Begini Cara Mencari Laba Bersih dalam Laporan Keuangan Perusahaan (thebalance.com)
Begini Cara Mencari Laba Bersih dalam Laporan Keuangan Perusahaan (thebalance.com)

Begini Cara Mencari Laba Bersih dalam Laporan Keuangan Perusahaan

Cara mencari laba bersih itu sebenarnya cukup mudah asalkan sudah tahu bagaimana teknik yang tepat dan sesuai. Di dalam analisis fundamental, tentu Anda harus dapat membaca sebuah laporan keuangan perusahaan.

Pasalnya, ada salah satu akun atau komponen yang sangat penting di dalam laporan keuangan, yaitu tentang laba bersih. Karena laba bersih adalah sebuah ukuran yang dapat Anda gunakan sebagai melihat dari hasil akhir atas kinerja suatu perusahaan.

Begini Cara Mencari Laba Bersih dari Laporan Keuangan di Perusahaan  

Sebaiknya Anda bisa mencari di mana letak laba bersih dari laporan keuangan yang berguna untuk analisa fundamental Anda. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini penjelasannya!

Pertama, Download Dahulu Laporan Keuangan Perusahaan

Pertama-tama, hal yang harus Anda lakukan adalah mendownload laporan keuangan dahulu. Untuk mendownloadnya, Anda bisa melalui situs di ID

Masuk ke Dalam Laporan Keuangan

Sebagai contoh misalnya Anda menggunakan laporan keuangan di PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR). Untuk mencarinya, Anda dapat melihat atas laporan laba rugi.

Namun perlu Anda ketahui bahwa angka yang ada dalam laporan keuangan di UNVR adalah dalam nominal jutaan rupiah.

Biasanya di dalam laporan laba ruginya yang komprehensif, ada banyak seseorang yang masih bingung tentang cara mencari laba bersih yang sebenarnya. Pasalnya, rumus laba bersihnya itu cukup mudah, yakni pendapatan-beban-pajak.

Jadi, berdasarkan atas rumus-rumus tersebut, laba rugi di PT Unilever adalah sebesar 9.109.445 rupiah. Meski demikian, setelah ada laba bersih pada sebuah laporan keuangan, ternyata juga masih ada banyak lagi atas penghasilan komprehensif lainnya.

Senilai 276.750 rupiah, jadi lebar di UNVR seolah-olah akan bertambah menjadi lebih besar yakni 9.386.195 juta rupiah. Ini merupakan akun dari jumlah penghasilan komprehensif. Hal ini juga karena penghasilan komprehensif yang lain dihasilkan selama tahun-tahun berjalan.

Cara mencari laba bersih di dalam komponen-komponen tersebut nanti juga akan Anda temukan. Misalnya saja akan Anda temukan di laporan keuangan di perusahaan yang lain.

Jadi, mana saja yang akan dijadikan sebagai acuan dalam melihat laba bersih? Apakah angka laba sebesar 9.109.145 atau dari jumlah penghasilan komprehensif?

Untuk bisa melihat laba bersihnya, maka salah satu jawabannya adalah dengan menggunakan angka laba. Angka laba yang sebelum pajak penghasilan-pajak adalah sebesar 9.109.445. Dalam hal ini, bukanlah dari akun jumlah penghasilan komprehensif.

Kenapa Ini Bisa Terjadi?

Cara mencari laba bersih dalam hal ini bisa terjadi karena atas penghasilan (rugi) komprehensif yaitu sebesar 276.250 akan dimasukkan ke dalam pos. Terutama untuk pos yang tidak akan pernah direklasifikasikan ke laba rugi.

Dengan artian bahwa pos yang berkaitan dengan penghasilan rugi komprehensif yang lain juga tidak akan mempunyai pengaruh apapun. Terutama ke laporan laba rugi di suatu perusahaan dalam periode setelahnya.

Ini artinya bahwa angka tersebut tidak mempunyai pengaruh pada fundamental apapun di perusahaan. Pasalnya, pengaruh fundamental perusahaan juga akan tercermin dari kinerjanya. Lebih murni dan ada di laba bersih terutama untuk akun laba sebelum pajak penghasilan-pajak.

Sebagai tambahan lagi bahwa penghasilan dari komprehensif lain ini merupakan sebuah item yang tidak pernah diizinkan untuk muncul di dalam laporan laba rugi. Misalnya seperti surplus revaluasi aset tetap dan pengukuran imbalan kerja dalam jangka panjang.

Setelah mengetahui cara mencari laba bersih, maka untuk Anda investor saham .fundamental, jangan sampai salah untuk menganalisa laba bersih di suatu perusahaan. Karena Anda juga harus bisa membedakan angka dalam laba bersih yang sesuai dan benar pada laporan keuangan.