Cara Kerja Saham yang Sesungguhnya, Pemula Wajib Tahu (allbusiness.com)
Cara Kerja Saham yang Sesungguhnya, Pemula Wajib Tahu (allbusiness.com)

Cara Kerja Saham yang Sesungguhnya, Pemula Wajib Tahu

Cara kerja saham memang harus diketahui pemula yang ingin menginvestasikan hartanya. Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan dari suatu perusahaan.

Misal kita membeli 1% dari total Saham yang diperjualbelikan maka sama saja kita membeli 1% kepemilikan atas perusahaan tersebut. Nah, selanjutnya kita berhak atas pembagian laba berdasarkan persentase atau banyaknya saham yang kita miliki tersebut. Untuk selanjutnya, pelajari tahap kerjanya berikut.

Beginilah Cara Kerja Saham Untuk Diketahui Pemula

Pemegang saham berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diselenggarakan perusahaan tersebut. Namun sebelum Anda investasi saham, sebaiknya pelajari terlebih dahulu bagaimana langkah kerjanya. Sehingga saham tersebut dapat memberikan keuntungan kepada Anda. Berikut alur kerjanya:

Langkah 1 

Perusahaan menerbitkan sejumlah saham. Hal tersebut untuk mengumpulkan modal dan melepaskan dalam Bursa Saham atau BEJ. Tentu dengan penawaran atas nilai saham perdana yang sesuai.

Langkah 2

Investor melewati jasa broker kemudian melakukan pembelian saham tersebut. Hal tersebut tergantung dari pertimbangan seorang investor yakni apakah akan membeli saham perdana atau tidak.

Hal ini berdasarkan laporan keuangan yang telah diterbitkan secara rutin oleh perusahaan. Laporan tersebut tentu telah diperiksa secara teliti oleh seorang akuntan independen yang memiliki izin.

Langkah 3

Jika banyak investor yang tertarik untuk membeli maka harga saham akan naik. Semakin banyak tentu akan semakin naik lagi.

Langkah 4

Cara kerja Saham, pemegang saham dapat menahan saham tersebut. Bahkan menjualnya pada investor lainnya. Nah untuk mendapatkan keuntungan, tentu Anda menjualnya saat harga saham naik.

Keuntungan tersebut dari selisih harga beli dengan harga jual. Begitu juga sebaliknya, jika menjualnya saat harga turun maka Anda akan rugi.

Langkah 5

Lalu, yang perlu diingat, seseorang yang berhak menerima dividen adalah pemegang saham terakhirnya yakni pada saat perusahaan melakukan pembagian dividen tersebut.

Hal tersebut berarti jika menjual saham yang Anda punya pada bulan Desember dan jadwal pembagian dividen ditetapkan bulan Januari atau tahun berikutnya maka Anda tidak mendapatkan dividen tersebut. Orang yang membeli saham tersebut yang berhak menerimanya.

Mungkin secara teori memang mudah. Namun untuk menjadi sukses dan meraih keuntungan dari permainan investasi tidaklah semudah teori. Hal tersebut tergantung dari banyaknya analisa untuk mencari saat tepat untuk menjual serta kapan harus membeli saham.

Cara kerja Saham baik naik dan turunnya saham adalah berdasarkan hukum penawaran dan permintaan. Hal tersebut tidak ada hubungannya dengan besar dividen yang Anda terima karena kenaikan.

Ada kemungkinan perusahaan merugi serta tidak bisa memberikan dividen namun malah memiliki nilai saham yang tinggi. Terkadang malah sebaliknya. Oleh karena itu membutuhkan strategi khusus untuk dapat menjalankan bisnis saham tersebut.

Tempat Membeli Saham

Anda sebagai pemula dapat membeli saham di bursa saham atau bursa efek. Jika di Indonesia maka tempatnya di Bursa Efek Jakarta atau BEJ.

Anda juga bisa membelinya di Bursa Efek Surabaya (BES). Nah disitulah pasar tempat para Investor melakukan transaksi jual beli saham serta surat berharga lainnya.

Namun Anda tidak bisa secara langsung datang dan membeli saham, karena yang dapat melakukan transaksi disana hanya pialang Saham.

Dengan mengetahui cara kerja saham tersebut, bisa mempelajari lebih lanjut langkah-langkahnya dan menentukan strategi yang tepat untuk Anda gunakan. Dengan begitu, akan memperoleh keuntungan atau hasil yang memuaskan.