Deviden Saham Pembayaran dari Deviden dengan Pembagian Saham (economy.okezone.com)
Deviden Saham Pembayaran dari Deviden dengan Pembagian Saham (economy.okezone.com)

Deviden Saham Pembayaran dari Deviden dengan Pembagian Saham

Deviden saham merupakan sebuah pembayaran dari deviden kepada pemegang saham. Hal ini dilakukan saat bentuk saham dan bukan sebagai uang tunai. Perlu Anda ketahui bahwa pembayaran deviden ini juga mempunyai keuntungan yang nantinya memberikan penghargaan kepada para pemegang saham. Hal tersebut juga terjadi tanpa mengurangi saldo kas yang ada di Perusahaan. Akan tetapi mengurangi laba pada per sahamnya.

Nah, bagi anda yang ingin mencoba terjun ke dunia perusahaan, perlu sekali untuk memahami ilmu-ilmu yang berkaitan. Bukan hanya itu saja, akan tetapi juga pada saat ini sudah banyak yang berinvestasi dengan saham. Salah satu alasannya adalah karena aman. Pastinya juga bukan itu saja, masih terdapat beberapa alasan yang lainnya.

Sedikit Tentang Deviden Saham

Apa tujuan adanya pembayaran Deviden itu? Tepatsekali adanya hal tersebut memiliki tujuan sebagai pembagian saham kepada pemegang saham yang mempunyai fungsi sebagai pengganti deviden tunai. Untuk jenis Deviden ini dibuat saat perusahaan ingin memberikan penghargaan kepada para Investor tetapi belum memiliki uang Tunai.

Selain itu, pembayaran dari Deviden ini juga memiliki keuntungan pajak bagi investor. Namun, disisi lain deviden saham, justru tidak dikenakan pajak sampai pada saat investor menjualnya. Kecuali, jika perusahaan memberikan opsi penawaran guna mengambil deviden sebagai saham ataupun uang tunai. Adanya pembayaran deviden ini juga bisa memberikan sebuah kewajiban untuk saham baru yang masuk untuk tidak di juk dalam kurun waktu tertentu.

Oh iya, periode dalam penyimpanan pembayaran dari deviden kepada pemegang saham ini biasanya dimulai satu hari sebelum saham dibeli. Tetapi, penting sekali untuk anda memahami apa itu holding period terlebih dahulu. Hal yang demikian itu mempunyai tujuan guna menentukan perlakukan pajak deviden yang memenuhi ketentuan atau syarat.

Disamping itu perusahaan yang memberlakukan pemberian pembayaran deviden, maka mempunyai likuiditas yang tetap tanpa perubahan. Alasannya adalah pemberian deviden ini juga bisa menambah nilai saham bagi para Investor. Pembagian untuk pembayaran deviden ini juga tidak mengubah kapitalisasi pasar. Alasannya adalah karena mempunyai cara pembagian mirip dengan stock split yang mana pembayaranya dilakukan dengan menambahkan jumlah saham sembari mengurangi nilai yang berasal dari tiap-tiap saham.

Cara Menghitung Pembayaran Deviden

Hal ini mungkin masih membingungkan bagi beberapa orang. Alasannya adalah pembayaran dari Deviden ini bukan dalam kategori pembagian laba. Nantinya semua investor akan mendapatkan jumlah yang berbeda dalam penerimaan saham bukan uang tunai maupun laba.

Akan tetapi untuk menentukan jumlahnya anda juga perlu mengetahui bagaimana cara untuk menghitungnya. Tenang saja, caranya sederhana dan pastinya tidaklah sulit.

Jumlah total yang akan dibagikan= Laba Bersih x rasio pembayaran deviden (%). atau bisa juga menggunakan cara, Jumlah Deviden per saham=total nominal deviden:jumlah saham yang beredar. Mudah banget bukan cara menghitung pembayaran deviden itu? Walaupun nantinya hal ini dilakukan oleh Emiten, namun tidak ada salahnya jika anda tetap menghitung deviden saham yang akan anda dapatkan nantinya.

Harapan dari Pemegang Saham

Dalam hal pembayaran deviden  ini pemegang saham mempunyai sebuah harapan bahwa deviden itu merupakan sebuah kepercayaan kepada mereka dan perusahaanya. Adanya manajemen Perusahaan juga sangat membantu dalam memberikan rekaman jejak pembayaran deviden yang kuat. Dengan adanya pembayaran deviden tersebut juga mencerminkan bahwa secara positif perusahaan tersebut juga membantu menjaga kepercayaan dari Investor. Adanya deviden saham juga sangat disukai oleh pemegang saham karena mempunyai perlakuan seperti pendapatan yang bebas pajak.