Sebelum Nabung Saham, Anda Perlu Tahu Keuntungannya (cityam.com)
Sebelum Nabung Saham, Anda Perlu Tahu Keuntungannya (cityam.com)

Sebelum Nabung Saham, Anda Perlu Tahu Keuntungannya

Ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan ketika nabung saham. Sehingga menabung bisa mendapatkan keuntungan lebih darinya. Ketika Anda bekerja di suatu perusahaan dan masa pensiun sudah dekat, maka harus mempersiapkan usaha lain untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Daripada terus mengandalkan uang pensiunan yang tidak seberapa, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak ketika melakukan investasi saham. Dengan melakukan investasi saham ini, Anda bisa duduk santai, sambil memantau perkembangan dan mendapatkan keuntungan.

Anda bisa mendirikan sebuah usaha, namun tentunya hal tersebut tidak bisa bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama jika tidak dikelola dengan baik. Berbeda dengan jika Anda berinvestasi saham, maka bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang panjang.

Keuntungan Menabung Saham yang Perlu Anda Ketahui

Dengan menabung disini sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan nabung di bank. Dimana Anda bisa menaruh sebuah aset berupa uang ke perusahaan yang akan Anda beli sahamnya. Saham merupakan sebuah produk keuangan yang menjadi sebuah bukti kepemilikan Anda untuk terhadap sebuah perusahaan.

Saham yang Anda tanam nantinya akan digunakan untuk mengembangkan suatu bisnis perusahan. Saat perusahaan mendapatkan laba, nantinya Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sesuai dengan presentasi modal yang akan diterima.

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika investasi saham, dengan berbagai keuntungan ini. Anda bisa memenuhi kebutuhan hidup dengan baik tanpa khawatir kekurangan dan usaha berhenti. Sebab saham bisa bertahan dalam jangka  waktu yang cukup panjang.

Dalam nabung saham, Anda bisa mendapatkan dua keuntungan. Dua keuntungan tersebut adalah dividen dan capital gain.

Dividen

Dividen merupakan pembagian laba yang akan diberikan kepada perusahaan pada para pemegang saham. Sehingga berapapun saham yang Anda miliki, pastinya akan tetap untung. Pembagian tersebut juga bersifat proporsional dengan besaran saham yang Anda tanam.

Dividen juga dibagi menjadi dua macam, yakni tunai serta dividen saham.

Dividen tunai, yang mana pemegang saham merupakan uang tunai dan bisa dihitung dari satu lembar yang dimiliki. Sedangkan dividen saham berupa perusahaan yang akan menerbitkan berbagai keuntungan kepada Anda dalam bentuk saham.

Sehingga jumlah saham yang akan Anda miliki akan semakin bertambah. Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih banyak dari melakukan kegiatan lainnya.

Capital Gain

Capital gain merupakan kondisi dimana harga jual akan lebih tinggi dari harga beli. Tentunya hal ini juga dipengaruhi oleh aktivitas atau sentimen perdagangan bursa efek. Sehingga dapat diartikan, bahwa saham yang telah dibeli, maka bisa dijual dengan harga berkali-kali lipat.

Tentunya keuntungan yang satu ini, bisa memberikan berbagai keuntungan lainya. Anda bisa mendapatkan jutaan hingga milyaran rupiyah. Hal ini tergantung dengan berapa lembar saham yang Anda miliki.

Nabung saham memang sangat menyenangkan. Namun, tanpa pengalaman yang baik, hal itu akan jadi sia-sia. Pasalnya, saat ini ada banyak penipuan yang bermotif tanam saham untung besar, namun yang akan Anda dapatkan malah kerugian.

Karena itu Anda sebaiknya Anda mempelajari terlebih dahulu mengenai investasi saham lewat orang yang berpengalam di bidangnya. Selain itu juga mencari informasi di lingkungan atau orang yang Anda kenal tentang mengenai investasi saham.

Jika hal tersebut sulit Anda temukan, maka bisa mencarinya melalui internet, atau mempelajari buku saham yang lebih praktis. Buku tentang saham sudah ada banyak dan mudah dipelajari. Dengan begitu proses nabung saham akan berjalan dengan lancar, dan Anda akan mendapatkan banyak keuntungannya.