Mengenal Komponen Laporan Keuangan, Berikut Ini Jenis-Jenisnya! (lbcarlson.com)
Mengenal Komponen Laporan Keuangan, Berikut Ini Jenis-Jenisnya! (lbcarlson.com)

Mengenal Komponen Laporan Keuangan, Berikut Ini Jenis-Jenisnya!

Komponen laporan keuangan harus bisa Anda ketahui ketika telah memutuskan untuk terjun ke dalam dunia saham. Pasalnya, membaca dan menginterpretasikan laporan keuangan sangat diperlukan oleh pebisnis saham, baik trader maupun investor.

Sebagai seorang trader, maka memahami laporan keuangan harus ada agar dapat memilih jenis saham yang bagus. Karena di dalam saham-saham yang memiliki fundamental bagus, maka juga akan mempunyai pergerakan harga saham yang teratur.

Beberapa Komponen Laporan Keuangan yang Wajib untuk Anda Pahami

Jika Anda merupakan seorang investor, maka laporan keuangan adalah sebuah analisis yang utama guna memilih saham yang bagus untuk jangka panjang. Bagi Anda yang ingin mendalami lebih jauh mengenai analisa laporan keuangan, bisa membaca di Ebook Analisis Fundamental Saham.

Untuk bisa memahami laporan keuangan, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui komponen laporan keuangan juga. Untuk lebih jelasnya lagi, Anda bisa membaca artikel ini hingga selesai.

Laporan Perubahan pada Ekuitas

Pada laporan ini akan menunjukkan berapa besarnya modal sendiri yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Laporan ekuitas ini akan disusun setelah laporan dari laba rugi.

Apabila suatu perusahaan mendapatkan laba bersih, maka akan menambah saldo laba dan masuk ke dalam laporan ekuitas. Begitu sebaliknya, apabila perusahaan mengalami rugi bersih, jadi hal ini akan mengurangi ekuitas.

Laporan Neraca

Komponen laporan keuangan ini akan ditampilkan untuk pertama kalinya karena mampu menggambarkan dari kondisi aset perusahaan. Sehingga urutan penyajian laporan keuangan ini akan dimulai dari hasil laporan neraca.

Laporan neraca sendiri juga terdiri dari beberapa komponen, seperti utang, aset, dan modal. Dalam jumlah aset yang dimiliki, maka harus sama juga dengan jumlah modal dan utang, sebab ini adalah sumber pendanaan agar mendapat aset.

Laporan Laba Rugi

Laporan ini berisi tentang beban dan pendapatan yang terjadi saat periode sedang berjalan. Pada pendapatan yang lebih besar daripada beban, maka juga akan menghasilkan laba bersih.

Begitu juga sebaliknya, apabila pendapatan lebih kecil daripada beban, maka juga akan menghasilkan rugi bersih.

Laporan Arus Kas

Komponen laporan keuangan ini merupakan sebuah laporan yang menunjukkan akan aliran keluar masuknya dari KAS suatu perusahaan. Seperti namanya, pada laporan arus kas hanya untuk menunjukkan aliran kasnya saja.

Sedangkan di dalam laporan keuangan ada yang namanya aset dan ini terdiri dari aset tidak lancar dan aset lancar. Aset lancar berguna sebagai operasional perusahaan dan akan habis ketika untuk jangka pendek seperti piutang usaha dan persediaan.

Sedangkan aset tidak lancar merupakan sebuah aset yang mempunyai masa manfaat yang panjang dan biasanya tidak akan mudah habis untuk jangka pendek. Karena aset tidak lancar ini memiliki masa manfaatnya lebih dari satu tahun seperti kendaraan, mesin, dan gedung.

CALK (Catatan Atas Laporan Keuangan)

Komponen yang satu ini bisa Anda temukan sendiri setelah dalam laporan arus kas. CALK di sini juga akan berisi mengenai catatan dan penjabaran atas angka-angka yang berada di laporan keuangan.

Dengan CALK, maka Anda dapat mengetahui lebih banyak lagi segala informasi dari mana angka yang berada di laporan keuangan diperoleh.

Mungkin hanya itu beberapa komponen laporan keuangan yang bisa Anda ketahui dan pahami mulai dari sekarang. Ketika Anda sedang belajar mengenai laporan keuangan, maka pahami dahulu tentang basic dan susunan dari laporan keuangan. Karena ini sangat berguna dan bermanfaat tentunya.