam jangka panjang. Pada pelaku investasi ini bisa dinamakan dengan investor.

Intraday / Day Trading

Istilah day trading merupakan kegiatan pembelian saham atau bahkan menjualnya dalam jangka waktu satu hari. Misalnya membeli saham pagi langsung dijual sorenya, atau pagi dijual besok.

Analisa Fundamental

Terdapat juga analisa fundamental yang fokus terhadap laporan keuangan, sektoral dan kondisi perusahaan. Adapun tujuan dari istilah yang satu ini yaitu untuk investor dengan penggunaan saham jangka panjang.

Analisa Teknikal

Ada juga istilah dalam saham yaitu analisa teknikal. Analisa yang digunakan yaitu melalui analisis grafik. Sehingga perusahaan tahu apakah mendapatkan data pergerakan grafik menjadi naik atau turun. Pergerakan tersebut menurut harga saham dalam jangka pendek.

Swing Trading

Saat perusahaan membeli saham sesuai dengan trend following mungkin akan cukup sulit. Hal inilah yang dinamakan dengan swing trading. Biasanya swing trader sebagai pelaku membeli dan menyimpan saham dalam waktu 1 minggu – 1 bulan.

Saham Blue Chip

Pada istilah saham Blue Chip memang diperuntukkan pada saham berskala besar. Saham bernilai diatas Rp 100 triliun. Pada umumnya kinerja keuangannya bagus dan justru menjadi market leader pada sektor industri. Pada pemilik saham yang satu ini memiliki pendapatan yang stabil dan labilitas sedikit. Blue Chip itu sendiri memiliki reputasi nasional.

Positioning Trading

Istilah selanjutnya dalam dunia saham yaitu positioning trading. Dimana aktivitas jual beli saham dalam jangka menengah. Dimana jangka waktu tersebut kurang lebih 1 – 5 bulan. Biasa disebut juga dengan semi investasi.

Bullish dan Bearish

Ada juga istilah Bullish dalam dunia saham dengan artian untuk menyebut harga saham. Dimana harga tersebut mengalami kenaikan dalam beberapa saat. Sering juga berkaitan dengan trend naik turunnya saham dalam periode tertentu.

Sedangkan untuk bearish itu sendiri digunakan untuk saham yang mengalami penurunan dalam beberapa waktu. Itulah beberapa istilah dalam saham yang sering muncul. Sebagai pelaku investasi pemula, Anda perlu mengetahuinya.