Keuntungan dan Resiko Investasi Reksadana Pasar Uang (kitaswara.com)
Keuntungan dan Resiko Investasi Reksadana Pasar Uang (kitaswara.com)

Keuntungan dan Resiko Investasi Reksadana Pasar Uang

Reksadana pasar uang merupakan salah satu investasi yang dapat menjadi pilihan Anda. Namun tentunya sebelum memutuskan untuk benar-benar berinvestasi, Anda harus mengetahui seluk beluk investasi tersebut.

Investasi sendiri merupakan penanaman modal yang diharapkan akan menghasilkan keuntungan yang besar. Selain itu, investasi ternyata juga memiliki peran penting sebagai pelindung aset Anda dari inflasi dan dapat dijadikan penunjang kekayaan serta nilai aset.

Mempelajari Seluk Beluk Reksadana Pasar Uang

Mungkin untuk orang awam masih banyak yang belum paham apa itu reksadana. Namun pada dasarnya, reksadana adalah produk investasi dalam bentuk portofolio seperti saham, obligasi, pasar uang dan efek lainnya.

Pengertian dari reksadana pasar uang adalah sebuah reksadana yang seluruh dana kelolaannya diinvestasikan pada instrumen pasar uang, deposito berjangka maupun obligasi. Diterbitkan dengan jangka waktu 1 tahun ataupun obligasi yang sisa jatuh temponya kurang dari 1 tahun.

Jika membandingkan reksadana yang satu ini dengan reksadana yang lain. Maka reksadana yang satu ini memiliki resiko paling rendah. Ketika Anda melakukan investasi melalui reksadana ini, maka sangat mudah ketika akan melakukan pencairan.

Keuntungan

Meskipun reksadana ini menghasilkan keuntungan yang lebih kecil dari jenis yang lain, namun ada keuntungan lain yang Anda dapatkan ketika investasi.

Pertama keuntungan sekitar 6 hingga 7 persen setiap tahunnya. Hal ini sangat jauh jika dibandingkan dengan menyimpan uang Anda dalam rekening tabungan, maka nilai bunga yang Anda dapatkan sangat kecil.

Terlebih jika nominal uang anda kurang dari Rp 1 juta, bunga yang anda dapat dari bank 0%. Berbeda jika menginvestasikan uang dalam reksadana pasar uang, keuntungan yang Anda dapat berkali-kali lipat dari bunga yang diberikan oleh bank.

Kedua, memulai investasi reksadana dapat dengan nominal yang sangat kecil. Menjadi salah satu instrumen yang cocok menjadi pilihan untuk pemula maupun profesional, sebab modal yang harus Anda keluarkan hanya Rp 100 ribu.

Dengan nominal yang tidak seberapa tersebut, sudah dapat memulai investasi dengan jumlah besar. Tentu tidak ada salahnya untuk mencoba investasi ini.

Ketiga, pengambilan dana dapat Anda lakukan kapan saja. Hal ini menjadi salah satu keuntungan reksadana pasar uang yang tidak dimiliki oleh instrumen investasi yang lain.

Fleksibilitas pengambilan uang atau dana yang anda investasikan dapat Anda lakukan kapan saja. Tanpa harus menunggu jangka waktu tertentu.

Proses pencairan dana juga relatif mudah, sebab dilakukan secara online. Dana yang Anda tarik tidak akan ada potongan atau denda sepeserpun.

Resiko

Setiap investasi tentu ada resiko yang akan didapatkan. Begitu juga dengan investasi reksadana ini. Salah satu produk yang ada di dalam reksadana pasar uang yaitu obligasi yang memiliki masa jatuh tempo kurang dari 1 tahun.

Hal tersebut membuat obligasi atau surat utang tersebut memiliki kemungkinan untuk dilunasi tepat waktu ataupun tidak dapat dilunasi yang dinamakan gagal bayar. Kemungkinan tersebut tentu dapat terjadi, kerugian ketika berinvestasi melalui reksadana ini.

Namun tentu ada solusi, yaitu dengan membeli obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Sebab obligasi dari pemerintah tentu lebih aman jika dibandingkan dengan obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta.

Resiko lainnya adalah kerugian yang akan terjadi ketika investor menarik uang secara besar-besaran atau redemption. Sebagai contoh, jumlah reksadana pasar uang investor A sebesar Rp 300 miliar, pada waktu yang bersamaan investor menarik uang hingga Rp 190 miliar.

Maka hal ini dapat membuat reksadana terpaksa dijual sebelum waktu jatuh tempo. Sehingga reksadana yang dijual sebelum tanggal jatuh tempo, akan dijual dibawah harga pasar. Tentunya hal tersebut sangat merugikan investor.

Akan tetapi, untuk anda investor pemula tidak ada salahnya untuk mencoba investasi reksadana pasar uang ini. Sebab modal yang anda butuhkan tidak terlalu besar, namun Anda tetap mendapatkan keuntungan.