3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan (blog.amartha.com)
3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan (blog.amartha.com)

3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang Paling Menguntungkan

Investasi jangka pendek sangat cocok untuk investor pemula. Sebagai salah satu cara untuk menambah pendapatan keuangan untuk masa kini dan masa yang akan datang.

Investasi dibagi menjadi 3, yaitu investasi jangka panjang, investasi jangka menengah dan jangka pendek. Jika Anda menginginkan investasi yang dapat mencairkan dana atau uang sewaktu-waktu, maka harus memilih jangka yang pendek.

Memilih Jenis Investasi Jangka Pendek

Menurut artinya, investasi ini merupakan investasi yang bersifat sementara. Pada umumnya dana yang Anda investasikan dapat ditarik dengan mudah dalam waktu yang pendek.

Sehingga penjelasan sederhananya, investasi ini bersifat sementara dan pada umumnya mudah ditarik dalam jangka waktu yang pendek.

Kelebihan

Kelebihan yang akan Anda dapatkan dari investasi jangka pendek ini adalah fleksibilitas yang didapat dari investor dalam mencairkan dana. Sebab investor tidak perlu menunggu aset dalam waktu yang lama agar mendapatkan keuntungan.

Namun meskipun begitu, investasi dalam jangka pendek juga memerlukan strategi. Sehingga Anda tidak salah langkah dan mengalami kerugian.

Kelemahan

Karena memiliki waktu yang pendek, investor wajib memiliki keahlian dan mau meluangkan banyak waktu untuk dapat melakukan monitor terhadap pergerakan dari nilai instrumen investasi.

Hal tersebut untuk mengetahui waktu dan pasar yang tepat untuk melakukan transaksi. Selain itu, kelemahan dari investasi jangka pendek adalah pajak dan inflasi yang berpotensi dapat mengurangi return dari investasi yang dijalankan.

Jenis Investasi

Ada banyak sekali pilihan investasi untuk jangka pendek yang ada di pasar modal. Seperti deposito, reksadana, peer to peer lending dan lainnya.

Dari jenis investasi yang dipilih inilah, Anda akan mendapatkan keuntungan. Namun tentunya harus memahami satu per satu jenis investasi sebelum memutuskan untuk menggelutinya.

1. Deposito

Menjadi salah satu produk yang dimiliki oleh perbankan yang bertujuan untuk menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan yang berlaku.

Deposito biasanya dapat dicairkan dalam jangka waktu yang sudah disepakati antara nasabah dan pihak bank. Biasanya jangka waktu yang sudah ditentukan adalah 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Jika Anda ingin mencairkan sebelum jatuh tempo, maka akan terkena penalti atau denda yang harus dibayarkan sesuai dengan kesepakatan di awal.

2. Reksadana

Banyak investor yang menganggap bahwa investasi ini merupakan investasi jangka pendek yang paling likuid dan praktis. Cara pengelolaan reksadana pun juga dapat dilakukan sendiri oleh investor.

Ada berbagai jenis pilihan reksadana, seperti reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana pasar uang. Setiap reksadana tentu akan memiliki fluktuasi pergerakan harga dengan resiko yang berbeda-beda. Sehingga Anda harus dapat memilih reksadana mana yang sesuai dengan investasi yang anda inginkan.

3. Peer To Peer Lending

Investasi yang biasa disebut dengan P2P Lending ini merupakan salah satu produk investasi yang terbilang baru. Namun menjadi investasi yang cukup populer dan diminati oleh investor.

Namun jenis ini memiliki resiko yang cukup besar, sebab bukan merupakan investasi di bawah lembaga pemerintah. Akan tetapi, keuntungan yang di dapat dari investasi ini cukup tinggi. Sehingga menjadi pertimbangan banyak investor untuk memilih investasi ini.

Berbeda dengan investasi dalam jangka pendek lainnya seperti deposito yang hanya memberikan keuntungan dibawah 10%. P2P Lending ini dapat memberikan keuntungan kepada investor hingga 15%.

Setelah Anda mengetahui jenis dari investasi jangka pendek ini. Maka dapat membuat pertimbangan sebelum mengambil keputusan. Investasi mana yang cocok, dan seperti apa yang Anda butuhkan. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka dapat membangun strategi yang dapat memberikan keuntungan besar untuk Anda.