Beberapa Tips Investasi Saham Pemula untuk Meraih Profit (qmfinancial.com)
Beberapa Tips Investasi Saham Pemula untuk Meraih Profit (qmfinancial.com)

Beberapa Tips Investasi Saham Pemula untuk Meraih Profit

Investasi saham pemula saat ini dapat dilakukan melalui media sosial. Pasalnya sudah terdapat banyak kisah sukses dalam trading serta berinvestasi saham. Maka dari itu, membuat pasar saham menjadi tempat yang cocok untuk memperoleh profit yang besar.

Tentunya pasar saham adalah wadah yang tepat untuk Anda yang ingin meraih profit. Untuk meraih profit sendiri, bisa mendapatkannya dengan trading (berdagang) saham dalam jangka pendek, bisa juga melalui investasi dalam jangka panjang.

Adanya kinerja fundamental yang bagus dalam jangka panjang dengan harga yang naik, sudah banyak perusahaan yang telah go public. Misalnya saja Bank BCA, Bank BRI, Telkom, dan lain sebagainya. Pada sisi lain, banyak juga perusahaan yang membagikan dividen dengan rajin juga dalam jumlah besar setiap tahunnya.

Namun, bagi Anda yang masih pemula, harus memahami bahwa dalam investasi saham terdapat resikonya. Sebab tidak semua saham dapat Anda simpan dalam jangka yang panjang.

Maka dari itu sebagai investor pemula, harus mengetahui langkah-langkah dalam investasi saham yang tepat.

Tips dalam Investasi Saham Pemula

Sebelum nantinya Anda akan memutuskan dalam investasi, maka bisa menerapkan tips dibawah ini. Sebab hal tersebut bisa mempengaruhi return investasi Anda.

Mempelajari Analisis Fundamental

Tips investasi saham pemula yang pertama yakni Anda sebagai investor pemula harus terlebih dulu mempelajari ilmu analisis fundamental. Meskipun Anda akan menyimpan saham untuk jangka waktu yang panjang. Akan tetapi tidak semua saham dapat naik dalam jangka waktu yang panjang. Terdapat fakta yang banyak saham berada di Bursa Efek dengan harga cenderung turun dalam jangka waktu yang panjang.

Dengan mempelajari ilmu analisis fundamental saham, nantinya bisa bermanfaat menjadi panduan Anda sebagai investor pemula dalam menganalisa perusahaan-perusahaan yang memiliki prospek bagus dalam jangka panjang. Maka dalam hal tersebut, saham akan menguntungkan jika diinvestasikan.

Menjadi investor saham, Anda bisa mempelajari juga mempraktikkan ilmu analisa fundamental untuk bisa memilih saham yang bagus dalam jangka panjang.

Memulai dengan Modal yang Kecil

Menjadi investor saham pemula, sebaiknya Anda memakai modal kecil sebagai modal di awal melakukan investasi. Sebab, perlu mempersiapkan psikologis yang harus Anda bangun secara bertahap dalam melakukan investasi.

Diverifikasi Maksimal 2 Saham

Investasi saham pemula sebaiknya melakukan diversifikasi saham yang tidak terlalu banyak. Sebab, apabila Anda menyimpan saham terlalu banyak untuk investasi, nantinya akan merasa kesulitan dalam memantau dan membagi modal.

Dalam investasi, kualitas lebih penting daripada kuantitas.

Menggunakan Uang Dingin

Dalam investasi saham sebagai pemula, Anda bisa selalu menggunakan uang dingin. Uang dingin merupakan uang yang tidak Anda gunakan untuk kebutuhan apapun.

Memilih Saham Low Risk

Bagi investor pemula, Anda bisa melakukan pertimbangan dalam memilih saham-saham yang berfundamental bagus. Biasanya saham-saham yang low risk mempunyai harga yang stabil.

Pastinya dalam memilih saham low risk. Perlu Anda pelajari analisis fundamentalnya, sebab agar bisa membeli saham pada waktu yang tepat.

Memilih Saham yang Rajin Bagi Dividen

Selanjutnya tips investasi saham pemula yaitu mempertimbangkan dalam memilih saham dengan fundamental yang baik serta rajin dalam membagikan dividen.

Menentukan Tujuan Investasi

Sebelum melakukan investasi saham, sebaiknya Anda tahu apa yang menjadi tujuan dalam berinvestasi.

Menambah Porsi Investasi dengan Berkala

Sebagai investor pemula, biasanya Anda akan menggunakan modal kecil. Cara untuk bisa menambah modal investasi yakni dengan menabung saham. Nabung saham yakni membeli secara bertahap.

Nah, itu tadi tips investasi saham pemula yang bisa Anda praktekkan.