Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik, Awal Keberhasilan Investasi (pikirantrader.com)
Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik, Awal Keberhasilan Investasi (pikirantrader.com)

Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik, Awal Keberhasilan Investasi

Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik, Awal Keberhasilan Investasi

Perusahaan sekuritas terbaik banyak dicari oleh para investor, baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Keberadaan perusahaan sekuritas di Indonesia sangat esensial, agar para investor mendapatkan keuntungan sebanyak mungkin dalam setiap transaksinya.

Oleh sebab itu, investor harus memilih perusahaan sekuritas yang profesional dalam bidangnya. Agar dapat memberikan pelayanan maksimal sehingga keuntungan perusahaan yang didapat juga maksimal.

Apakah Perusahaan Sekuritas Terbaik Itu?

Lantas, apakah perusahaan sekuritas itu? Perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang berperan aktif dalam transaksi jual beli di pasar modal.

Perusahaan sekuritas yang legal harus mendapatkan izin dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Perusahaan sekuritas bukan perusahaan yang mengeluarkan efek, akan tetapi merupakan perantara dalam transaksi jual beli saham antara investor dengan pasar modal.

Istilah dalam Perusahaan Sekuritas

Untuk Anda yang akan memulai investasi saham, tentu akan berhubungan dengan perusahaan sekuritas. Ada beberapa istilah yang harus Anda pahami mengenai saham sekuritas.

Seperti Pialang, yaitu organisasi yang melakukan transaksi efek untuk pihak investor, seperti membeli saham, menjual saham dan memperdagangkan portofolio investasi.

Lalu juga ada istilah Dealer, yaitu organisasi yang membeli dan menjual sekuritas dari portofolio mereka sendiri. Kemudian ditawarkan pada investor yang ingin membeli.

Ada juga Broker Dealer, merupakan organisasi kombinasi dari pialang dan dealer. Mereka akan menjadi perantara yang menyediakan layanan sekuritas seperti memberikan rekomendasi, analisa saham serta layanan lainnya untuk investor.

Broker, yaitu pihak perantara dalam sebuah perusahaan sekuritas. Sebagai pihak perantara, broker hanya memberikan rekomendasi tentang saham yang potensial dengan waktu transaksi kepada yang tepat kepada investor.

Peran Perusahaan Sekuritas

Perusahaan ini merupakan salah satu elemen penting dalam kegiatan investasi. Dengan adanya perusahaan sekuritas ini akan membantu memfasilitasi investor untuk dapat melakukan transaksi jual beli saham di pasar modal.

Sehingga perusahaan sekuritas memiliki andil yang besar bagi kelancaran transaksi di pasar modal. Sebab, fungsi utamanya adalah sebagai jembatan antara investor dengan pasar modal.

Kegiatan Usaha Perusahaan Sekuritas

Ada 2 usaha yang dilakukan oleh perusahaan sekuritas secara umum. Sebagai perantara perdagangan efek, dan penjamin emisi efek. Berikut ini adalah penjelasan dari kegiatan tersebut.

Perantara Perdagangan Efek

Dalam usaha ini, perusahaan sekuritas melaksanakan tanggung jawab sebagai perantara perdagangan efek yang disebut broker-dealer. Kegiatannya adalah melaksanakan transaksi jual beli efek dengan tujuan untuk memenuhi kepentingan masing-masing pihak yang terkait.

Perusahaan sekuritas terbaik juga memfasilitasi pelaksanaan jual beli saham, serta obligasi yang dilakukan melalui bursa efek. Jadi, peran perusahaan sekuritas tidak hanya sebagai perantara saja.

Penjamin Emisi Efek

Dalam hal ini, perusahaan sekuritas juga ikut menjalankan kegiatan usaha sebagai penjamin emisi efek atau biasa juga disebut dengan underwriter. Memiliki tanggung jawab untuk membantu semua calon perusahaan terbuka dalam menuntaskan penawaran perdana saham perusahaan dalam bursa efek. Biasa disebut dengan Initial Public Offering atau IPO.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas Terbaik

Pertama pilih perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar resmi di OJK. Sebab, pemilihan perusahaan sekuritas yang tepat untuk awal bisnis Anda akan membawa pengaruh bagi bisnis kedepannya.

Hal tersebut juga sangat penting agar dapat terhindar dari investasi abal-abal yang menimbulkan kerugian finansial untuk Anda. Sehingga pilihlah perusahaan sekuritas yang resmi.

Selain itu pilih perusahaan sekuritas terbaik yang dapat menyediakan analisis lengkap sebagai bahan pertimbangan pemegang saham untuk berinvestasi. Sebab hal tersebut sangat diperlukan untuk dapat memprediksi dan melihat potensi dan kendala yang akan terjadi kedepannya.

Penjelasan dan pelayanan yang diberikan tentu juga menjadi prioritas untuk Anda. Kejelasan perusahaan sekuritas terbaik dalam memberikan informasi yang lengkap dan detail akan dapat meyakinkan untuk melakukan kegiatan investasi dengan memilih perusahaan sekuritas tersebut.